Cara Memperbaiki Frame Kacamata Cepat Dan Murah!

Cara memperbaiki frame kacamata sangat bisa untuk anda lakukan sendiri. Bagi yang memiliki masalah mata minus atau yang lainnya, penggunaan kacamata merupakan salah satu hal yang paling penting. Jika tidak menggunakan kacamata, maka akan sangat berpengaruh pada penglihatan. Masalahnya, kacamata yang sering digunakan bisa saja framenya menjadi lebih kendur dari yang sebelumnya.

cara memperbaiki frame kacamata

Masalah berupa frame yang putus, rusak dan lainnya hal tersebut sangat wajar terjadi. Terlebih, apabila frame sudah digunakan terlalu lama maka akan sangat bisa terjadi permasalahan tersebut. Bagi anda yang sedang mengalami hal tersebut, maka jangan risau. Apalagi di saat tanggal tua belum gajihan, tenang saja jangan khawatir anda bisa menggunakan cara yang akan kami sampaikan dalam cara memperbaiki frame kacamata.

Cara Memperbaiki Frame Kacamata Ampuh

Terdapat beberapa cara yang bisa digunakan untuk memperbaiki frame yang rusak. Ini dia beberapa caranya:

Gunakan Lem

Langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan lem. Ya, penggunaan lem dalam hal ini memang bagian yang paling penting. Terutama, saat anda sedang melakukan aktivittas dan ternyata kacamata tiba-tiba retak lalu apa yang anda lakukan? Tentunya melakukan pengeleman terlebih dahulu.

Namun, untuk melakukan pengelemannya juga tidak bisa sembarangan. Melainkan harus menggunakan lem yang memang benar-benar lengket. Rekomendasi yang saya sarankan yaitu menggunakan Lem G anda bisa membelinya di toko bangunan. Biasanya lem ini digunakan untuk melakuakn perbaikan pada kursi kayu. Kualitas tingkat lengket dari lem ini tentu sangat rekat.

Dengan menggunakan Lem G, juga tidak bisa sembarangan dalam melakukan perekatannya. Anda harus memastikan bahwa yang dilakukan perekatan yaitu pada bagian frame bukan kacamatanya atau lensanya. Jadi, jika terkena lensa nantinya malah bisa menyebabkan menjadi tergores pada kacanya dan penglihatan menjadi kurang bersih. Untuk itu, ada baiknya anda memperhatikan mengenai hal ini.

Baiklah, setelah anda mempersiapkan bahan-bahannya berupa lem G maka selanjutnya proses perekatannya. Untuk prosesnya silahkan ikuti langkah ini:

  • Lakukan pelesanan pada lensa dengan frame dari kacamata
  • Luruskan frame pada bagian yang sebelumnya putus dan dirapikan agar bisa dilkukan perekatan
  • Lakukan perekatan dengan menggunakan Lem G jangan terlalu banyak tetapi secukupnya saja
  • Jika sudah, tunggu dan pegang frame sampai lem benar-benar sudah rekat.
  • Biasanya membutuhkan waktu selama 15 menit agar lem bisa merekat dengan sempurna
  • Jika lem sudah merekat dengan sempurna, maka pasang lensa dengan pelan-pelan sampai masuk seluruhnya
  • Kacamata siap untuk digunakan kembali

Cara diatas digunakan untuk frame yang mengalami putus satu bagian saja. Bagaimana jika ternyata putus pada dua bagian? Jika anda mengalami masalah seperti ini, memang cukup sulit untuk melakuakn perbaikannya. Namun jangan khawatir karena masih tetap bisa dilakukan perbaikan.

Ini dia caranya, yaitu pada saat melakukan perekatan maka cobalah untuk menempelkan karet pada sela-sela perekatan tersebut. Apa guna dari karet ini? Karet jika terkena panas dan lem maka akan lebih rekat dibanding tidak menggunakan karet. Inilah yang saya dahulu pernah gunakan dan faktanya, kacamata bisa bertahan dalam beberapa hari sekitar 1 Mingguan. Fantastis!

Pake Metode Daplok

Sudah kenal belum dengan metode daplok? Metode yang satu ini bagi sebagian orang mungkin sudah banyak yang tahu dan menggunakannya ya. Biasanya nih, metode daplok digunakan pada permainan layang-layang yang mengalami patah tulang. Jika layang-layang tidak bagus pada tulangannya, maka di daplok.

Nah, berawal dari hal ini saya kemudian coba deh menggunakan metode daplok. Sebagai pengguna kacamata, saya sudah terlalu sering ganti frame karena sering ketiduran dan masih menggunakan kacamata. Alhasil rusak dan harus diganti, haduwh gapapa deh. Lanjut ya, dengan menggunakan metode daplok ini memang hasilnya lebih baik. Namun nilai keindahan jadi kurang bagus, dan mungkin namanya juga alternatif pasti saat digunakan nantinya jadi kurang baik.

Pada metode daplok yang akan digunakan ini membutuhkan beberapa bahan. Yang utamanya yaitu plastik sedikit keras seperti bekas simcard kemudian lem G. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama, pastikan anda sudah ada bahan-bahan yang dibutuhkan tersebut
  • Lepaskan lensa kacamata dari frame
  • Kemudian, lakukan daplokan dengan menyesuaikan ukuran dari kacamata tersebut
  • Daplok pada bagian depan terlebih dahulu di yang terdapat retak
  • Jika sudah, maka daplok juga pada bagian belakang dari frame yang rusak
  • Tunggu beberapa saat sampai lem G pada proses daplokan tersebut merekat
  • Jika sudah dipastikan kuat, pasang lensa kacamata pada frame
  • Kacamata siap untuk digunakan

Apakah metode daplok ini baik dan kuat digunakan? Soal kualitas dan kerekatan, jelas daplok in ilebih rekat dibandingkan yang atas. Namun, jika anda mementingkan estetika maka kurang baik jika  menerapkan metode ini. Karena apa? Karena akan sangat terlihat dan mungkin bisa menganggu penglihatan dari orang lain kepada anda.

Ganti Ganggang Dengan Sedotan

Ganggang kacamata rusak? Atasi segera dengan menggunakan sedotan. Terkesan konyol ya? Tapi, mau gimana lagi saat kondisi sedang darurat dan mungkin anda lebih baik menggunakan kacamata meskipun bentuknya aneh. Manfaatkan sedotan untuk mengganti gangang kacamata yang rusak tersebut. Sebenarnya, bukan saya yang melakukan hal ini. Namun, ada seseorang yang membuat hal ini menjadi kenyataan.

Sayangnya, saya lupa akun facebook dari orang tersebut. Namun ide yang digunakan menurut saya sangat cemerlang. Dia bercerita, bahwa saat ingin menaiki kereta tiba-tiba ganggang yang dipakai patah setengahnya. Saat itu, dia berpikir jika tidak menggunakan kacamata tentu akan kebingungan.
Jadi, dia berputar otak dan memilih untuk menggunakan sedotan dari botol minuman ait putih gelas dan dimasukan begitu saja.

Kemudian, untuk merekatkannya menggunakan korek yang dibakarkan. Ajaib, ternyata cukup baik untuk digunakan secara sementara. Bahkan, dia bercerita bahwa saat itu akan mengisi sebuah seminar dan tentunya menggunakan kacamata dengan ganggang sedotan tersebut. Tanpa ragu-ragu dan PD, beliau juga menyampaikannya pada seminar tersebut apa yang telah di alaminya.

 Menurut saya, ini adalah salah satu hal yang sangat luar biasa. Beliau bisa percaya diri begitu cepat dan bisa tampil baik di seminar dengan ganggang sedotan. Begitupula dengan anda yang mungkin saat ini sedang bingung ingin mengganti ganggangnya namun tidak memiliki uang. Tidak ada salahnya untuk sementara menggunakan alternatif ini. Bahkan, bisa untuk bercerita nantinya. So, jangan malu ya!

Nah, itulah bagaimana cara untuk memperbaiki frame kacamata yang rusak. Bagaimana, tidak sulit bukan? Bahkan, dengan harga yang sedikit ternyata sudah bisa memperbaiki frame untuk digunakan sementara. Ingat! Sementara ya bukan untuk selamannya. Karena, ada baiknya jika sudah memiliki uang lebih untuk dilakukan pergantian. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment