Cara Hemat Dalam Membelanjakan Uang Jajan

Cara hemat dalam membelanjakan uang jajan mungkin sedang anda cari saat ini. Orang tua kerap kali memberikan kepada anaknya uang jajannya sehari-hari. Anda sebagai seorang anak yang belum bekerja tentunya masih mendapatkan uang dari orang tua. Terkadang ada saja kebutuhan yang ingin dibeli namun masih bingung dalam membelanjakannya. Pikiran untuk tetap hemat selalu muncul, tetapi terkadang masih kalah saja dengan keinginan.

Cara Hemat Dalam Membelanjakan Uang Jajan

Hal ini sebenarnya sangat wajar terjadi, sebagai seorang anak tentunya anda ingin membeli banyak hal. Namun juga harus memahami mengenai beberapa hal yang penting. Uang yang diberikan secara terbatas tersebut harus dikeluarkan dengan baik agar tidak meminta lagi atau habis nantinya. Berhemat bisa menjadi solusi yang paling cocok untuk anda gunakan. Bagaimana cara hemat dalam membelanjakan uang jajan? Simak pembahasannya pada artikel ini.

Cara Hemat Dalam Membelanjakan Uang Jajan

Terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk dapat menghemat belanjaan uang jajan. Berikut ini beberapa caranya:

Jangan Ikuti Trend

Yang pertama harus anda pahami dalam hal penghematan yaitu tidak mengikuti trend. Memang sih terlihat keren saat kita bisa mengikuti sebuah trend. Namun, apakah trend tersebut akan berjalan dalam jangka waktu yang lama? Cobalah anda perhatikan, contoh nih trend bersepeda yang sempat viral. Apakah bertahan lama? Tidak, hanya kurang lebih 3 bulan saja setelah itu hilang entah kemana. Ini maksud dari hal tersebut, lebih baik untuk tidak mengikuti trend yang ada.

Beli Sesuai Kebutuhan

Jika anda ingin berhemat untuk membelanjakan uang jajan, maka harus bisa memahami kebutuhan. Maksudnya, yaitu membeli sesuai dengan kebutuhan anda sendiri. Hal ini jelas harus anda pahami, karena akan menganggu jika nantinya tidak dapat membelanjakan dengan baik. Cobalah dari sekarang untuk membeli sesuai dengan kebutuhan saja. Jangan biarkan ego anda menang atas apa yang sedang anda perjuangkan saat ini. Lawan ego anda dan mulailah buat perubahan!

Buat Catatan Keuangan

Penting! Salah satu yang harus anda lakukan yaitu membuat catatan keuangan. Setidaknya, dengan melakukan hal ini berarti akan mengetahui kemana arah dari jalan uang tersebut. Selama ini, banyak yang tidak sadar bahwa uang jajan habis begitu saja sebelum pada tanggalnya. Padahal justru harusnya uang harus anda lihat arahnya kemana. Ada banyak cara untuk mencatat keuangan, bahkan sekarang sudah tersedia aplikasi yang memudahkan untuk melakukan pencatatan keuangan. Anda bisa mengunduhnya dan menggunakanny ajauh lebih mudah.

Mulai Untuk Berinvestasi

Siapa bilang untuk berinvestasi harus tua terlebih dahulu? Hahaha, pernyataan seperti ini sebaiknya mulai untuk dihindari. Karena sudah seharusnya anda memahami investasi dengan lebih dini. Usia dini bahkan diajari untuk menabung, tujuannya untuk apa? Ya tidak bukan lain untuk bisa memahami juga tentang investasi. Cobalah untuk memulai investasi agar uang jajan tersebut tidak lari ke hal yang tidak berguna. Lebih baik untuk investasi daripada untuk jajan atau keperluan yang tidak penting.

Buat Daftar Belanja Bulanan

Sudahkah anda membuat daftar belanja bulanan? Ini menjadi salah satu yang cukup penting. Karena dengan adanya daftar belanja bulanan memungkinkan untuk mendapatkan informasi pengeluaran lebih detail. Biasanya orang-orang membeli belanja bulanan dengan tidak jelas sesuai keinginan masing-masing saja. Padahal hal seperti ini juga sangat penting agar tahu berapa uang yang dikeluarkan untuk pembelanjaan dan bisa menghemat jika sedang ada diskon atau yang lainnya. Mulai sekarang, buat daftar belanja bulanan ya!

Mulai Berani Katakan “Tidak”

Di masa remaja sudah pasti akan banyak sekali kegiatan yang sebenarnya tidak penting. Mulai dari kongkow bareng teman yang terlalu sering atau hanya sekedar melepas penat bersama teman. Terkadang teman sering sekali mengajak kita tanpa mengetahui kondisi yang sedang dialami. Nah, tidak ada salahnya nih bagi anda untuk mulai berani mengatakan “Tidak” atau menolak ajakan jika memang sedang ingin berhemat. Jangan karena tidak enak, justru membuat anda kejepit nantinya. Jangan ragu untuk menagtakan “Tidak” jika memang sedang tidak diperlukan.

Kurangi Membawa Uang Cash

Semakin banyak uang cash yang anda bawa maka pikiran juga semakin mudah juga untuk mengeluarkannya. Hehehe, hal seperti ini memang hampir semua orang merasakannya. Jika memabawa uang cash maka ada saja pikiran untuk belanja ini itu yang sebenarnya tidak diperlukan.  Silahkan anda bisa menyimpan uangnya dimanapun itu, terpenting anda saat keluar rumah biasakan bawa uang secukupnya saja. Jangan berlebihan, karena justru memicu akan membelanjakan uang jajan tersebut dan membuat anda menyesal nantinya.

Bawa Bekal Dari Rumah

Sudahkah anda membawa bekal dari rumah? Biasanya hal ini berlaku untuk anda yang memang sedang bepergian ke suatu tempat dan bingung harga makanannya. Tidak dapat dipungkiri jika harga makanan di tempat hiburan akan jauh lebih mahal. Hal ini sudah bukan umum lagi, maka tidak ada salahnya loh bagi anda yang diajak teman untuk bermain maka bawa bekal saja dari rumah. Biarkan teman anda membeli makanan, sedangkan anda memakan yang sudah dibawa dari rumah. Percayalah hal ini sangat efektif untuk menyelamatkan uang anda dari pembelian tertentu tersebut.

Manfaatkan Fasilitas Gratis

Cara hemat dalam membelanjakan uang jajan yang berikutnya bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan fasilitas gratis yang tersedia. Di era sekarang ini sebenarnya sudah banyak sekali fasilitas gratis yang tersedia dan bisa dimanfaatkan. Contoh saja, biasanya anda membeli kouta dengan harga mahal untuk mengunduh. Maka sekarang anda bisa memanfaatkan fasilitas gratis berupa wifi terbuka yang bisa digunakan untuk mengunduhnya. Kemudian nantinya dirumah anda menggunakan kouta biasa. Hal ini terbukti mampu menghemat pengeluaran pembelian kouta dari pada biasanya.

Jangan Terpaku Pada Brand

Ini nih yang menjadi sumber pengeluaran cukup besar bagi para remaja yaitu terlalu terpaku pada sebuah brand. Mau makan harus liat brand, fashion liat brand, minum apalagi harus liat brandnya. Mereka berpikiran bahwa yang mahal sudah pasti bagus. Terlebih yang barang luar negeri, sudah pasti akan dipuja-puja. Tahukah anda bahwa produk lokal saat ini kualitasnya sudah jauh lebih baik loh? Bahkan sudah mulai ekspor keluar negeri dan diminati oleh masyarakat sana. Mulailah untuk menggunakan produk yang berkualitas. Anda harus lebih mementingkan fungsi agar hasilnya baik, dijamin akan menghemat pengeluaran uang anda!

Nah, itulah beberapa cara hemat dalam membelanjakan uang jajan. Berhemat jelas menjadi salah satu hal yang paling penting untuk bisa anda lakukan. Karena dengan berhemat memungkinkan agar bisa mendapatkan sesuatu yang anda inginkan kedepannya. Jangan ragu untuk memulai hal baik seperti menghemat ini. Jika anda memiliki pertanyaan, silahkan sampaikan langsung pada kolom komentar. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment