Cara Daftar Kartu Prakerja Lengkap, Ternyata Sangat Mudah!

cara daftar kartu prakerja bisa dilakukan begitu mudah. Mendengar “kartu prakerja”, ya tentunya anda sudah mengenal program ini bukan begitu? Program kartu prakerja digagas langsung oleh presiden Joko Widodo untuk membantu mengembangkan soft skill. Sebelum terjadinya pandemi covid saat ini, program ini dikhususkan untuk masyaraat pengangguran yang bisa mendapatkan skill tambahan.

Namun, setelah terjadinya pandemik covid-19 maka prakerja juga bisa didaftar oleh mereka yang terkena PHK. Mengapa demikian? Tujuan dari adanya layanan kartu prakerja tentu untuk membantu memberiakn skill tambahan. Mungkin, banyak masyarakat yang berpikir bahwa nantinya akan mendapatkan uang tambahan. Memang benar, hanya saja dalam bentuk non tunai dan khusus untuk pembelian paket di platform yang ditunjuk oleh pemerintah.

Banyak sekali masyarakat yang tertarik ingin mengetahui bagaimana proses mendaftar kartu prakerja ini. Nah, untuk anda yang mungkin tertarik ingin mengetahui lebih lengkapnya. Maka akan kami ulas secara lengkap pada artikel ini. Jadi, simak dengan lengkap dan teliti ya.

Cara Daftar kartu Prakerja Lengkap

Untuk melakukan pendaftaran kartu prakerja, anda perlu melakukan beberapa langkah. Berikut langkah yang harus dilakukan:

Pastikan Syarat Terpenuhi

Memulai pendaftaran kartu prakerja, membutuhkan beberapa syarat yang harus dipenuhi. Berikut ini beberapa syaratnya antara lain:

  • Harus berusia minimal 18 tahun
  • Warga Negara Indonesia
  • Sedang tidak menempuh pendidikan formal

Jika anda memenuhi syarat diatas, maka bisa melanjutkan proses pendaftaran kartu prakerja. Maka bisa melanjutkan ke langkah yang selanjutnya

Kunjungi Situs Prakerja.go.id

cara daftar kartu prakerja

Pemerintah menyiapkan situs untuk membantu dalam proses pendaftaran kartu prakerja. Dengan adanya situs ini, sekarang menjadi lebih mudah untuk pendaftarannya. Terlebih, di tengah sosial distancing yang sedang berjalan saat ini. Langkah pertama, anda perlu mengunjungi situs prakerja.go.id.

Pastikan anda memiliki koneksi internet yang baik, karena situs ini cukup berat dan mungkin membutuhkan loading yang cukup lama. Jadi, harap bersabar karena bukan hanya anda saja yang melakukan pendaftaran di situs.

Klik Daftar

cara daftar kartu prakerja

Selanjutnya, anda bisa klik pada tulisan Daftar. Maka akan dialihkan pada halaman untuk proses pendaftaranya. Dihalaman pendaftaran ini, terdapat form yang harus dilakukan pengisian. Seperti alamat email aktif, password dengan lengkap. Jika sudah, maka klik pada daftar.

Kemudian, anda diharuskan untuk melakukan verifikasi email. Buka kotak masuk dari email yang telah di daftarkan. Terdapat pesan masuk berupa verfikasi akun, klik linknya dan akun anda sudah aktif.

Mengisi Kelengkapan Data Diri

cara daftar kartu prakerja

Pada tahapan ini, anda diharuskan untuk melakukan pengisian mengenai data diri. Seperti nama lengkap, asal daerah, dan lainnya. Semua data diri harus dilakukan pengisian dengna benar dan tepat sesuai pada KTP. Jangan salah dalam mengisi.

Selain itu, anda juga diharuskan untuk melakukan upload KTP dan foto selfie bersama KTP. Biasanya, dalam tahapan ini banyak yang gagal. Perhatikan, bahwa size foto tidak lebih dari 5 MB. Anda bisa menggunakan situs compress image untuk bisa mendapatkan ukuran foto yang lebih kecil. Atau, foto menggunakan kamera whatsapp agar ukurannya kecil.

cara daftar kartu prakerja dengan Verifikasi Nomor Telephone

cara daftar kartu prakerja selanjutnya, anda diharuskan untuk melakukan verifikasi nomor telephone. Caranya sangat mudah, cukup dengan memasukan nomor telepone yang anda gunakan. Setelah itu, akan menerima kode OTP. Kemudian, masukan kode tersebut pada kolom yang tersedia dan akan diarahkan ke halaman selanjuntya.

Mengikuti Tes Motivasi Dan Kemampuan Dasar

cara daftar kartu prakerja

Tahapan selanjutnya, peserta diharuskan untuk mengikuti tes motiviasi dan kemampuan dasar. Pada tes ini, berisikan 18 soal yang harus diselesaikan dalam 25 menit. Soalnya tidak terlalu sulit dan cenderung sangat mendasar. Seperti matematika dasar, penjumlahan,pembagian,pengurangan dan lainnya.

Sebagai contoh, seperti pada gambar diatas tesnya dilakukan berupa pilihan ganda. Peserta bisa memilih jawaban kemudian melakukan klik ke nomor selanjutnya. Lakukan semua pengisian test tersebut sampai dengan selesai. Setidaknya, jika anda memang fokus maka test bisa selesai dalam waktu 10 menit saja.

Pemilihan Gelombang

Nah, pada tahapan ini seharusnya melakukan pemilihan gelombang sesuai daerahnya masing-masing. Sayangnya, disini saya melakukan pendaftaran tidak sesuai apda gelombang yang berlangsung. Jadi, tidak ada pemilihan gelombang untuk saya. Tapi, berdasarkan foto yang saya ambil dari situs prakerja untuk proses pemilihan gelombang hanya klik gabung saja.

Lolos Dan Tidak Lolos

Terakhir, nantinya dari pihak penyelenggara pra kerja akan memberikan informasi mengenai lolos atau tidaknya anda dalam program prakerja ini. Jika lolos, maka akan diberikan email berupa informasi bahwa peserta dinyatakan lolos. Sebaliknya, jika tidak maka akan diberikan informasi tidak lolos. cara daftar kartu prakerja sangat mudah ya!

Dimana Program Pembelajaran Bisa Dipilih?

Pertanyaaan ini lantas muncul, setelah menapatkan kartu prakerja sah maka dimana akan bisa melakukan pembelajaran. Banyak orang yang paham bahwa kartu prakerja hanya bisa digunakan di Skill Academy saja. Padahal tidak demikian, melainkan cukup banyak pilihan yang bisa dipilih dalam meningkatkan skill.

Seperti di tokopedia, maubelajarapa,bukalapak,pintaria,sekolahmu,kemnaker,pijarmahir. Semuanya bisa dipilih sesuai engan kebutuhan sendiri-sendiri. Jadi, disini bisa mendapatkan skill sesuai yang diinginkan. Tentu akan sangat membantu bukan? Kita semua paham, bahwa persaingan pekerjaan nantinya saat pandemik ini selesai akan semakin berat.

Sudah pasti, peminat pekerja akan lebih banyak dibanding yang membuka pekerjaan. Untuk itu, dengan adanya dari skill ini harapannya bisa membantu untuk mendapatkan kemudahan dalam pendafatran erja nantinya. Bahkan, lebih diharapkan untuk bisa membuka lapangana pekerjaan bagi orang lain.

Beberapa Pertanyaan Terkait Dengan Kartu Pra Kerja

Siapa saja yang bisa mendapatkan insentif?

Insentif hanya diberikan kepada pemegang Kartu Prakerja yang sah yang telah menyelesaikan pelatihan pertama.

Apa saja insentif dan berapa jumlah nya?

Insentif, yang terdiri dari 2:

  1. Insentif Pelatihan

yang besarannya untuk anggaran tahun 2020 adalah Rp. 600.000,- / bulan (selama 4 bulan)

  • 2. Insentif Survei Keberkerjaan

yang besarannya untuk anggaran tahun 2020 adalah Rp. 50.000/survei (akan ada 3 survei)

Kapan saya bisa mendapatkan insentif?

Jika kamu lolos menjadi penerima Kartu Prakerja, kamu akan menerima insentif Pelatihan jika:

Telah menyelesaikan Pelatihan

Dalam hal penerima Kartu Prakerja mengikuti lebih dari satu pelatihan, Insentif Pelatihan hanya diberikan pada saat penyelesaian pelatihan yang pertama. Tidak ada insentif untuk pelatihan kedua dst.

Telah memberikan ulasan terhadap Lembaga Pelatihan; dan

Telah memberikan penilaian Lembaga Pelatihan

Untuk insentif Survey, di terima jika penerima Kartu Prakerja telah mengisi survey di akun www.prakerja.go.id untuk mengetahui evaluasi efektivitas Program Kartu Prakerja.

Apakah saya bisa mendapatkan insentif jika belum mendapatkan persetujuan Kartu Prakerja?

Tidak, kamu hanya bisa mendapatkan insentif ketika kamu telah menjadi pemegang Kartu Prakerja yang sah dan telah menyelesaikan pelatihan kamu.

Dimana saya bisa cek jumlah insentif yang akan saya terima?

Kamu bisa cek pada akun Dashboard kamu, pastikan kamu cek statusnya secara berkala ya.

Apakah insentif diberikan secara tunai atau non-tunai?

Insentif kamu akan di berikan dengan cara di transfer ke rekening bank kamu atau e-wallet kamu.

Bagaimana saya mendapatkan insentif?

Insentif akan disalurkan melalui rekening e-wallet atau rekening bank kamu yang telah kamu daftarkan di akun kamu di www.prakerja.go.id

Insentif dapat saya gunakan untuk apa saja?

Insentif dapat kamu gunakan untuk apa saja, apakah untuk meringankan biaya yang sudah kamu habiskan ketika pelatihan seperti makan, transport, dan pulsa; atau juga untuk meringankan biaya selama mencari pekerjaan.

Bagaimana, sekarang anda sudah jauh lebih paham bukan mengenai kartu prakerja? Ternyata, untuk proses pendaftarannya tidak sesulit yang dibayangkan oleh banyak orang ya. Sekarang, anda hanya perlu menunggu waktu gelombang selanjutnya hadir dan ikut bergabung. Semoga, apa yang disampaikan bermanfaat.

Oh ya, ditengah pandemi covid-19 ini, anda juga bisa mencoba beberapa usaha yang bisa dikerjakan dirumah. Jika ada pertanyaan, silahkan tuliskan di kolom komentar ya!

8 thoughts on “Cara Daftar Kartu Prakerja Lengkap, Ternyata Sangat Mudah!”

    • Saya seorang sopir truck karena wabah covid 19 ini,muatan sangat sepi jadi gk kerja karna ikut perorangan,mau cari kerja lain susah…..

      Reply
  1. Kenak imbas corona kerja di tutup dn tdk ada gaji buat mkn buat anak dn istri tdk ada

    Reply
  2. Gelombang 2 sudah update, silahkan teman-teman bisa bergabung. Jangan sampai terlambat ya!

    Reply
  3. termksh sy akn coba smg lolos amin

    Reply
  4. Terimakasih banyak atas informsinya, saya sudah mendaftar gelombang 2

    Reply
  5. Tetap semangat semuanya, semoga ini bisa menjadi jalan rejeki bagi kita bersama.

    Reply

Leave a Comment