Cara Menabung Ibu Rumah Tangga

Cara menabung ibu rumah tangga tentu harus dilakukan dengan benar. Dalam menabung memang tidak bisa sembarangan, jika sembarangan justru hasilnya kurang baik. Tidak dapat dipungkiri, jika peranan ibu rumah tangga merupakan salah satu yang paling penting dalam keluarga. Terkadang, semua pengeluaran akan dilakukan oleh seorang ibu.

cara menabung ibu rumah tangga

Pengeluaran yang dilakukan harus stabil, serta harus bisa memiliki tabungan untuk kedepannya. Karena, jika tidak memiliki tabungan akan sangat berbahaya jika terjadi suatu hal yang tidak terduga. Disitulah, pentingnya untuk menabung bagi para ibu rumah tangga. Untuk menabung dengan benar, tidak perlu repot karena kami akan membahasnya secara lengkap.

Beberapa Cara Menabung Ibu Rumah Tangga

Ibu ingin memulai kegiatan menabung tapi bingung bagaimana caranya? Ini beberapa cara yang bisa digunakan:

Jangan Buang Uang Recehan

Sebagai ibu rumah tangga, tentu terlalu sering melalukan pembelanjaan pada setiap harinya ya. Entah itu di warung bu Sri, mbok inem, toko kelontong, pasar atau yang lainnya tidak ada masalah. Yang terpenting, jangan buang uang recehan yang dijadikan kembalian tersebut. Karena, berapapun nominal dari uang tersebut, namanya tetaplah uang.

Dimana uang, berarti masih bisa digunakan untuk melakukan pembelanjaan. Sama halnya, uang tersebut juga bisa digunakan untuk menabung. Meskipun uang recehan, uang yang ditabung akan tetap memiliki nilai yang sama. Pernahkah anda mendengar seseorang yang viral karena menabung menggunakan uang recehan sampai Rp. 40 Juta banyaknya?

Simpelnya seperti ini, uang recehan tersebut ditabung dengan nominal Rp. 5 Ribu rupiah setiap harinya. Maka, dalam satu bulan saja sudah bisa mendapatkan Rp. 150 Ribu. Konsisten melalukan tabungan recehan ini selama satu tahun, maka sudah bisa mendapatkan Rp. 1.3 Juta. Nah, jika dikalikan lagi dalam beberapa tahun? Sudah pasti nominalnya menjadi besar. Inilah pentingnya untuk tidak membuang uang recehan, tapi manfaatkan untuk menabung.

Tabung Pada Awal Bulan

Yeay awal bulan, saatnya GAJIHAN! Eits, meskipun sedang dalam keadaan senang, sekali lagi jangan lupa untuk menyisihkan uang untuk menabung. Kenapa harus menabung pada awal bulan bukan akhir bulan? Dengan menabung di awal bulan, setidaknya akan membantu untuk mengetahui nominal uang yang tersedia dan akan digunakan dalam menjalankan kehidupan selama 30 hari kedepan.

Sebenarnya, tidak sulit untuk melakukan hal sepele yang satu ini. Hanya saja, memang jika belum dimulai akan terasa berat. Lalu, berapa nominal yang akan digunakan untuk menabung? Besaran dari nominalnya yaitu sekitar 10% dari total gaji anda. Itu merupakan rumus yang digunakan oleh banyak orang.

Contoh saja, anda memiliki pendapatan perbulan Rp. 3 juta rupiah. Maka, besaran uang yang sebaiknya anda tabung yaitu Rp. 300 Ribu perbulannya. Dengan nominal tersebut, anda sudah bisa menabung 300 ribu perbulannya. Untuk anda yang sudah berkeluarga, anda juga bisa melakukan diskusi dengan istri/suami sebaiknya berapa besaran yang harus dikeluarkan untuk menabung tersebut.

Buat Catatan Pengeluaran

Jangan sampai tidak melakukan hal penting yang satu ini. Alangkah baiknya, untuk para ibu rumah tangga membuat catatan pengeluaran. Karena, dengan menggunakan catatan pengeluaran akan sangat membantu dalam mengetahui apa saja yang dikeluarkan untuk penggunaanya.

Hal ini begitu berarti untuk anda yang memang ingin melakukan pengeluaran secara konsisten. Terkadang, sebagai manusia kita sering lupa terhadap uang yang telah digunakan. Dengan menggunakan catatan pengeluaran ini, setidaknya akan sangat membantu untuk mengetahui kemana saja pengeluaran pada setiap bulannya. Ini juga berpengaruh akan gaya menabung anda nantinya.

Jangan Belanja Yang Tidak Penting

Ingin memiliki tabungan dengan jumlah yang besar? Ingat, jangan belanja yang tidak penting! Saat ini, pasti di smartphone anda memiliki banyak aplikasi belanja online dengan segala promo yang ada. Jujur saja, sudah berapa kali anda kalap untuk melakukan pembelanjaan secara online tanpa memikirkan keuangan?

Inilah salah satu yang harus anda perhatikan, jangan sembarangan untuk belanja pada hal-hal yang tidak penting. Sebaiknya, uang tersebut ditabung saja untuk menghadapi masa depan yang belum diketahui. Anda tentu sudah tahu, maka belanja yang menjadi kebutuhan penting dan yang tidak penting.

Ikut Arisan Secukupnya

Peringatan untuk para ibu rumah tangga, stop untuk mengikuti arisan yang jumlahnya sangat banyak. Alih-alih ingin menabung dengan mengikuti arisan, justru hasilnya menjadi tidak kelihatan. Tahu kan apa maksud dari arisan tersebut? Uang tersebut berputar kepada siapa yang mendapatkannya terlebih dahulu.

Jujur saja, jika anda mendapatkannya pada giliran yang pertama pasti secara otomatis sangat ingin mengambilnya. Inilah yang menjadi kesalahan, sehingga uang arisan tersebut akan menjadi cicilan. Ya ampun, lebih baik uang arisan tersebut ditunggu terlebih dahulu dengan kata lain anda mengambil arisan tersebut dalam posisi sudah terakhir kalinya.

Manfaatkan Promo dan Diskon

Oh ya, ibu rumah tangga jika ingin menabung saran saya coba deh manfaatkan promo dan diskon. Emang ada ya promo dan diskon yang hasilnya memuaskan? Tentu ada dong, salah satu contohnya yaitu dengan melakukan pembayaran menggunakan shopeepay. Bukan bermaksud promo ya, hanya memberikan informasi saja.

Saya sudah membahas pada artikel cara membayar alfamart dengan menggunakan shopeepay. Dengan menggunakan shopeepay, anda bisa mendapatkan keuntungan yaitu berupa diskon sampai dengan 60%. Tentunya, ini bisa menjadi tambahan bagi anda yang ingin menabung.

Investasi Bisa Jadi Solusi

Kemudian, jika mulai bosan untuk melakukan tabungan dalam bentuk uang cobalah alternatif yang lainnya yaitu investasi. Ada banyak sekali cara untuk melakukan investasi, seperti investasi emas, reksadana, saham dan yang lainnya. Namun, menurut saya yang paling cocok bagi ibu rumah tangga yaitu investasi emas.

Harga emas setiap tahunnya mengalami kenaikna yang cukup tinggi. 5 tahun lalu, harga emas per gramnya hanya Rp. 650 Ribu saja. Di tahun sekarang ini, harga emas sudah mencapai Rp. 900 Ribu per gramnya. Bisa dibandingkan, sangat menguntungkan bukan investai yang satu ini? Untuk itu, jika anda bosan menabung dalam bentuk uang cobalah dengan investasi emas yang satu ini!

Ternyata, ada banyak sekali cara menabung ibu rumah tangga yang bisa digunakan. Bagaimana, anda mulai tertarik untuk menggunakan cara yang mana nih? Terpenting, dalam menabung ini harus konsisten. Jangan sampai tergoda dengan hal-hal kecil yang akan mengambil tabungan anda. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment