Cara Menabung Uang Jajan 5000

Cara menabung uang jajan 5000 sangat cocok untuk dipelajari secara seksama. Anak sekolah pasti sering sekali mendapatkan uang jajan untuk kebutuhan sekolahnya. Jumlah yang diberikan bisa bervariasi mulai dari Rp. 2.000 – Rp. 10.000. Yang paling sering yaitu uang jajan di era sekarang ini Rp. 5.000 per harinya. Tentunya, sudah sangat umum dengan uang jajan tersebut dan banyak dari anak sekolah yang ingin menabung.

Cara Menabung Uang Jajan 5000

Menabung dengan uang Rp. 5.000 tentu sangat bisa untuk dilakukan. Memang harus melakukan beberapa hal agar kegiatan menabung ini dapat berjalan dengan baik. Setidaknya, anda sudah memiliki niatan yang baik untuk bisa menabung hanya dengan Rp. 5.000 tersebut. Ingin tahu bagaimana cara menabung uang jajan 5000? Langsung saja simak pembahasan artikel dibawah ini secara lengkap dan cermat.

Cara Menabung Uang Jajan 5000

Terdapat beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk bisa menabung dengan hanya 5000. Ini dia beberapa caranya:

Sisihkan Secara Rutin

Langkah pertama yang perlu untuk dilakukan yaitu dengan menyisihkan uang sisa dari jajan tersebut secara rutin. Setidaknya, hal ini merupakan langkah pertama untuk anda yang baru saja ingin memulai kegiatan menabung. Memang tidak mudah untuk melakukan kegiatan ini, namun bisa dicoba dengan menyisihkan terlebih dahulu sekitar Rp. 500 atau Rp. 1.000 setiap harinya. Tetap berjalan meskipun perlahan, itu akan jauh lebih baik.

Miliki Celengan

Sudahkah anda memiliki celengan? Jika belum, cara ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk anda coba. Tidak ada alasan lagi bagi anda yang sudah memiliki celengan namun tidak ingin melakukan kegiatan menabung. Karena justru dengan adanya celengan ini menjadikan sebagai sarana untuk bisa menabung secara rutin. Ingat sekali lagi, tidak harus banyak untuk menabung di celengan. Jika perlu carilah celengan yang unik dan menarik agar anda lebih semangat menabungnya!

Kurangi Jajan Diluar

Apakah anda masih sering jajan diluar? STOP! Mulai sekarang, anda lebih baik untuk bisa makan dirumah saja. Ibu sudah membuat masakan yang enak dan sehat untuk bisa anda makan dirumah. Jika anda sebelumnya sering jajan cemilan diluar rumah mulai sekarang sebaiknya untuk bisa dikurangi. Nantinya, uang yang untuk jajan tersebut bisa dialihkan untuk melakukan pengisian celengan untuk menabung. Benarkan seperti itu?

Kurangi Beli Barang

Membeli barang yang diinginkan pasti selalu menjadi tuntutan setiap orang. Tetapi jika memang anda menginginkan untuk bisa menabung maka mulai sekarang harus paham bahwa tidak selamanya membeli barang hal baik. Coba anda bisa membuat pemetaan mana barang yang lebih penting untuk dibeli dan tidak. Jika anda sudah melakukan hal tersebut, maka nantinya bisa membeli prioritas yang lebih penting terlebih dahulu.

Kuatkan Motivasi Untuk Menabung

Apa alasan anda untuk bisa memulai menabung? Ini yang akan menjadi motivasi bagi anda. Cobalah untuk bisa menguatkan lebih tinggi lagi mengenai motivasi untuk menabungnya. Jika semakin kuat motivasi anda maka akan memberikan sugesti kepada pikiran untuk bisa lebih semangat dalam menabung. Hal ini sudah dilakukan oleh banyak orang dan terbukti membantu untuk bisa mendapatkan tabungan lebih banyak. Ingin mencobanya?

Buat Target

Berikutnya, sudahkah anda membuat target dari kegiatan menabung yang dilakukan tersebut? Cobalah untuk membuat targetnya kemudian tempelkan di kamar atau dilayar handphone anda. Ini akan membantu untuk mengingatkan kepada anda bahwa ada target yang harus dicapai. Semakin kuat target yang ingin dicapai, seharusnya anda semakin bersemangat dalam kegiatan menabungnya. Cobalah untuk membuat targetnya dan percaya anda bisa mengapainya.

Pilih Metode Yang Tepat

Cara menabung uang jajan 5000 tentu bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya harus memilih metode yang tepat. Bagaimana metode yang dipilih? Sesuaikan dengan diri anda masing-masing. Apakah dengan metode menabung tanggalan, metode rutin atau yang lainnya. Tetap kunci dari menabung yang paling tidak boleh ditinggalkan yaitu konsisten dalam kegiatan menabungya. Semakin konsisten, maka akan mencapai hasilnya.

Tabung Secara Digital

Zaman sudah semakin maju, sekarang untuk menabung juga bisa dilakukan secara digital. Tidak harus menggunakan celengan, sudah banyak celengan dengan metode online yang bisa dipilih. Anda tinggal mendaftar ke e-wallet online yang tidak membutuhkan biaya administrasi setiap bulannya. Gratis anda hanya perlu melakukan pengisian tabungan digitalnya secara rutin. Setelah itu bisa melakukan kegiatan menabung, mudah sekali bukan?

Itu dia penjelasan mengenai cara menabung uang jajan 5000 yang bisa anda lakukan. Ternyata, hanya dengan 5000 sudah bisa menabung ya? Tidak harus dengan nominal tersebut, dibawah nominal tersebut juga tidak masalah. Terpenting anda harus memahami kunci dari menabung ini yaitu “Konsisten”. Jika anda konsisten, pasti akan mendapatkan hasilnya nanti.

Leave a Comment