Cara Berbisnis Ibu Rumah Tangga

Cara berbisnis ibu rumah tangga mungkin sedang bunda cari saat ini. Berbinis merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk memanfaatkan waktu luang bagi para ibu. Selain mendapatkan uang dari suami, ibu juga pasti ingin mendapatkan uang melalui kemandirian. Bagaimana caranya? Salah satnya dengan menjalankan bisnis meskipun hanya dari rumah saja.

cara berbisnis ibu rumah tangga
Gambar oleh mohmadnady dari Pixabay

Apakah bisa menjalankan bisnis dari rumah? Tentu saja bisa, apa hal yang tidak bisa dilakukan di era modern sekarang ini. Apalagi untuk para ibu rumah tangga yang sudah memiliki smartphone dan koneksi internet, ada semua hal yang bisa untuk dilakukan untuk mendapatkan penghasilan jutaan rupiah setiap bulannya.

Beberapa Cara Berbisnis Ibu Rumah Tangga

Ada beberapa cara yang perlu dilakuakn untuk membuat bisnis agar lebih berjalan maksimal. Ini dia beberapa caranya:

Manfaatkan Waktu Luang

Sebagai ibu rumah tangga tentunya terkadang ada waktu luang yang ingin dimanfaatkan. Untuk para ibu rumah tangga yang ingin menjalankan bisnis, waktu luang tersebut yang seharusnya bisa dimanfaatkan. Jangan sampai, waktu luang hanya habis untuk mengobrol saja tanpa melakukan hal apapun.

Meskipun waktu luang hanya 1-5 jam saja, sangat bisa dimanfaatkan untuk memperoleh penghasilan. Banyak sekali ibu-ibu rumah tangga diluaran sana yang berhasil mendapatkan pundi-pundi rupiah hanya dengan memanfaatkan waktu tersebut. Sekarang, saatnya anda untuk bisa memulainya!

Selalu Semangat Berbisnis

Tidak dapat dipungkiri lagi, jika semangat merupakan salah satu cara untuk menjalankan bisnis  yang baik. Karena dengan semangat yang sungguh-sungguh, bisnis akan terasa lebih mudah. Jangan anggap sepele masalah semangat ini. Sejatinya, hal-hal yang dilakukan tanpa ada rasa semangat tentu akan sangat membosankan.

Okelah, mungkin anda saat ini masih semangat dalam menjalankan bisnis meskipun belum balik modal. Tetapi cobalah untuk menunggu sampai beberapa bulan dan anggap saja usaha anda minus. Saya yakin, pasti para bunda akan luntur rasa semangatnya. Untuk itu selalu semangat dalam kondisi apapun bisnis sedang berjalan!

Pintar Manage Waktu

Para ibu rumah tangga yang ingin menjalankan bisnis maka diharuskan untuk pintar dalam management waktu. Mengapa hal ini diperlukan? Sebagai contoh saja, seorang ibu rumah tangga pasti diharuskan untuk mengurusi pekerjaan rumah termasuk dengan suami dan anak. Dimana bisa waktunya digunakan untuk menjalankan bisnis.

Inilah pentingnya pintar dalam manage waktu, dengan manage waktu yang baik maka bunda akan paham mengenai kapan waktu yang tepat untuk memulainya. Termasuk, dalam kondisi sesibuk apapun jangan pernah untuk melupakan keluarga. Sejatinya keluarga merupakan nomor satu!

Jangan Terlalu Stress

Bisnis sudah berjalan tetapi masih belum menguntungkan hal inilah dapat memicu stress pada pemilik usaha termasuk dengan ibu rumah tangga yang menjalankannya. Faktanya usaha yang berjalan memang tidak selalu mendapatkan keuntungan. Selalu ada siklus dimana terkadang memperoleh banyak keuntungan, tetapi kadang juga bisa minus untuk keuntungannya.

Pesan saya untuk para ibu rumah tangga yaitu jangan sampai stress karena bisnis. Karena jika stress pada bisnis dapat berpengaruh pada hal-hal yang lainnya. Contoh saja saat bunda stress pasti malas untuk melakukan pekerjaan kan. Serta hal-hal lainnya tentu akan berpengaruh dan membuat keluarga menjadi tidak harmonis. Selalu niatkan bisnis untuk ibadah dan tetap keluarga menjadi yang paling utama.

Utamakan Pekerjaan Rumah

Penting! Peringatan untuk para ibu rumah tangga yang ingin menjalankan bisnis, bahwa yang paling utama tetap pekerjaan rumah. Jangan sampai ada alasan kepada suami bahwa “ Saya kan sedang menjalankan bisnis, seharusnya suami ikut memperhatikan rumah.”. Eits,, jangan sampai bunda-bunda seperti ini ya.

Sebanyak apapun uang yang dihasilkan dari bisnis tersebut, untuk apa jika keluarga tidak harmonis? Egois bund namanya. Ingat lagi jika memang sudah memiliki buah hati apa iya ingin di tinggalkan begitu saja. Lebih baik, hal yang paling utama yaitu tetap pekerjaan rumah. Setelah itu barulah boleh untuk mengerjakan bisnis lainnya.

Bentuk Team

Tips berbisnis bagi para ibu rumah tangga yaitu membentuk team. Terkesan sepele, padahal ini sangat penting loh bund! Khususnya untuk para ibu rumah tangga yang memang ingin menjalankan bisnis dengan skala menengah keatas dan membutuhkan tenaga yang banyak. Maka sangat diperlukan team agar bisnis bisa berjalan dengan baik.

Bisnis dengan adanya team maka akan semakin kokoh, kuat dan tahan lama hehehe seperti iklan semen. Tapi memang begitu adanya, karena bisnis menengah keatas membutuhkan banyak saran dan masukan dari banyak orang. Dengan adanya hal seperti itu, maka dijamin bisnis akan tetap berjalan.

Rekomendasi Bisnis Ibu Rumah Tangga

Setelah anda mengetahui cara untuk berbisnis yang benar, selanjuntya anda harus paham bagaimana memulai bisnis ibu rumah tangga. Ini dia beberapa pilihannya:

Menjadi Freelance

Pilihan bisnis ibu rumah tangga yang pertama yaitu dengan menjadi freelance. Pekerjaan freelance memungkin para ibu rumah tangga untuk lebih mudah dalam melakukan pengaturan waktunya. Tidak ada keharusan bagi ibu rumah tanga untuk mengerjakan pekerjaanya sesuai pada waktunya.

Pekerjaan freelance memungkinkan untuk bisa dikerjakan kapanpun dan dimanapun selama sesuai pada deadlinenya. Ada banyak sekali pilihan pekerjaan freelance, seperti menjadi penulis artikel, blogger, youtuber, translator, dubbing dan yang lainnya. Tertarik ingin memulai menjadi freelance?

Bisnis Tanaman Hias

Di era sekarang ini, bisnis tanaman hias nampaknya sedang naik daun ya. Ibu rumah tangga banyak sekali yang mencari berbagai tanaman hias untuuk kemudian ditawarkan kembali kepada orang-orang yang sedang mencarinya. Ayo, segera manfaatkan peluang terbaik ini untuk mendapatkan penghasilan yang banyak.

Untuk memulai bisnis tanaman hias tidak membutuhkan modal yang banyak. Bahkan, hanya diperlukan modal untuk melakuakn marketing dengan tepat. Keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis ini juga cukup lumayan loh. Contoh, tanaman hias janda bolong berapa harganya sekarang? Sampai Rp. 10 Juta loh, keren banget kan!

Dropship

Ini nih salah satu bisnis yang juga tidak kalah menarik yaitu dengan menjadi drosphip. Bisnis dropship saat ini sedang naik daun dan mudah untuk dilakukan oleh banyak kalangan. Begitu juga dengan para ibu rumah tangga yang akan memperoleh kemudahan saat menjalankan bisnis ini.

Bagaimana tidak, cara kerja bisnis ini yaitu dengan melakukan marketing terlebih dahulu tanpa membelinya. Kemudian, nantinya dari pihak pembeli akan melakukan transfer kepada anda dan barulah disitu anda melakukan pembayran untuk membeli produk dan mengirimkannya kepada orang tersebut. Keuntungannya? Ilahkan anda tentukan sendiri!

Reseller

Banyak dari orang-orang yang sudah memulai usaha reseller ini. Dengan menjadi reseller, justru banyak orang yang menjadi sukses. Reseller mungkin dianggap sepele bagi banyak orang. Faktanya justru keuntungan yang bisa didapatkan dari menjadi reseller ini cukup banyak loh.

Contoh saja, untuk menjadi reseller make up atau skincare biasanya diharuskan untuk membeli beberapa produk. Selanjutnya, produk tersebut bisa dijual dengan harga yang murah untuk bisa mendapatkan keuntungan. Keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis ini cukup bervariasi, namun bisa sangat banyak jika ibu semangat!

Bisnis Kerajinan Tangan

Home made merupakan istilah dimana kerajinan tangan tersebut dibuat secara manual langsung dari ahlinya. Orang-orang yang membuat kerajinan biasanya para ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu luang dan tetap ingin mendapatkan penghasilan. Banyak sekali kerajinan tangan yang isa dibuat secara manual.

Seperti bros, kain songket, batik dan yang lainnya. Semua kerajinan tangan selama itu masih berskala tidak terlalu besar maka bisa dikerjakan oleh para ibu rumah tangga. Yang terpenting dalam menjalankan bisnis kerajinan tangan yaitu koordinasi, agar hasilnya tetap maksimal dan berkualitas. Karena hasil berkualitas akan berpengaruh pada penjualan nantinya.

Cara berbisnis ibu rumah tangga memang harus anda ketahui secara lengkap. Jangan sampai, sebagai ibu rumah tangga tidak paham cara berbisnis yang benar dan justru menghilangkan waktu luang secara sia-sia. Jika bunda ada pertanyaan, silahkan tanyakan langsung dibawah ini ya. Semoga bermanfaat!

1 thought on “Cara Berbisnis Ibu Rumah Tangga”

Leave a Comment