Cara Menarik Kembali Uang Yang Telah Ditransfer

Cara menarik kembali uang yang telah ditransfer mungkin sedang anda butuhkan saat ini. Kemudahan dalam melakukan transfer terkadang memberikan permasalahan tersendiri. Salah satunya karena uang yang telah di transfer akan sulit untuk dilakukan pengembalian. Harus ada alasan yang jelas mengapa uang tersebut dikembalikan.

Cara Menarik Kembali Uang Yang Telah Ditransfer

Tidak semudah itu untuk melakukan klaim pengembalian dana. Harus ada kejelasan uang yang ditransfer tersebut, serta ada beberapa syarat dan ketentuannya tidak bisa sembarangan. Ingin tahu bagaimana cara menarik kembali uang yang telah ditransfer? Simak ulasannya secara lengkap ada pada artikel ini.

Syarat Dan Ketentuan Pengembalian Uang

Tentunya anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai syarat dan ketentuan dalam pengembalian uang ini antara lain:

  • Pihak penerima uang bersedia mengembalikan
  • Uang belum ditarik dari bank
  • Memilki bukti transfer
  • Data diri verifikasi sesuai

Cara Menarik Kembali Uang Yang Telah Ditransfer

Ada cara yang perlu dilakukan untuk bisa menarik kembali uang yang telah di transfer tersebut. Berikut ini caranya:

Jangan Panik

Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu tidak perlu panik dengan apa yang terjadi. Memang hal seperti ini jelas sangat membuat pikiran stress dan lemas. Tetapi justru yang paling pertama anda jangan panik. Karena jika panik nantinya akan membuat banyak hal yang dilakukan menjadi tidak jelas. Bahkan mood menjadi berubah dan marah-marah tidak jelas. Tetap santai karena permasalahan ini masih bisa dihadapi.

Hubungi Custromer Service Bank Penyedia

Langkah yang berikutnya kamu bisa menghubungi customer service bank penyedia. Pihak bank pengirim yang anda gunakan harus mengetahui bahwa anda melakukan salah transfer dan berharap untuk dikembalikan. Nantinya pihak bank hanya sebagai perantara saja, bukan pihak yang mengharuskan pengembalian.

Melainkan dari pihak penerima akan dikonfirmasi terlebih dahulu apakah penerima bersedia untuk melakukan pengembalian. Jika bersedia, maka pihak bank akan bekerjasama dengan bank yang penerima untuk melakukan penarikan secara langsung pada atm. Jadi harus ada persetujuan terlebih dahulu dari pihak penerima untuk melakukan pengembalian. Jika dari pihak penerima tidak bersedia melakukan pengembalian, bisa jadi anda terkena penipuan transfer online.

Siapkan Data Diri dan Bukti

Selanjutnya anda diharuskan untuk menyiapkan data diri sesuai dengan akun bank pengirimnya. Data diri akan diverifikasi terlebih dahulu oleh pihak bank sudah sesuai atau belum. Kemudian anda harus menyerahkan bukti untuk melakukan transaksi yang akan dilakukan pengembalian tersebut. Data tersebut harus benar dan bukan palsu serta masih dalam masa transaksi yang tidak lama.

Verifikasi Data

Semua data yang diperlukan oleh pihak bank sudah dikumpulkan menjadi satu. Selanjutnya akan dilakukan verifikasi terlebih dahulu dari pihak bank mengenai data anda. Jika data yang dibutuhkan tersebut sesuai dan pihak penerima bersedia melakukan pengembalian maka akan dilakukan pengembalian dana. Pihak bank sebagai perantara akan membantu nasabahnya yang bermasalah, hanya saja tugasnya bukan wajib mengembalikan karena permasalahan ini kelalaian dari pengguna.

Pengembalian Uang

Proses pengembalian uang dilakukan dengan rentang waktu 1 sampai dengan 2 minggu bergantung dengan pihak bank penerima uangnya. Karena itu diharapkan anda untuk tetap bersabar dan menunggu sampai uang tersebut masuk kembali pada rekening anda. Anda bisa menghubungi customer service kembali setelah lebih dari 2 minggu setelah kepastian pengembalian uang diberikan namun belum masuk juga. Umumnya prosesnya berjalan hanya dalam 2 minggu hari kerja saja.

Itu dia pembahasan mengenai cara menarik kembali uang yang telah ditransfer. Sekarang anda sudah mengetahui syarat, ketentuan serta bagaimana caranya ya. Memang tidak mudah untuk melakukan hal tersebut, tetapi tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba cara tersebut. Jika anda memiliki pertanyaan, silahkan dapat disampaikan langsung pada kolom komentar. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment