Cara Menghemat Uang Gaji

Cara menghemat uang gaji, pasti sangat dibutuhkan bagi banyak orang. Hayo, siapa yang ingin melakukan penghematan uang gaji? Saya juga salah satu yang termasuk loh hehehe. Uang gaji yang kita dapatkan setiap bulannya pasti selalu ingin untuk disisihkan ya. Nah, untuk bisa mendapatkan sisa uang ini maka kita melakukan yang namanya penghematan.

Melakukan penghematan memang tidak mudah, apalagi jika gaji kita pas-pas saja. Pastinya, membutuhkan effort yang lebih agar semakin hemat dan bisa cukup uang gaji tersebut. Ternyata, ada beberapa cara ampuh untuk melakukan penghematan uang gaji. Bagaimana caranya? Yuk, simak bagaimana cara menghemat uang gaji secara lengkap.

Cara Menghemat Uang Gaji Lengkap!

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk melakukan penghematan uang gaji anda. Ini dia beberapa cara tersebut:

Jangan Gunakan M-Banking

Bagi sebagian orang, menggunakan M-banking mungkin menjadi salah satu kemudahan. Namun, bagaimana jika memiliki gaji yang pas dan ingin hemat namun diberikan kemudahan dalam membayar ini dan itu? Sudah pasti, bukannya melakukan penghematan maka akan lebih banyak pengeluaran yang didapatkan.

Saran saya, jika anda ingin hemat maka lebih main tidak menggunakan m-banking. Gunakan saja atm biasa, tanpa m-banking dan itu tidak akan membuat anda mengeluarkan lebih banyak uang. Dengan begitu, anda sudah unggul 1 poin yaitu tidak mengeluarkan uang untuk hal yang tidak penting. Benar kan begitu?

Pakai E-wallet Secukupnya Saja

Oke, mari kita lanjut pada cara yang kedua yaitu hanya mengguankan e-wallet secukupnya saja. Coba jawab jujur, sekarang anda memiliki beberapa e-wallet? 1,2,3,6, atau berapa? Shopee,dana,linkaja,gopay,ovo atau apa? Nah, inilah yang harus anda pahami. Cobalah untuk menggunakan e-wallet secukupnya saja.

Ingat! Menggunakan banyak e-wallet tidak membuat anda terlihat keren. Justru, hal ini akan membuat banyak uang anda masuk pada e-wallet tersebut. Tanpa anda sadari, jika ingin menggunakan e-wallet harus melakukan top up terlebih dahulu. Untuk itu, saran saja sebaiknya guakan sesuai dengan kebutuhannya.

Manfaatkan Promo Diskon

Melek teknologi, gunakan pembelian hanya untuk promo diskon saja. Di era yang serba digital ini, tidak ada salahnya bagi kita semua untuk bisa memanfaatkan teknologi yang ada. Manfaatkan promo yang diberikan oleh para perusahaan digital untuk kita beli dengan harga yang murah.

Bagaimana contohnya? Sebagai contoh saja, di alfamart terkadang terdapat promo untuk bayar menggunakan shopeepay. Membayar belanja shopeepay di alfamart bisa mendapatkan promo dengan diskon khusus. Jadi, anda akan mendapatkan harga khusus. Ini bisa menjadi salah satu cara untuk melakukan penghematan. Oh ya ingat juga, beli secukupnya saja ya!

Membawa Bekal Makanan

Anda bekerja di kantor dan harus makan siang? Jika ya, cobalah untuk memulai kebiasaan membawa bekal makanan. Membawa bekal makanan ternyata menjadi salah satu cara efektif uuntuk melakukan penghematan pada uang gaji anda. Kan bisa beli saja agar lebih mudah dan praktis?

Faktanya, justru dengan membawa bekal makanan akan jauh lebih praktis. Sebagai contoh saja, untuk membeli makanan akan membutuhkan waktu dan mengeluarkan uang yang lebih banyak. Nah, jika anda membawa bekal maka tidak perlu keluar dan membeli makanan serta jauh lebih hemat. Terlebih, jika anda tinggal dirumah maka akan lebih menyenangkan melakukan hal ini!

Pakai Skincare Secukupnya

Baik laki-laki maupun perempuan, pasti menggunakan skincare ya. Begitu juga dengan laki-laki yang tidk ada salahnya untuk juga menggunakan skincare. Dalam menggunakan skincare, terkadang kita semua larut dengan harga yang mahal. Padahal, penggunaan skincare termasuk dalam hal kecocokan kulit masing-masing.

Belum tentu dengan harga yang mahal tersebut cocok untuk digunakan pada kulit anda. Begitu juga dengan harga yang murah, bisa jadi cocok dan membantu untuk mengatasi permasalahan kulit. Solusinya, cobalah terlebih dahulu dengan produk yang masih masuk di harga dan sudah BPOM. Jangan sekali-kali menggunakan skincare abal-abal, apalagi tergiur dengan harganya yang murah.

Sisahkan Uang Untuk Menabung

Menabung, semua orang harus memiliki tabungan masing-masing. Karena, kita semua tidak akan tahu apa yang terjadi pada masa depan. Untuk itu, sangat penting bagi kita semua untuk bisa mempersiapkan tabungan tersebut. Bagaimana caranya? Yaitu dengan menyisihkan uang untuk menabung.

Tidak sulit untuk menabung, terlebih jika anda memang memiliki gaji tetap. Sebagai contoh, jika gaji anda Rp. 2.000.000 maka cobalah untuk menyisihkannya 10% dari total nominal yang dibayarkan tersebut. Jadi, anda akan menabung Rp. 200.000 setiap bulannya. Jika hal ini berlanjut secara terus menerus, maka kemungkinan besar akan sangat berarti bagi tabungan anda kedepannya. Saya pun melakukan hal yang demikian.

Catat Pengeluaran Anda

Berikutnya untuk melakuakn penghematan uang gaji yaitu dengan melakukan pencatatan pengeluaran uang. Anda perlu tahu kemana saja larinya uang selama satu bulan terakhir. Sekarang ini, untuk melakukan pencatatan tidaklah sulit. Anda bisa menggunakan aplikasi pencatatan agar pengeluaran bisa dilihat dan dicatat jauh lebih mudah.

Jika sudah dilakukan pencatatan, maka anda bisa melihat perbandingannya nantinya pada setiap bulan. Apakah pada bulan sekarang sudah jauh lebih hemat diabndingkan bulan sebelumnya. Jika belum, lakukan analisa mengapa hal tersebut bisa terjadi. Oh karena bulan ini ada hal tidak terduga yang harus saya keluarkan, misalnya seperti itu. Atau, Oh ya bulan ini saya harus membeli mouse karena sangat perlu. Nah, itu bisa menjadi pertimbangan untuk penghematan di bulan selanjutnya.

Itulah beberapa cara menghemat uang gaji yang bisa anda lakukan. Dengan menggunakan cara tersebut, dijamin anda dapat melakukan penghematan dan bisa lebih baik dalam melakukan pengeluaran uang. Semoga, kita semua bisa mendapatkan rejeki yang berlimpah dan tetap bisa hemat serta mengeluarkan pengeluaran yang sesuai dengan kebutuhan saja. Aamiin.. Sekian, semoga bermanfaat!

1 thought on “Cara Menghemat Uang Gaji”

Leave a Comment