Pengalaman Mempercepat Performa Website WordPress

admin_amurya

Pengalaman mempercepat performa website wordpress

Pengalaman mempercepat performa website wordpress akan saya ulas secara singkat, padat dan jelas. Karena memang tujuan saya membuat artikel tentang pengalaman untuk membantu memberikan informasi kepada para pengguna lainnya.

Pengalaman mempercepat performa website wordpress

Website tentunya dapat dibuat dengan berbagai macam teknologi. Salah satunya yaitu menggunakan wordpress sebagai website builder yang membantu dalam pembuatan website. Meskipun bisa dibuat dengan mudah, ada satu hal yang penting untuk diketahui yaitu bahwa pengembangannya tidaklah mudah.

Banyak yang berpikir bahwa menggunakan wordpress mudah dalam pembuatan dan pengembangannya. Tinggal pakai plugin saja sudah bisa dijalankan begitu? Eits, tentunya tidak hanya begitu loh. Plugin memang membantu untuk mempercepat performa website wordpress, tetapi tidak sepenuhnya.

Masih ada hal-hal yang penting untuk tetap diperhatikan dalam mempercepat performa website. Tentunya anda harus mengetahui apa saja yang menjadikan perfoma website wordpress kencang.

Beberapa Cara Mempercepat Performa Website WordPress

Hosting Yang Digunakan

Pertama yang perlu untuk anda ketahui yaitu mengenai hosting yang digunakan. Hosting merupakan tempat untuk menyimpan dimana website anda nantinya akan ditempatkan. Dengan menggunakan hosting yang tepat akan membantu memberikan performa yang tepat untuk para pengguna website.

Terutama dari sisi visitor yang akan melihat seberapa baik performa website untuk bisa dilihat oleh banyak orang yang mengungjungi. Sejak 2016 saya sudah mengenal banyak hosting dan tentunya disesuaikan dengan kebutuhannya. Memang dahulu awal membuat website masih menggunakan blogspot untuk melakukan pembuatan websitenya.

Kemudian setelah memahami hosting, maka mulai mengenai banyak provider lokal maupun luar. Selama ini karena target pengunjung masih masyarakat indonesia jadi masih menggunakan provider hosting lokal. Selama kurang lebih 3 tahun, saya mulai mempercayakan kebutuhan hosting ini kepada provider Idcloudhost.

 Dengan traffic yang tidak banyak ini, setidaknya ada 500 – 1000 visitor setiap harinya masih dapat digunakan dengan baik menggunakan layanan entrepreneur pro seharga Rp. 50 Ribu saja. Harga tersebut sangatlah murah, karena alhamdulillah saat ini sduah dapat menghasilkan melalui adsense. Setidaknya cukup untuk membayar hosting dan domain perpanjangannya.

Performa hosting idcloudhost selama 3 tahun memakai menurut saya sudah sangat oke. Dengan harga yang murah tersebut sudah bisa menampung visitor tersebut. Meskipun memang terkadang masih terdapat maintenance yang membutuhkan waktu lama. Tidak masalah, selama itu masih didalam batas. Nah untuk anda yang baru memulai menjalankan website, dapat menggunakan layanan idcloudhost dengan klik disini.

Template Website

Satu yang cukup penting dalam membuat website anda menjadi lebih cepat yaitu dengan penggunaan template. Template pada website memiliki peranan yang cukup penting untuk membuat website berjalan dengan baik. WordPress menyediakan beberapa template yang dapat digunakan untuk mempercepat loading dari website.

Namun disini saya akan memberikan pengalaman saya menggunakan template bernama “generatepress” versi premium. Generate press tersedia versi non premium untuk anda yang ingin mencobanya. Namun untuk saya pribadi sudah mengunakan versi premiumnya karena memang lebih nyaman dan terbukti kecepatannya lebih baik.

Template tersebut digunakan pada website yang artikelnya sedang anda baca ini. Tepat sekali, website ini menggunakan generatepress untuk templatenya. Jadi dapat anda lihat sendiri bagaimana performanya? Apakah sudah cukup juga untuk anda gunakan?

Secara keseluruhan untuk nilai dari web.dev setelah dicek dalam posisi baik semuanya. Padahal posisinya saat ini menggunakan iklan adsense yang lumayan berat untuk loadingnya. Setidaknya website ini sudah menggunakan template ini selama kurang lebih 1 tahun dan terbukti banyak pengunjung yang nyaman untuk berlama-lama membaca serta menikmati websitenya. Terutama untuk anda yang menggunakan iklan, maka tidak perlu khawatir karena performnya sudah sip!

Nah untuk anda yang ingin mencoba versi premium generate press bisa menghubungi kami di nomor 089-889-802-46 untuk pemesanan themplate generate press versi premium. Untuk anda yang melakukan pemesanan hari ini, akan mendapatkan diskon 30% selama artikel ini masih terbit!

Plugin Perfoma WordPress

Baiklah karena banyak sekali penguna yang bertanya mengenai plugin untuk meningkatkan performa wordpress maka akan dibahas sedikit secara padat dan lengkap. Untuk website ini, plugin performa yang digunakan yaitu wp-rocket. Plugin ini membantu untuk memberikan performa lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Sebenarnya untuk penggunaan dari plugin performa ini disesuaikan dengan kebutuhannya. Sebagai contoh, untuk server yang menggunakan hosting nginx maka disarankan menggunakan wp-rocket. Sedangkan untuk yang mengguankan litespeed maka disarankan menggunakan plugin litespeed juga. Hal ini akan memberikan performa yang lebih baik untuk setiap sisi servernya.  Jadi bisa disesuaikan saja ya, untuk saat ini saya menggunakan wp-rocket yang versi premiumnya agar performa lebih bagus. Performa yang bagus juga akan mempengaruhi SEO website wordpress yang anda miliki.

Format Image Webp

Tahukah anda untuk memberikan performa website yang baik, upload image tidak langsung begitu saja? Nah ini nih yang masih belum banyak dipahami oleh banyak pengguna. Banyak yang beranggapan bahwa untuk upload foto di wordpress itu bebas karena tidak berpengaruh pada performa.

Padahal ini sangat berpengaruh, terlebih jika anda melakukan upload format image dengan ukuran yang besar misalnya 500 Kb. Itu sudah termasuk dalam ukuran yang besar dan akan membebani server nantinya. Jadi disarankan untuk anda melakukan upload image dalam forma webp. Convert saja dari format sebelumnya ke webp dan kemudian upload. Format ini jauh lebih baik untuk peningkatan performa website anda.

Itu dia pengalaman mempercepat performa website wordpress yang saya lakukan selama ini. Tentunya dalam mengatur settingan kenyamanan website tidaklah mudah. Harus bersabar dan tetap berusaha untuk menemukan performa website terbaik untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Jika memiliki pertanyaan, dapat disampaikan langsung pada kolom komentar. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar