Studi kelayakan Bisnis Adalah

Studi kelayakan bisnis adalah suatuu kegiatan yang mempelajari secara mendalami mengenai suatu usaha untuk menentukan apakah usaha tersebut layak dijalankan atau tidak. Untuk memulai usaha memang tidaklah mudah, apalagi jika menggunakan modal yang besar maka diharuskan terlebiih dahulu untuk melakukan yang namanya studi kelayakan bisnis.

studi kelayakan bisnis adalah

Dengan melakukan studi ini, setidaknya dapat mengurangi adanya resiko kerugian kedepannya. Inilah yang dihindari oleh para pengusaha, yaitu mengurangi resiko untuk masa depan. Karena dengan resiko tersebut kemungkinan besar akan mempengaruhi perjalanan dari bisnis tersebut.

Tahapan Studi Kelayakan Bisnis

Setelah anda mengetahui mengenai studi kelayakan bisnis, maka harus tahu juga mengenai tahapannya.

Ide

Yang pertama yaitu tentu ide dari bisnis tersebut apakah sudah ada atau belum. Jika sudah ada dan ternyata pernah gagal, apa yang mempengaruhi kegagalan di masa lalu. Semua hal yang berkaitan dengan ide sangat perlu untuk dilakukan analisa secara mendalam. Proses ini jelas membutuhkan waktu yang cukup lama.

Tidak heran, jika banyak dari peluang bisnis yang saat melakukan pengujian kelayakan ini kemudian dinyatakan tidak berhasil. Karena memang pada tahapan ide saja sudah gagal, maka bagaimana dilakukan pada tahapan yang selanjutnya. Ingat, ide cemerlang saja belum tentu bagus. Bisa jadi orang lain pernah memikirkannya bahkan melakukan ide tersebut.

Melakukan Penelitian

Tahapan berikutnya yang perlu dilakukan yaitu penelitian. Ibaratkan idenya sudah masuk, maka akan dilakukan penelitian terlebih dahulu. Kepada siapa nantinya pasar dari bisnis ini apakah anak-anak, orang dewasa atau yang lainnya? Nah, disinilah proses bisnis tersebut akan dilakukan.

Melakukan tahapan penelitian memang tidaklah mudah, harus dilakukan dengan teliti dan jujur. Karena jika tidak jujur hasilnya nanti tidak memiliki nilai yang berarti. Untuk itu, para peneliti biasanya dilibatkan pada pihak ketiga untuk meminimalisir kecurangan yang terjadi alam penelitian berkaitan dengan bisnis tersebut.

Melakukan Evaluasi

Penelitian sudah dilakukan dan mendapatkan hasilnya, maka berikutnya yaitu melakukan evaluasi. Data yang telah didapatkan tersebut dilakukan evaluasi mengenai baik dan buruknya. Sangat penting untuk melakukan evaluasi agar kedepannya bisa lebih memahami bisnis yang akan dijalankan tersebut.

Pada tahapan evaluasi harus benar-benar diperhatikan secara seksama. Bagian-bagian detail terkecil sekalipun sangat berpengaruh untuk menghasilkan bisnis yang mapan dan siap untuk dijalankan. Karenanya, semua yang terlibat harus ikut secara bersama-sama untuk memberikan pendapatnya disini.

Memilih Usulan Rencana Bisnis

Dari hasil evaluasi tersebut, nantinya akan menghasilkan beberapa pendapat dan kesimpulan. Pada tahapan inilah, nantinya akan dipilih mana yang akan dijalankan sebagai rencana bisnis tersebut. Mungkin saja ada banyak sekali pilihan yang direncakan, namun bisa di buat schedule secara lengkap.

Semua hal tersebut dibuat dengan lengkap dan rapih harus dilakukan seperti itu. Usulan yang dipilih juga harus tepat sesuai dengan pendapat dan masukan bersama-sama. Karena ini dalam ruang lingkup bisnis, maka tidak bisa secara egois memilih mana usulan rencana yang ingin dijalankan.

Melakukan Pelaksanaan

Usulan sudah dibuat, maka kemudian dilakukan pelaksanaan dari rencana usulan yang telah dibuat tersebut. Melakukan pelaksanaan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari bisnis tersebut. Terpenting, dalam melakuan pelaksanaannya harus sesuai dengan rencana yang telah dibuat sebelumnya.

Pada tahap perencaan, terkadang ada hal-hal diluar perkiraan yang tidak terduga. Ingat, jangan panik! Catat setiap hal yang terjadi karena nantinya akan ada evaluasi lanjutan mengenai kelayanan bisnis tersebut. Dengan begitu, setidaknya akan menjadi lebih paham bagaimana melakukan studi kelayakan yang baik dan benar.

Dengan demikian, studi kelayakan bisnis adalah tahapan yang tentunya harus dilakukan sebelum melaksanakan bisnis. Hal ini dilakukan agar bisnis yang berjalan bisa berjalan dengan baik untuk minimalisir resiko bisnis di masa depan. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment