Memulai Bisnis Roti Bakar Untung Atau Tidak?

Memulai bisnis roti bakar tentu bukanlah hal yang mudah tetapi membutuhkan kecermatan tersendiri. Sebenarnya bukan bisnis roti bakar saja yang membutuhkan kecermatan. Melainkan semua usaha sudah pasti membutuhkan kecermatan untuk bisa sukses kedepannya. Saat ini, menjalankan usaha roti bakar menjadi salah satu yang paling menarik untuk dicoba. Meskipun dalam masa ppkm, tetapi usaha ini masih tetap banyak pembelinya.

bisnis roti bakar

Untuk memulai sebuah bisnis dibutuhkan banyak faktor yang harus diperhatikan. Bukan hanya menggenai modal saja, melainkan juga bagaimana untuk bisa membangun bisnis yang lebih baik dan menjalankannya dengan baik. Untuk itu, sebelum anda memulai bisnis roti bakar alangkah baiknya untuk bisa memahaminya terlebih dahulu.

Apa Itu Bisnis Roti Bakar?

Pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud bisnis roti bakar disini, yaitu roti yang di isi dengan rasa-rasa tertentu kemudian dibakar sebentar. Tentunya, untuk bahan baku yang digunakan dalam pembuatan roti bakar jelas berbeda-beda menyesuaikan dari kebutuhan dan keinginan dari penjual. Biasanya, semakin mahal harga dari roti tersebut maka akan semakin bagus juga kualitasnya. Jadi, jangan heran jika anda membeli roti bakar ternyata harganya mahal ya!

Meskipun mahal, tetapi untuk menjalankan bisnis ini ternyata tidak murah loh. Ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum akhirnya nantinya bisa melakukan penjualan. Bisnis roti bakar bisa dijalankan secara langsung atau secara waralaba. Namun saat ini yang banyak beredar yaitu menjalankan usaha ini secara mandiri. Jadi untuk keuntungannya juga nantinya secara mandiri.

Keuntungan Bisnis Roti Bakar

Setelah anda memahami mengenai apa itu bisnis roti bakar, maka selanjutnya anda juga harus mengetahui beberapa keuntungan jika menjalankan bisnis ini. Berikut beberapa keuntungannya:

Keuntungan Ditentukan Sendiri

Dengan menjalankan usaha ini, tentunya anda bisa memperoleh keuntungan tersendiri. Maksudnya anda bisa menentukan sendiri berapa besaran keuntungan yang bisa didapatkan. Sebaga contoh saja, untuk mendapatkan keuntungan per balok roti bakar yang dijual biasanya sekitar Rp. 3.000. Namun, anda juga bisa membuat keuntungan mencapai Rp. 5.000 per penjualan baloknya. Bagaimana, sangat menguntungkan bukan?

Dapat Menjalankannya Mandiri

Tidak perlu ragu untuk memulai bisnis usaha yang satu ini, karena bahkan anda bisa memulainya secara mandiri. Bagaimana mungkin anda bisa memulai usaha secara mandiri dengan mudah? Menjalankan bisnis roti bakar dapat dijalankan mandiri tanpa membutuhkan bantuan dari orang lain. Kecuali jika nantinya usaha anda laris manis barulah mungkin anda membutuhkan orang untuk bisa membantu.

Tidak Perlu Ruangan Besar

Salah satu keuntungan dari menjalankan bisnis kuliner yang satu ini yaitu tidak membutuhkan ruangan yang besar. Bahkan, anda bisa berjualannya hanya di emperan jalan saja? Karena memang usaha yang satu ini lebih banyak orang makannya dirumah bukan ditempat. Mereka hanya membeli kemudian membawanya pulang kerumah. Dengan begitu, akan sangat memungkinkan untuk anda bisa menghemat pengeluaran untuk melakukan penyewaan dan bisa dialihkan ke yang lainnya.

Kekurangan Bisnis Roti Bakar

Selain terdapat keuntungan saat menjalankan bisnis, seorang pengusaha juga pasti ada kekurangan yang harus diketahui. Inilah beberapa kekurangannya:

Harus Extra Sabar

Kekurangan dari menjalankan bisnis ini yang pertama yaitu harus extra bersabar. Karena bisnis kuliner yang satu ini bukan menjadi kebutuhan utama sehingga orang-orang tidak harus membelinya secara rutin setiap harinya. Untuk itu, alangkah baiknya anda untuk bisa bersabar dengan apa yang sedang anda jalani karena semakin lama anda berjualan orang-orang yang lewat juga akan semakin paham.

Butuh Kreatifitas

Siapa bilang untuk berjualan roti bakar tidak membutuhkan kreatifitas? Justru, untuk menjalankan usaha yang satu ini sangat membutuhkan kreatifitas yang tinggi. Sebagai contoh, bagaimana anda membuat promosi yang menarik untuk bisa menarik pelanggan. Inilah yang sejatinya perlu anda lakukan yaitu kreatifitas tanpa batas agar produk usaha anda bisa bersaing dipasaran.

Lebih Ramai Pada Malam Hari

Tidak dapat dipungkiri jika makanan yang satu ini memang lebih ramai pada malam hari. Atau pernahkah anda melihat orang berjualan roti bakar pada pagi hari? Tentunya jarang ditemukan usaha kuliner yang satu ini berjualan pada siang hari. Meskipun begitu, jangan membuat hal ini sebagai penghambat anda untuk berwirausaha. Tetapi, jalankan saja bisnis ini dengan sekuat tenaga untuk memperoleh hasil yang bagus!

Cara Memulai Bisnis Roti Bakar

Sudah memahami mengenai keuntungan dan kekurangannya maka sekarang saatnya anda paham bagaimana cara untuk memulai bisnis roti bakar ini.

Persiapkan Tempat

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu mempersiapkan tempat yang akan digunakan untuk melakukan penjualan. Dimana anda akan melakukan penjualan? Inilah yang nantinya harus anda pikirkan. Seorang penjual jelas harus memikirkan dimana tempat untuk berjualan nantinya. Saran yang baik yaitu anda bisa menjual di tempat yang ramai dilalui oleh orang-orang maupun dikunjungi. Bisa di dekat kampus, alun-alun, perkotaan dan yang lainnya. Oh ya, jangan lupa untuk lakukan riset tempat terlebih dahulu ya agar hasilnya maknyus!

Persiapkan Alat & Bahan

Tahapan berikutnya yang perlu anda lakukan yaitu dengan mempersiapkan alat dan bahan. Alat alat yang digunakan untuk berjualan tentu bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda dalam menjualnya. Apakah nantiny akaan menggunakan gerobak penjualan atau tidak. Selain itu, untuk bahan-bahannya bisa disesuaikan dengan kualitasnya. Untuk kualitas yang bagus, tentunya harga yang ditawarkan memang mahal.

Mulai Promosi

Bisnis roti bakar anda sudah dibuka, pada awal pembukaan toko jangan ragu untuk melakukan promosi. Karena dengan melakukan promosi akan memperkenalkan toko anda dengan banyak orang. Promosi di era sekarang ini sudah sangat mudah untuk dilakukan dengan hadirnya media sosial, maka anda bisa dengan mudah promosi cukup dengan menggunakan smartphone saja. Jika perlu anda bisa membuat promo khusus seperti Buy 2 Get Diskon 5.000 dan yang lainnya. Tentunya hal tersebut akan membuat orang-orang tertarik.

Tetap Sabar Dan Jalani Usahanya

Menjalankan usaha tidak semudah mengembalikan telapak tangan, selalu ada hal-hal yang menarik didalamnya. Jatuh bangun dalam dunia usaha anggap saja sebagai perjalanan yang memang harus anda lalui. Untuk itu, tetap bersabar dan teruslah berusaha terutama untuk anda yang baru saja memulai menjalankan usaha. Percayalah apa yang telah anda usahakan akan indah pada waktunya nanti!

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai bagaimana memulai bisnis roti bakar secara lengkap. Semua hal diatas tentu harus anda perhatikan terlebih dahulu. Tidak bisa sembarangan dalam memulai bisnis, karena nantinya anda yang akan memetik sendiri hasil dari apa yang telah anda usahakan. Selamat mencoba dan sukses selalu!

Leave a Comment