Cara Mengatasi Can’t Connect To The Camera

Cara mengatasi can’t connect to the camera tentu masih bisa dilakukan. Banyak para pengguna smartphone yang mungkin masih menggunakan hp lawas. Terkadang, permasalahan yang muncul yaitu berkaitan dengan kamera yang error. Hal ini bisa saja terjadi dan memang sering terjadi dengan begitu saja. Penyebabnya tentu sangat beragam, bermacam faktor bisa menyebabkan kamera menjadi tidak bisa dibuka.

cara mengatasi can't connect to the camera

Jangan panik saat terjadi camera yang tidak connect, anda hanya perlu melakukan beberapa cara khusus saja. Yang terpenting anda bahkan bisa melakukannya sendiri dirumah. Hal ini bisa dilakukan dan anda coba sebagai langkah awal dan percobaan untuk bisa menyelesaikan permasalahan tersebut. Lebih jelasnya, silahkan baca artikel ini secara lengkap dan teliti ya.

Cara Mengatasi Can’t Connect To The Camera

Kamera smartphone yang error masih bisa diatas dengan melakukan beberapa cara tertentu. Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain:

Restart Smartphone

Cara pertama yang bisa anda lakukan dengan mudah yaitu dengan restart smartphone. Apakah hal ini pantas untuk dicoba? Jelas, berbagi pengalaman berdasarkan apa yang saya rasakan sendiri. Saat ini saya menggunakan smartphone samsung note 3 yang sudah sangat jadul dan sudah custom room. Ternyata di custom room tersebut terdapat bug yang menyebabkan camera can’t connect.

Kemudian apa yang saya lakukan? Yaitu dengan melakukan restart smartphone. Karena terkadang saya membutuhkan camera untuk login web whatsapp dan sering sekali posisi camera error tidak mau connect. Maka solusi tercepat yang dilakukan yaitu dengan restart smartphone dan aplikasi camera langsung bisa berjalan kembali dengan baik. Nah, anda bisa juga mencoba cara ini siapa tahu berhasil!

Paksa Berhenti Aplikasi Camera

Cara selanjutnya yang bisa dicoba yaitu dengan memaksa berhenti aplikasi camera. Tidak dapat di pungkiri jika aplikasi camera terkadang juga terjadi crash dan tidak bisa berjalan dengan baik. Saat kondisi aplikasi camera error, maka hal termudah yang bisa anda lakukan dengan memberhentikannya secara langsung.

Setidaknya dengan memberhentikan kamera maka akan menghilangkan kinerja dari camera tersebut. Kemudian anda bisa mencoba untuk menjalankan kamera kembali dan mendapatkan hasil yang maksimal. Cara ini sudah dicoba oleh beberapa pengguna dan berhasil untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Hapus Data Camera

Langkah berikutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan menghapus data camera. Apakah hal ini membantu? Jelas cukup membantu. Data yang terlalu banyak di aplikasi memungkinkan untuk membuat kamera menjadi crash karena penuh. Untuk itu ada baiknya anda bisa menghapus data camera tersebut. Bagaimana caranya?

  • Pertama masuk ke bagian pengaturan
  • Klik pada manager aplikasi
  • Kemudian pilih “ Camera”
  • Kemudian klik pada “data”
  • Hapus data
  • Coba untuk membuka kamera

Install Aplikasi Kamera Lain

Aplikasi camera yang diberikan secara langsung dan original terkadang bisa saja tidak compatible dan menyebabkan camera tidak bisa dibuka. Cobalah untuuk mmenginstall aplikasi kamera yang lainnya. Saya merekomendasikan untuk menggunakan Google Camera atau biasa disingkat dengan Gcam dengan versi yang disesuaikan pada ponsel masing-masing.

Gcam sudah sangat dikenal dalam dunia fotografi sebagai aplikasi yang mumpuni untuk melakukan bidikan kamera secara jelas. Oleh karena itu, ada baiknya bagi anda untuk bisa mencoba menginstall aplikasi kamera ini. Kemudian nantinya silahkan anda buka aplikasi apakah sudah bisa berjalan dengan baik?

Hardware Yang Bermasalah

Semua cara diatas sudah dicoba tetapi masih tidak bisa membuka camera? Fix! Permasalahannya ada pada hardwarenya. Hardware yang bermasalah akan sangat susah untuk diperbaiki secara sendiri. Membutuhkan seseorang yang memang paham mengenai handphone untuk bisa memperbaiki kamera sesuai dengan modul dan versinya.

Cobalah untuk membawa hp anda ke tukang service yang sudah berpengalaman. Untuk smartphone jenis lama biasanya biaya yang dikeluarkan tidak terlalu banyak. Namun untuk anda yang memiliki smartphone tipe baru akan lebih susah untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Oh ya, jika smartphone anda masih dalam masa garansi maka silahkan langsung menuju ke service center saja  untuk segera dilakukan pemeriksaannya.

Bagaimana, sekarang anda sudah tahu ya cara mengatasi can’t connect to the camera. Dengan mencoba beberapa cara diatas, siapa tahu permasalahan smartphone bisa diselesaikan. Beberapa pengguna menggunakan cara diatas dan ternyata berhasil menyelesaikan permasalahannya. Jika anda memiliki saran lain untuk mengatasi permasalahan ini, silahkan sampaikan di kolom komentar!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *