Cara Menabung Bagi Mahasiswa

Cara menabung bagi mahasiswa sebenarnya tidaklah sulit untuk dilakukan. Hanya saja, banyak dari para mahasiswa yang merasa kebutuhannya susah untuk terpenuhi. Meskipun begitu, jika anda merupakan seorang mahasiswa yang masih ingin menabung tentu masih bisa dilakukan. Ada beberapa cara yang perlu anda ketahui agar hal tersebut bisa dilakukan.

cara menabung bagi mahasiswa

Menabung merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Banyak sekali manfaat dari menabung yang bisa didapatkan, terutama untuk anda yang masih muda. Menabung akan mengajarkan mengenai pentingnya memiliki save money dan yang lainnya. Ingin tahu apa saja cata menabung bagi mahasiswa? Langsung saja baca artikel ini.

Beberapa Cara Menabung Bagi Mahasiswa

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk bisa menabung bagi para mahasiswa. Ini dia beberapa caranya:

Jangan Sampai Berhutang

Di era sekarang ini, memang sangat banyak sekali penyedia pinjaman online yang bisa kita gunakan. Lantas, apakah hal tersebut akan membuat kita menjadi lupa akan keuangan yang sebenarnya? Selalu usahakan untuk jangan sampai memiliki hutang. Sebesar apapun beban yang anda miliki, jangan sampai anda memiliki hutang!

Jika anda menginginkan sesuatu, bersabarlah terlebih dahuluu dengan cara menabung. Jangan membeli suatu barang yang kita inginkan namun dengan menggunakan uang pinjaman. Sebenarnya boleh saja berhutang, asalkan anda sudah bisa memikirkan bagaimana nantinya untuk melakukan pembayaran.

Mencatat Pemasukan Dan Pengeluaran

Salah satu hal yang sangat penting untuk para mahasiswa yaitu mencatat pemasukan dan pengeluaran. Bagaiana maksudnya? Mungkin anda mahasiwa yang masih meminta orang tua, atau bekerja itu tidak menjadi masalah. Setiap ada pemasukan, usahakan untuk bisa mencatatnya. Terserah anda mencatatnya dimana, saya pribadi menggunakan aplikasi pencatat pemasukan dan pengeluaran agar lebih mudah.

Begitu juga saat anda melakukan pengeluaran, maka sebisa mungkin catat pengeluaran yang dimaksud. Sebagai contoh, saat anda membeli makan, minum, kouta, pulsa dan yang ainnya harus dicatat. Hal ini terbukti snagat membantu untuk mengetahui kemana saja uang anda selama ini. Jadi, apakah anda sudah melakukan pencatatan ini? Jika belum, mulailah lakukan dari sekarang.

Siapkan Save Money

Ya, apalagi hal yang paling penting untuk para mahasiswa yaitu mempersiapkan save money. Atau, istilah yang paling sering di dengar yaitu dana darurat. Apakah dana darurat ini bagian dari menabung? Jelas, nantinya jika ada hal-hal yang tak terdga terjadi kepada anda jadi tidak perlu mengeluarkan uang penggunaan utama.

Anda bisa menggunakan save money terlebih dahulu untuk digunakan dalam hal darurat tersebut. Nantinya, jika memang save money tersebut sudah habis barulah anda bisa memulai kembali pengumpulan dana darurat tersebut. Hal ini sangat penting untuk anda persiapkan agar keuangan tidak menjadi ribet dan repot.

Sisihkan Diawal Untuk Menabung

Rata-rata para mahasiswa berpikir bahw auntuk menabung ialah uang dari sisa bulanannya Hal ini terjadi karena mereka tidak memiliki save money. Jika memiliki save money, pasti mahasiswa akan berpikir untuk emnabung diawal bulan saja. Contoh kecilnya, saat anda mendapatkan pemasukan Rp. 900.000 setiap bulannya maka berapa yang harus disisihkan?

Tidak perlu banyak-banyak dalam menyisihkannya, cukup Rp. 90.000 saja atau 10% dari nilai nominal total uang pemasukannya. Banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk tempat menabung, seperti di Bank atau memiliki celengan. Semua terserah anda yang ingin melihat dimana tempat untuk tabungannya tersebut.

Bayar Biaya Bulanan Diawal

Nah, ini juga salah satu hal yang jarang mahasiswa lakukan. Membayar biaya bulanan diawal, mengapa harus diawal? Karena dengan begitu anda akan lebih mengetahui berapa sisa yang ada dan bagaimana cara mengolahnya. Sekali lagi, selama anda menjalankan poin dua yaitu bagaimana mengelola keuangan dengan benar maka anda akan bisa melakukan hal tersebut.

Semua biaya bulanan usahakan selalu bayar di awal bulan. Entah itu uang untuk internet, makan, kost, listrik, air dan lainnya harus anda bayarkan terlebih dahulu. Atau jika tidak, bayarkan saja terlebih dahulu setengah dari totalnya. Apakah itu susah? Jelas tidak, selama anda memang berniat untuk melakukan hal tersebut.

Itu dia beberapa cara menabung bagi mahasiswa yang bisa untuk anda lakukan. Bagaimana, sangat mudah bukan? Sekali lagi, menabung merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan terutama pada orang muda. Banyak hal positif yang bisa didapatkan, lebih baik menabung daripada menghutang. Semoga bermanfaat!

2 thoughts on “Cara Menabung Bagi Mahasiswa”

Leave a Comment