Bisnis Kue Kering

Bisnis kue kering saat ini sedang diminati oleh para ibu rumah tangga. Kue kering menjadi salah satu makanan yang paling banyak di minati oleh masyarakat. Apalagi menjelang idul fitri maka akan sangat banyak sekali orang yang mencari makanan kue kering. Untuk membuat kue kering sebenarnya tidaklah sulit, sehingga jika ingin menjalankan bisnis ini masih sangat bisa untuk dilakukan.

bisnis kue kering

Menjalankan bisnis kue kering memang tidak bisa secara langsung, tetapi harus dilakukan plan atau rencana terlebih dahulu. Kemudian, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan agar bisnis kue kering ini laku dipasaran dan diminati oleh masyarakat. Untuk itu, agar lebih jelas maka akan dibahas lebih lengkapnya dibawah ini.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Kue Kering?

Anda sedang ingin memulai bisnis kue kering? jika ya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisnis ini bisa berjalan dengan baik.

Buat Rencana

Langkah pertama yaitu dengan membuat planning terlebih dahulu atau rencana. Seperti yang telah dikatakan diatas, planning ini sangat penting dalam melakukan perencaan bisnis seperti pada kue kering. Apa rencana yang harus dilakukan? Yaitu menentukan apa saja nantinya kue yang kemungkinan dibuat.

Kemudian menentukan tempat dan tanggal dimulainya bisnis ini. Serta bagaimana untuk promosi yang nantinya akan dilakukan. Karena tidak mungkin akan melakukan pembuatan kue kering saja tanpa adanya penjualan. Bisa-bisa, semuanya tidak balik modal atau bahkan tidak mendapatkan keuntungan. Untuk mencegah hal tersebut, maka diperlukan pembuatan rencana terlebih dahulu.

Bentuk Team

Langkah berikutnya yaitu melakukan pembentukan team untuk memulai bisnis. Tunjuk salah satu yang akan menjadi leader dalam menjalankan bisnis. Nantinya, leader inilah yang menjadi arahan bagi para karyawan untuk kedepannnya. Bagaimana juga menentukan promosi yang akan digunakan.

Team menjadi salah satu kunci dari berjalannya suatu bisnis. Apakah bisnis tersebut akan berjalan dengan baik atau tidak maka terdapat disini. Jika bisnis tidak berjalan dengan baik, maka leader yang menjadi tanggung jawab. Untuk itu, pikirkan dengan tepat siapa yang akan menjadi leader dari menjalankan bisnis tersebut.

Lakukan Pembuatan Dengan Baik

Selanjutnya yaitu memastikan proses pembuatan dilakukan dengan baik. Apa maksudnya disini? Proses pembuatan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas sehingga hasilnya juga memuaskan. Jangan menggunakan bahan yang kurang baik untuk pembuatan kue kering. Karena akan menghasilkan kekecewaan pada hasilnya nantinya.

Selalu gunakan produk bahan-bahan yang berkualitas, sejatinya pembeli tidak masalah dengan harga yang mahal tersebut. Selama, harga yang mahal tersebut sesuai dengan kualitasnya. Dengan begitu, maka pembeli akan merasa senang dengan kue kering yang telah dibuat.

Kreasi Dan Inovasi

Penting! Bagi para pelaku usaha sebaiknya melakukan kreasi dan inovasi untuk menghasilkan produk yang terbaik dan modern. Meskipun kue kering sudah ada sejak jaman dahulu, maka tetap harus menyesuaikan dengan era sekarang. Cobalah untuk melakuakn inovasi dalam pemberian warna atau rasa dan topping.

Hal ini harus dilakukan oleh para pelaku usaha agar hasilnya memuaskan dan unik. Tahukah anda bahwa salah satu alasan seseorang membeli jajan kue kering ini karena keunikannya. Disinilah, mari bersama-sama mencoba untuk memberikan kreasi dan inovasi pada produk jajan kue kering yang dibuat!

Bagaimana Promosi Bisnis Kue Kering?

Setelah anda memahami bagaimana untuk memulai bisnis kue kering maka selanjutnya dilakukan tahan promosi. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk promosi:

Melalui WA

Salah satu cara untuk melakuakn promosi kue kering bisa dengan cara WhatsApp. Pasti semua orang menggunakan whatsapp kan? Cukup dengan membuat story atau melakukan broadcast ke grup yang anda bergabung. Di WhatsApp orang-orang cenderung lebih tertarik untuk melakukan pembelian.

Hal ini sebenarnya tidak bisa kita pungkiri, karena memang sangat mudah untuk melakukan promosinya. Bahkan, tidak membutuhkan uang sama sekali untuk melakukannya. Yang terpenting dibutuhkan konsistensi untuk selalu melakukan posting secara rutin. Karena ada banyak sekali pesaing disana yang juga menjual produk kemungkinan sama.

Melalui Grup Facebook

Jangan anggap sepele facebook, karena masih bisa menguntungkan untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Caranya yaitu sangat mudah, cukup gabung ke grup-grup Jual Beli dan melakukan promosi. Contohnya, untuk di daerah cilacap ada grup yang bernama “ Jual Beli Cilacap”.

Anda bisa melakukan promosi postingan di grup tersebut mengenai kue kering yang dijual. Sudah banyak yang melakukan hal seperti ini dan terbukti laku diminati oleh orang-orang. Kemungkinan juga dengan anda yang mungkin saja bisa laku. Intinya seperti ini, semakin banyak grup maka posting juga semakin lebih banyak. Benarkan?

Melalui Instagram

Sudahkah membuat akun bisnis untuk instagram dan melakukan promosi? Di Instagram ada banyak sekali orang yang berjualan untuk mendapatkan keuntungan. Disinilah anda juga bisa untuk melakukannya melalui sosial media instagram. Promosikan bisnis kue kering yang anda jalankan untuk mendapatkan pelanggan.

Jumlah pengguna instagram sangatlah banyak, percayalah bahwa anda bisa mendapatkan keuntungan melalui instagram. Lakukan postingan dengan cara content writing yang unik, headline yang menarik serta visual yang keren. Dijamin, positngan anda di instagram akan mendapatkan banyak engagement dan naik secara perlahan!

Melalui Marketplace

Di era sekarang ini sudah saatnya untuk melakukan penjualan menggunakan marketplace. Dengan adanya marketplace, maka akan lebih mudah untuk melakukan penjualan kue kering ini. Banyak sekali pilihan marketplace yang bisa digunakan seperti shopee, tokopedia, bukalapak dan lazada.

Berjualan di marketplace juga sangat menguntungkan karena terkadang ada promo gratis ongkir yang diberikan oleh perusahaan. Jadi, produk kita kemungkinan besar akan laku menjadi lebih tinggi. Selain itu, ada banyak sekali trik berjualan di marketplace yang bisa anda gunakan. Salah satunya dengan memberikan harga coret yang palsu. Jika anda menjual dengan harga Rp. 30 Ribu maka di marketplace tuliskan Rp. 50 Ribu kemudian berikan diskon 20%. Bagaimana, menarik bukan? Pasti banyak pembeli yang tertarik.

Harga Bersaing

Ingin mendapatkan pelanggan yang banyak? Salah satunya yaitu dengan memberikan harga yang bersaing. Mungkin, anda tidak memahami lebih banyak mengenai hal ini. Faktanya, dengan harga yang bersaing semakin membuat orang membeli produk anda. Apa yang dimaksud harga bersaing?

Contoh, jika ada produk yang sama namun orang lain menjual dengan harga Rp. 29.000 dan anda menjual Rp. 27.500 maka mana yang akan dibeli? Pasti orang lain secara langsung akan membeli produk anda. Nah, gunakan trik harga bersaing ini untuk melakukan promosi agar kue kering anda cepat laku dipasaran.

Begitulah pembahasan lengkap mengenai bisnis kue kering, tertarik ingin menjalankan bisnis yang satu ini? Untuk anda yang ingin memulainya, maka segeralah untuk menjalankannya. Jangan tunggu nanti-nanti untuk menjalankan bisnis ini. Semoga bermanfaat!

1 thought on “Bisnis Kue Kering”

Leave a Comment