Cara Mencegah Baterai Melembung Pada Smartphone

cara mencegah baterai melembung

cara mencegah baterai melembung di handphone bisa anda lakukan.Saat ini, kebutuhan akan akses informasi berjalan dengan sangat cepat. Hampir masyarkat modern sekarang semuanya memiliki smartphone. Dengan menggunakna smartphone, maka banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan.

Seperti halnya mencari informasi maupun bermain sosial media. Terkadang, penggunaan yang kurang baik menyebabkan baterai menjadi melembung. Jika sudah melembung, tentu solusinya yaitu dengan menganti yang baru. Lalu, bagaimana cara agar tidak melembung? Inilah beberapa cara mencegah baterai melembung yang perlu anda ketahui.

Baterai yang melembung dapat disebabkan karena banyak hal. Termasuk dengan penggunaan smartphone yang kurang baik. Dimana, saat ini banyak yang terlalu berlebihan dalam menggunakan smartphone. Padahal, hal tersebut yang justru merusak baterai dari smartphone. Penggunaan yang berlebihan juga dapat menyebabkan baterai menjadi melembung. Sedangkan, untuk memperbaiki baterai melembung sendiri bukanlah hal yang mudah dan harus menganntinya. Karena itu, alangkah baiknya untuk mencegahnya. Simak ulasan lebih jelasnya mengenai cara mencegah baterai melembung.

Beberapa Cara Mencegah Baterai Melembung

Terdapat beberapa cara yang digunakan untuk mencegah terjadinya baterai melembung pada smartphone. Berikut ulasan lebih jelasnya.

Jangan Menggunakan Smartphone Saat Di Charge

cara mencegah baterai melembung

Smartphone yang sudah kehabisan baterai alangkah baiknya untuk di charge dalam keadaan mati. Mengapa hal ini perlu? Karena, pemasukan daya menjadi lebih stabil. Saat anda melakuan charge namun masih tetap digunakan, justru hal inilah yang berbahaya. Karena, pemasukan daya akan langsung keluar begitu saja. Faktanya, hal inilah yang juga mempengauhi kinerja dari baterai dan dapat beresiko adanya tekanan dalam baterai. Akibatnya, sudah pasti baterai lama kelamaan akan melembung.

Turunkan kecerahan layar

Saat kondisi sedang redup, alangkah baiknya anda dapat menggunakan kecerhan layar secukupnya. Kecerahan layar yang besar dapat menyebabkan baterai menjadi lebih cepat habis. Kecerahan layar sendiri memiliki pengaruh yang cukup penting dalam tingkatan daya tahan baterai. Semakin rendah kecerahan layar, maka akan semakin tahan lama. Gunakan kecerahan layar sesuai pada kebutuhannya.

Cara Mencegah Baterai Melembung Gunakan profil senyap

Dalam situasi yang memungkinkan, alangkah baiknya untuk menggunakan profil senyap. Hal ini juga berkaitan langsung dengan pengeluaran dari daya baterai. Pengunaan baterai yang tidak wajar dapat menyebabkan melembung. Karena itu, untuk penggunaan yang normal maka dapat menggunakan profil senyap. Penggunaanya sendiri tetap disesuaikan pada kebutuhan dan situasi yang sedang terjadi.

Gunakan data secukupnya

cara mencegah baterai melembung

Daya baterai akan terkuras dengan cepat saat anda menggunakan data. Dengan terkurasnya baterai secara tidak wajar, maka dapat beresiko baterai melembung. Fitur yang tidak penting alangkah baiknya untuk dapat dimatikan terlebih dahulu. Seperti GPS maupun aplikasi sosial media yang kurang penting. Disarankan, jika terdapat jaringan WiFi maka dapat dimanfaatkan untuk menghemat pengeluaran baterai.

Gunakan baterai original

cara mencegah baterai melembung

Untuk mencegah baterai melembung, jangan lupa untuk menggunakan baterai yang original. Dimana, baterai original memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan baterai palsu. Umumnya, baterai palsu sendiri tidak sesuai pada tingkatannya dan hanya bertahan pada sedikit waktu saja. Direkomendasikan untuk menggunakan baterai original dengan menyesuaikan smartphone yang dimiliki.

Itulah beberapa cara mencegah baterai melembung. Baterai yang melembung tentu dapat di cegah sejak pertama kali pemakaiannya. Karena lebih baik mencegah sebelum terjadi. Jika sudah melembung, tentu untuk solusinya sendiri harus menganti baterai. Dijamin, menggunakan cara diatas akan sangat membantu. Semoga bermanfaat !

Please rate this

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *