Strategi Melunasi Hutang

Strategi melunasi hutang sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Kita semua tahu, bahwa dalam menjalani kehidupan ini pasti memang sangat keras. Hanya orang malas, yang berpikiran bahwa untuk menjalani kehidupan ini cukup bersantai dan menerima keadaan saja. Padahal, orang paling kaya sekalipun masih tetap kerja keras untuk menjalani kehidupannya.

strategii melunasi hutang

Tidak jarang, roda perekonomian menuntut kita untuk menggunakan pinjaman. Padahal, ini salah satu hal yang sangat tidak diinginkan oleh semua orang. Sekarang, uang sudah digunakan dan butuh cara bagaimana untuk melunasinya. Agar bisa melunasi dengan tepat, maka anda bisa menggunakan strategi melunasi hutang.

Beberapa Strategi Melunasi Hutang

Ada beberapa strategi yang dapat digunakan untuk melunasi hutang anda. Berikut ini beberapa strateginya:

Strategi Bola Salju

Sudah kenal belum dengan strategi yang satu ini? Untuk melunasi hutang, terkadang bisa sepertinya halnya membuat bola salju. Membuat bola salju harus dilakukan dengan bulatan yang kecil terlebih dahulu, barulah nanti dibuat bola salju yang besar. Sama halnya dengan membayar hutang, maka bisa dilakukan dengan membuat bola salju terlebih dahulu.

Sekarang, buat list hutang yang anda miliki dan urutkan dari yang terkecil sampai yang terbesar. Jika sudah, maka buat strategi untuk melakukan pembayarannya. Dalam melakukan pembayaran hutang, memang ada yang harus dikorbankan. Sebagai contoh, mungkin anda yang biasa hidup mewah sekarang mulai untuk meninggalkan kebiasan tersebut. Tidak masalah, bayar hutang dari yang terkecil kemudian menuju yang terbesar. Cara ini cukup aman untuk membuat mental anda tidak terlalu down.

Strategi Tanah Longsor

Jawab dengan jujur, berapa total hutang yang anda miliki? Apakah diantara hutang tersebut ada yang memiliki bunga begitu besar? Jika ya, maka cobalah untuk menggunakan strategi tanah longor. Maksud dan tujuan dari strategi ini yaitu untuk melakukan pembayaran hutang pada bunga yang paling tinggi terlebih dahulu.

Semua orang tahu, bahwa setiap pinjaman pasti memiliki konsekuensi salah satunya yaitu bunga sangat tidak. Jika anda tidak melakukan pembayaran, justru bunga tersebut akan semakin tinggi lagi. Untuk itu, mulailah dengan melakukan pembayaran dengan menggunakan strategi melunasi hutang ini. Cara ini merupakan yang paling cerdas, meskipun anda akan keteteran pada awal mulanya!

Strategi Banjir Bandang

Pernah liat bagaimana banjir bandang datang? Semua daerah akan terkena secara rata. Inilah strategi yang digunakan oleh banyak orang. Yaitu dengan cara membayar semua hutang secara rata. Sebagai contoh, jika anda memiliki hutang pada 5 orang dengan nominal yang berbeda-beda.

Maka, lakukan pembayaran dengan nominal yang sama pada semua hutang tersebut. Contohnya, lakukan pembayaran Rp. 300 Ribu setiap bulannya pada 5 orang tersebut. Memang, pasti ada saja yang tidak terima tapi kan anda sudah memiliki niat untuk membayar. Saya pastikan, orang tersebut tetap akan menerima pembayaran yang telah anda lakukan. Strategi ini sudah cukup jitu jika anda memang ingin cepat melunasi semua hutang.

Strategi Tsunami

Strategi tsunami mungkin sangat tidak direkomendasikan, kecuali memang anda sudah muak dengan yang namanya hutang. Hutang memang tidak boleh dibiarkan begitu saja, tetapi ada saja yang membuat malas untuk membahas mengenai hutang. Strategi ini memiliki maksud untuk membayarkan semua hutangnya dengan mengorbankan salah satu harta.

Maksudnya, jika anda mendapatkan warisan maka cobalah untuk melakukan pembayaran hutang saja. Dibandingkan untuk berputar uang tersebut, belum tentu mendapatkan keuntungan. Atau, jika anda memiliki mobil maupun rumah yang nantinya akan dijual untuk melakukan pembayaran tersebut. Yang terpenting, anda harus kuat jika menggunakan strategi tsunami ini.

Kenapa Jangan Gali Lobang Tutup Lobang?

Sangat tidak disarankan bagi anda yang ingin melakukan pembayaran hutang menggunakan cara gali lobang tutup lobang. Ini sama saja menghancurkan kembali strategi yang telah anda susun diatas. Karena, strategi diatas sangat tidak bisa dipadukan dengan cara apapun. Biarkan anda fokus pada satu strategi untuk bisa menyelesaikan hutang.

Jangan sampai, anda memiliki pikiran bahwa untuk menyelesaikan hutangn harus mengali lobang lagi. Lebih baik, lakukan fokus utama terlebih dahulu dan mulai jauhkan diri dari hal-hal yang dapat mempengaruhi untuk melakukan pembayaran tersebut. Percayalah, bahwa anda bisa untuk melakukan itu dan menyelesaikan hutang meskipun terasa berat!

Kenapa Jangan Menggunakan Pinjaman Online Untuk Melunasi Hutang?

Beberapa orang bercerita, bahwa dirinya ingin melakukan pinjaman online dengan nominal yang besar untuk bisa menyelesaikan hutang yang ada. Bukan main, dirinya mencari pinjaman online dengan nominal Rp. 50 Juta. Edan kan? Saya hanya bisa berpesan, sebaiknya untuk menutup hutang jangan gali lobang apalagi pinjaman online.

Karena, pinjaman online jauh lebih banyak keburukannya dibandingkan dengan kebaikannya. Belum lagi suku bunga yang sangat meresahkan. Jadi, lebih baik untuk tidak menggunakan pinjaman online dalam melakukan pembayaran hutang. Usahakan dengan bekerja keras secara  terus menerus untuk bisa membayar!

Strategi melunasi hutang yang telah dibahas diatas telah digunakan oleh banyak orang untuk melakukan pembayaran atas tagihannya. Terkadang, memang semuanya tidak bisa berjalan sesuai rencananya. Setidaknya, dengan menggunakan strategi tersebut kita semua akan menjadi paham dan memiliki planning bagaimana kedepannya akan diselesaikan hutang-hutang tersebut. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment