Cara Berhenti Asuransi Cigna, Cepat Jangan Terlambat!

Cara berhenti asuransi cigna tenru bisa anda lakukan. Asuransi yang satu ini memang menjadi salah satu masalah bagi beberapa orang. Akar permasalahannya sebenarnya dibagian telemarketing yang menyebalkan.

Kembali ke topik, pada artikel ini akan kami bahas cara untuk memberhentikan asuransinya. Hal ini penting agar uang anda di atm tidak algi terdebit secara otomatis. Lebih lengkapnya, silahkan baca pada artikel dibawah ini.

Cara Berhenti Asuransi Cigna Ampuh!

Jika anda ingin memberhentikan asuransi cigna, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan. Berikut beberapa caranya:

Siapkan Buku Polis Jangan Hilang

Pasti, anda pernah menerima buku polis kan? Jika ya, buku yang satu ini jangan sampai hilang. Karena, di dalam buku ini terdapat nomor pendaftar asuransi cigna. Nomor ini nantinya akan digunakan saat pengisian form.

Meskipun anda dalam kondisi kesal sekalipun, jangan buang atau sobek buku tersebut. Simpanlah secara baik – baik, karena bisa jadi nanti anda juga harus mengirimkan kembali buku polis tersebut sebagai syarat pembatalan asuransinya.

Hubungi Customer Service

cara berhenti asuransi cigna

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu dengan menghubungi bagian customer service cigna. Terdapat beberapa bagian yang bisa anda hubungi megenai customer servicenya. Disini, saya sarankan anda untuk menghubungi melalui Twitter yang sedikit cepat responnya.

Sampaikan kepada customer service, bahwa anda ingin melakukan pembatalan akun asuransi cigna. Selain itu, sampaikan juga bahwa anda ingin mengajukan pengembalian dananyang terdebet secara otomatis tersebut.

Pihak cigna akan melakukan pengecekan terlebih dahulu mengenai data pendaftar asuransi. Jika sudah, maka dari pihak customer service akan membantu dalam melakukan pembatalannya. Yaitu dengan memberikan form khusus untuk pengajuan pembatalan asuransinya dan email untuk pengiriman form tersebut. Terima file tersebut dan download serta lakukan print.

Isi Form Pengajuan Pembantalan

Berikutnya, yang harus anda lakukan yaitu melakukan pengisian form. Tentunya, semuanya harus dipastika di isi agar tidak terjadi kesalahan data dan menyebabkan pengulangan saat proses pembatalannya.

Sekali lagi, pastikan anda mengisikannya secara benar. Jangan ada yang salah, salah sedikit saja bisa berpengaruh pada proses pembatalan nantinya. Jika pada form membutuhkan nomor asuransinya, anda bisa mengeceknya pada buku polis yang sebelumnya dikirimkan oleh pihak asuransi.

Jangan lupa pada bagian akhir melakukan ceklist persetujuan dan membubuhkan tanda tangan dari orang yang melakukan pengajuan pembatalan tersebut. Setelah semuanya sudah dilakukan maka selanjutnya lakukan scan pada form tersebut dalam bentuk pdf.

Kirim Melalui Email

Setelah anda melakukan scan, maka tahapan selanjutnya yaitu mengirimkan ke email form tersebut. Anda bisa mengirimkannya ke email SIAP@Cigna.com. Email tersebut digunakan untuk melakukan pembatalan asuransi yang terdebet secara otomatis.

Perlu anda ketahui juga, untuk balasan email mungkin akan lebih lama. Biasanya, membutuhkan waktub 1 hari untuk dilakukan pembalasannya. Jadi, pastikan anda hanya email setelah memiliki form pembatalan saja.

Tunggu Konfirmasi Pembatalan

Terakhir, anda cukup menunggu informasi mengenai konfirmasi pembatalan asuransi cigna. Pihak cigna akan memberikan informasi melalui email mengenai pembatalan asuransi yang sedang berjalan. Serta, beberapa informasi lainnya yang mungkin juga anda tanyakan.

Email ini biasanya akan anda dapatkan H+2 Setelah anda melakukan pengajuan pembatalan. Jadi, jika ingin uang anda balik maka lakukan pembatalan H+6 setelah anda mendaftar Cigna. Jika telat saja, dapat dipastikan uang anda hilang dengan alasan klasik yang mereka bilang.

Apakah Uang Yang Terdebet Cigna Bisa Kembali?

Pertanyaan utama yang pasti ditanyakan yaitu apakah uangnya bisa kembali? Jawabannyan” BISA” . Selama anda melakukan pengajuan pembatalan registrasi asuransi kurang dari 14 Hari. Bagaimana jika pembatalannya dilakukan lebih dari 14 hari bahkan berbulan – bulan baru pembatalannya?

Jika hal tersebut terjadi, maka sayang sekali uangnya tidak bisa dikembalikan. Karena, saya pribadi pernah merasakan hal tersebut. 1 Juta rupiah hilang secara sia sia di asuransi cigna. Alesannya karena saya baru melakukan pengajuan pada 2 bulan setelah pendaftaran. Kalau saja waktu itu saya sudah tau, pasti langsung melakukan pembatalan!

Begitulah ulasan mengenai cara berhenti asuransi cigna. Jika anda saat ini ingin berhenti, maka lakukanlah dengan sesegera mungkin. Jangan sampai terlambat dalam melakukan pembatalannya. Selain itu, jangan lupa sampaikan kepada pihak Cigna minta di blacklist dan jangan menghubungi kembali.

23 thoughts on “Cara Berhenti Asuransi Cigna, Cepat Jangan Terlambat!”

  1. Maaf saya mau membatalkan asuransi Cigna.karena suami tidak setuju

    Reply
    • Mohon segera hubungi customer service asuransi cigna dan sampaikan perihal pembatalan. Saran saya cepat untuk dilakukan pembatalan, sebelum adanya penarikan setiap bulan yang mencekik dari pihak cigna.

      Reply
  2. Tolong hentikan penarikan uang tunai sebesar Rp 250.000 setiap bulan. Karena istri saya sudah terlanjur mengikuti asuransi kes yang tidak jelas dan tanpa persetujuan saya. Dan penarikan uang tersebut sangatlah membebani hidup saya dan keluarga. Mohon dihentikan

    Reply
    • Silahkan bapak bisa ikuti cara ini untuk menyelesaikan permasalahan tersebut ya. Semoga segera selesai.

      Reply
  3. Berhenti dari cigna asuransi dan tdk lanjut agar pen Debetan di Bank tdk terpotong

    Reply
  4. Permisi kak saya mau bertanya , dilembar kedua formulir tidak ush diisi ya karna tentang npwp sedangkan saya tidak punya. Jadi langsung saja ya kelembar ke tiga yaitu ttd??

    Reply
    • iya langsung saja ke lembar selanjutnya. serta segera untuk dikirimkan.

      Reply
      • Sudah mas terimakasih infonya,
        Oh iya punya mas proses pembatalan asuransi diurus dlm berapa hari?

        Reply
        • Sama-sama kak, kalau tidak salah punya saya 3 Hari kerja. Jika masih lama diproses, coba chat CS Cigna lewat media sosial seperti FB, Twitter atau IG untuk melakukan follow up terkait pembatalan tersebut.

          Reply
  5. Saya mau berhenti dari asuransi ini.

    Reply
    • Bapak segera ikuti langkah yang telah ditulis pada artikel ini ya. Jangan tunggu nanti-nanti untuk stop asuransi cigna ini.

      Reply
  6. Maaf pihak asuransi signa, saya ingin pembatalan asuransi, karena saya tidak setuju, sy merasa dirugikan, saya tidak mengiyakan tetapi marketting langsung mendebit gaji saya umr, saya orang ga mampu dgn gaji umr tiap bulan dipotong 740.000. Sedang saya ga ngerti tiba – setelah saya ditelpon pihak signa sudah menanyakan no. Rek. No. Telp.. Selisi sehari tabungan sisa gaji di atm saya dipotong saya ngenes bgt. Saya ga mampu. Saya orang awam. Maaf klo bisa dibalikan uang saya 740.000 di x 4. Saya butuh buat ngumpulin anak sunat, saya ngontrak. Terima kasih mohon dimaklum.

    Reply
    • Mohon maaf, kami bukan pihak asuransi cigna. Disini hanya berbagi pengalaman saja. Jika ada permasalahan seperti itu, segera hubungi pihak cigna melalui email atau media sosialnya ya. Harus segera diurus agar tidak terdebet terus. Usahakan bank tidak digunakan lagi. Dan berdasarkan pengalaman, uang yang sudah terbayar tidak bisa dikembalikan jika lebih dari 14 Hari.

      Reply
  7. Halo ka,
    Saya juga seperti pak Dadang yang orang awan. Saya merasa di kerjai oleh pihak Cigna.
    Operator nya bilang kalau penagihan akan di potong dari cc saya, sedangkan cc saya tidak pernah diaktifkan.
    Namun saya terlalu abai, ketika buku polis sampai tidak saya buka begitu email dari signa, dan saya baru sadar malam ini. Saya dapat email penagihan dan denda nya. Pertanyaan nya, berarti saya cukup menghentikan kepesertaan saya dengan polos ini kah ya? Karena saya memang belum membayar kan sama sekali.

    Reply
    • halo Ka, segera ajukan pembatalan asuransi ya kak. jangan sampai CC kaka aktif dan kemudian terdebet secara otomatis nantinya.
      Lebih baik lakukan nonaktifkan dan jika dimungkinkan jangan aktifkan CC kaka sampai beberapa bulan. Kemudian pastikan bahwa proses pembatalan tersebut benar sampai selesai. Serta jika dari pihak cigna meminta pembayaran tagihan, lebih baik tidak perlu dilakukan ya kak. Semoga segera selesai permasalahannya.

      Reply
  8. Kk apa bila udh dpt form dri pihak Cigna apa hrs ke isi smua..?
    Ada beberapa kolom yg saya tidak mengerti terutama soal pajak & negara..
    Sya butuh bantuannya ka agar bisa di Terima oleh pihak Cigna.
    Lw bisa tolong contoh ngisinya kaya gmna ka, sesuai dgn pengalaman kk. Mohon bantuannya yh ka..

    Reply
    • Halo kak, jika sudah mendapatkan formnya maka bisa diisikan sesuai data yang diperlukan ya.
      Biasanya pada form ada simbol (*) yang berarti harus diisi. Sedangkan untuk kolom yang tidak ada simbol bintangnya tidak wajib di isi. Harap diisi dengan sebenar-benarnya dan dikirim sesuai instruksi Customer Service cigna ya. Segera kak diisi dan dikirimkan agar bulan depan tidak terdebet otomatis.

      Reply
      • Ga ada tanda * ka pada kolomnya.
        Jd bingung saya ngisinya..
        Pd bagian lembar ke 2 ada beberapa tulisan..
        (B) . Deklarasi CRS atas domisili wajib pajak.
        (C) . Pernyataan Deklarasi CRS Atas domisili wajib pajak.
        Mohon bantuannya ka. Saya jd bingung.

        Reply
  9. Alhamdulillah udh selesai..
    Berhasil.terima kasih yh Admin_amurya atas bantuannya. Skrg hanya tinggal menunggu surat konfirmasi pembatalan dalam waktu maksimal 14 hari kerja.

    Reply
    • Alhamdulillah senang bisa membantu, semoga segera bisa dibatalkan dan tetap berhati-hati dalam menjawab telepon ataupun penawaran apapun dari pihak telemarketing. Serta jangan lupa memberikan edukasi kepada saudara/teman dan lainnya agar tidak terkena hal seperti itu. Semoga sehat & sukses selalu Bapak.

      Reply
  10. halo kak. kalau pindah bank apakah aman dari potongan polis asuransi cigna tanpa pembatalan polis, karna pembatalan polis cigna terlalu ribet bagi saya orang awam

    Reply
    • Bisa saja, tapi tagihan akan tetap berjalan & lebih repot mengurusnya nanti. Lebih baik diurus sekarang saja ya kak.

      Reply

Leave a Comment