Cara Melindungi No Hp Dari Pinjaman Online

admin_amurya

Cara melindungi no hp dari pinjaman online

Cara melindungi no hp dari pinjaman online mungkin sedang anda cari saat ini. Pinjaman online memang saat ini sedang marak sekali digunakan oleh banyak orang. Kebutuhan yang menuntut banyak orang untuk mulai menggunakan pinjaman online. Serta kemudahan yang diberikan, bahkan saat ini untuk anak yang baru kerja saja sudah bisa langsung menggunakan pinjaman online. Sangat memudahkan bukan?

Hal ini bisa menjadi masalah karena penyalahgunaan yang semakin besar juga dilakukan oleh pengguna pinjol. Seperti mendaftarkan nomor milik orang lain yang tidak dikenal dan kemudian akan menjadi masalah nantinya. Banyak yang mengeluhkan bahwa tidak memiliki tagihan, tetapi harus mendapatkan teror dari debt collector milik orang lain. Jangan khawatir, untuk mengatasi hal tersebut maka anda harus memahami beberapa cara dibawah ini.

Cara Melindungi No HP Dari Pinjaman Online

Ada beberapa cara yang bisa untuk anda perhatikan dalam melindungi no hp dari pinjaman online. Berikut ini caranya:

Tidak Sembarangan Menginstall Aplikasi

Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu tidak melakukan install aplikasi secara sembarangan. Karena jika install aplikasi sembarangan memungkinkan aplikasi tersebut melakukan hacking secara tanpa anda sadari. Terutama jika anda melakukan pengunduhan pada tempat yang tidak seharusnya dilakukan pengunduhan, anda tidak tahu apakah aplikasi tersebut berbahaya atau tidak.

Inilah yang tidak dipahami oleh beberapa orang yang melakukan install aplikasi. Lebih baik lakukan penginstallan melalui toko aplikasi yang sudah terpercaya. Begitu juga jika anda ingin aplikasi premium maka lebih baik untuk membelinya dibandingkan mengunduh aplikasi crack yang lebih berbahaya. Sudah banyak kasus orang yang menginstall aplikasi dan berakhir dengan nomor handphonenya tersebar.

Jangan Berikan Akses Kontak

Mungkin anda pernah iseng-iseng saja ingin mencoba untuk mendaftarkan nomor handphone pada pinjaman online? Nah inilah yang tidak disadari oleh beberapa orang. Penggunaan akses kontak pinjol yang diberikan kepada pihak pinjaman online bisa mengakibatkan akses kontak anda menjadi tersebar. Padahal sudah jelas bahwa akan ada notifikasi “ Apakah anda memberikan akses ke kontak?”

Masih saja banyak yang memiliki “YA” dan mengakibatkan kontak serta nomor hp anda menajdi tersebar. Inilah yang seharusnya menjadi perhatian bagi anda. Jangan pernah berikan akses kontak pada aplikasi apapun , terutama aplikasi pinjaman online yang akan mengambil semua data pada ponsel anda.

Jangan Berikan Kode Verifikasi Pinjol

Pernahkah anda mendapatkan SMS atau WA yang berisikan kode verifikasi pinjaman online? Setelah itu ada orang yang kemudian menelphone dan bertanya mengenai kode verifikasi tersebut. Penipuan semacam ini akan membuat nomor anda digunakan pada aplikasi pinjaman online. Jadi harus sangat berhati-hati jika memang belum pernah terjadi hal tersebut.

Jika anda belum pernah mengalami hal tersebut pokoknya jangan pernah memberikan kode verifikasi tersebut. Biasanya orang yang menelphone akan menyampaikan hal-hal yang membuat anda untuk memberikan kode tersebut. Seperti anda akan mendapatkan hadiah ataupun yang lainnya. Jadi harus berhati-hati dan jangan pernah berikan kode verifikasi kepada siapapun!

Jangan Sembarangan Menyebarkan Nomor Handphone

Jika anda saat ini sering menyebarkan nomor handphone, maka mulai sekarang anda baiknya untuk di stop. Mengapa demikian? Nomor yang di sebar bisa saja disalah gunakan untuk digunakan sebagai nomor kontak darurat pada pinjaman online. Tentunya anda tidak ingin hal seperti ini terjadi bukan begitu? Lebih baik untuk menjaga nomor dengan rapat-rapat.

Bagaimana jika menjalankan usaha? Jangan khawatir, anda bisa membuat nomor yang lainnya khusus untuk disebar luaskan. Nomor yang privasi dan terhubung kebanyak akun atau e-banking lebih baik untuk dijaga dengan rapat jangan banyak orang yang tidak dikenal tahu nomor anda.

Pastikan Teman Tidak Memasukan Ke Daftar Kontak Darurat Pinjol

Ini nih yang jadi biang kerok utama nomor kita masuk ke pinjaman online yaitu karena kontak darurat. Sebenarnya tujuan dari kontak darurat pada pinjaman online itu untuk menghubungi orang tersebut disaat yang bersangkutan tidak melakukan pembayaran tagihannya.

Faktanya, justru nantinya kita yang terdaftar di kontak darurat tersebut yang terdaftar dan akan terus diteror. Padahal kita tidak melakukan peminjamannya, kenapa harus kita yang menanggung terornya? Karena tujuannya agar orang peminjam tersebut malu dan kemudian melakukan pembayaran. Simpel seperti itu saja.

Begitulah beberapa cara melindungi no hp dari pinjaman online yang bisa untuk anda lakukan. Sudah seharusnya anda lebih berhati-hati lagi dalam melakukan share nomor handphone. Bahkan sekarang yang sudah dianggap sebagai teman saja masih bisa melakukan kejahatan. Jadi harus lebih waspada lagi ya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar