Cara Mendaftar Merchant ShopeePay

Cara mendaftar merchant ShopeePay mungkin sedang anda cari saat ini. Siapa yang belum mengenal marketplace shopee? Tentunya sudah banyak dari masyarakat yang mengenalnya. Bahkan, beberapa diantara mungkin sudah sering menggunakannya. Saat ini, ShopeePay sudah hadir sebagai pembayaran digital atau dikenal dengan e-wallet.

cara mendaftar merchant shopeepay

Jika anda berpikir ShopeePay tidak layak digunakan, maka salah besar! Nyatanya, begitu banyak masyarakat yang sangat tertarik ingin menggunakan ShopeePay dalam berbagai pembayaran. Tidak jarang juga, beberapa orang ingin mendaftarkan tokonya agar masuk dalam pembayran shopee. Atau, biasa dikenal dengan sebutan merchant.

Nah, apakah anda salah satu yang ingin melakukan pendaftaran di merchant shopee? Jika ya, maka artikel ini sangat layak untuk anda baca secara lengkap. Karena, saya akan berbagi pengalaman bagaimana bisa diterima dalam merchant shopee. Sebelumnya, saya juga pernah melakukan pendaftaran di mechant DANA atau DANA Bisnis dan masih digunakan sampai saat ini. Jadi, langsung saja saya bahas caranya.

Cara Mendaftar Merchant ShopeePay Lengkap

Tentunya, untuk anda yang ingin melakukan pendaftaran merchant harus memahami dengan benar alurnya. Berikut ini langkah yang harus dilakukan:

Memilki Akun Shopee

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu memiliki akun shopee. Sudahkah anda memiliki akun shopee? Pastikan, akun shopee yang dimiliki sudah berumur lama. Mengapa demikian? Karena, ini akan menentukan nantinya apakah anda akan mendapatkan merchant atau tidak. Setidaknya, umur dari akun shopee sudah lebih dari 1 Minggu atau pernah digunakan untuk berbelanja.

Jika baru sehari dan sudah melakukan pendaftaran merchant, maka bisa saja ditolak. Ada baiknya, untuk memperhatikan terlebih dahulu kondisi dari akun shopee anda. Apakah memang layak untuk dilakukan pendaftaran atau tidak. Jika layak, maka bisa dilanjutkan ketahapan yang berikutnya.

Mengaktifkan ShopeePay

Setelah anda memiliki akun shopee, berikutnya yaitu mengaktifkan ShopeePay. Dimana, ShopeePay merupakan yang paling penting dalam pembuatan merchant ini. Jadi, aktifkan terlebih dahulu ShopeePay anda. Untuk mengaktifkan ShopeePay, pastikan nomor yang di daftarkan dalam kondisi aktif.

Karena, jika tidak maka nantinya susah melakukan pengaktifan ShopeePaynya. Nantinya akan dikirimkan kode OTP untuk mengaktifkan ShopeePay. Untuk itu, tetap pastikan bahwa ShopeePay bisa diaktifkan. Jika sudah diaktifkan, maka biasanya akan terdapat notifikasi bahwa akun sudah bisa digunakan.

Install Aplikasi Mitra Shopee

Tahapan selanjutnya, yaitu melakukan installasi aplikasi “ Mitra Shopee”. Mengapa harus menggunakan aplikasi Mitra Shopee? Karena, disinilah proses pendaftaran dari mercahnt shopee dilakukan. Lakukan installasi aplikasi mitra shopee kemudian mendaftar seperti biasanya.

Oh ya,untuk melakukan pendaftaran di akun mitra shopee membutuhkan username shopee yang telah terdaftar. Jadi, pastikan anda memiliki username ang telah terdaftar di shopee untuk kemudian di masukan pada pendaftaran mitra shopee. Selanjutnya, anda diharuskan untuk mengisi form seperti foto KTP, foto Buku Tabungan sebagai verifikasi.

Jika sudah, maka dalam beberapa jam akan muncul informasi mengenai akun mitra shopee sudah terdaftar dan bisa digunakan. Disini, anda hanya perlu menunggu sampai muncul shoope merchant di akun shopee biasa.

Kapan Merchant Shopee Muncul?

Pasti, banyak dari anda yang ingin tahu sebenrnya kapan merchant ShopeePay ini muncul. Untuk yang bertanya seperti ini, maka saya hanya bisa menjawabnya berdasarkan pengalaman saja. Pengalaman dari saya yaitu sekitar 5 – 7 hari merchant sudah muncul. Jadi, and tidak perlu lagi melakuka pendaftaran dengan mengisi form atau lainnya. Tunggu saja, jika memang disetujui maka akan otomatis muncul pada halaman ShopeePay aplikasi Shopee.

Apakah Nantinya Merchant Akan Mendapatkan Cashback 60% ?

Perlu anda pahami, bahwa tidak semua merchant bisa mendapatkan cashback 60%. Untuk yang mendapatkan cashback yaitu hanya merchant yang terpilih oleh Shopee saja. Jadi, untuk anda yang mendaftar sendiri besar kemungkinan tidak mendapatkan cashback. Namun,jika sudah memiliki merchant tidak ada salahnya untuk mencoba bukan?

Begitulah, ulasan pengalaman cara mendaftar merchant ShopeePay yang saya lakukan. Semoga, pengalaman yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat dan memberikan informasi kepada anda. Serta, selamat mencoba ya!

27 Comments

    • Karena sekarang sedang pandemi covid-19, kemungkinan tidak ada yang berkeliling. Sebagai pelaku usaha sebaiknya kira yang mengajukan, karena ini menjadi peluang untuk bisa menarik pelanggan dengan promo shopeepaynya.

  1. misi gan
    ane sudah diterima,,
    liat kode QR nya dmn?
    adanya kode QR tapi harus masukkan nominalnya dulu.
    maksud saya default kodee QR nya gitu,, jd pembeli bisa masukkin nominalnya sendiri
    thx

    • Sebelumnya, selamat gan sudah diterima.
      Untuk code QRnya Shopee memang seperti itu.
      Nantinya, agan akan dikirimkan stiker barcode dsb ke alamat rumah dari bisnis yang didaftarkan.
      Silahkan bisa di follow up ke team shopee melalui sosial media mereka.
      Sementara saran saya gunakan saja dahulu QR code dengan nominal yang dimasukan sendiri.

    • untuk saat ini belum bisa gan,
      Gunakan rekening yang terdapat buku tabungan.
      Ini juga penting, jika terjadi permasalahan maka agan bisa membuktikan.
      Bisa menggunakan rekening lainnya yg ada buku tabungannya gan, tidak harus BCA.

    • Di beberapa kota tertentu tersedia sales shopeepay. Namun jika tidak tersedia, anda bisa langsung mendaftar dengan menggunakan cara pada artikel ini.

    • Saat ini shopee memberikan sistem cashback dalam bentuk koin shopee kepada pelanggan yang belanja di toko kita. Perlu diketahui, tidak semua orang akan mendapatkan cashback koin shopee tersebut. Untuk saat ini, hanya 10 sampai 30 pelanggan pertama setiap bulannya, yang belanja di toko kita akan mendapatkan cashback. Nominal cashback yang bisa didapatkan saat ini hanya mencapai 30% dari total transaksi. Kecuali, jika toko anda masuk dalam event shopee deals shopee yang bekerjasama dengan shopee.

    • Coba lakukan log out akun, kemudian log in kembali kak. Jika masih belum ada juga, bisa hubungi langsung CS Shopee via aplikasi/Twitter/Instagram/Facebook/Email.

  2. Mas saya izin bertanya, apakah harga jual produk dan harga beli yang dibayarkan pelanggan tetap sama? Apa ada potongan biaya admin atau biaya seperti itu dari shopeenya untuk produk yang terjual?

    • Tidak ada biaya yang dibebankan kepada penjual maupun pembeli. Hanya saja untuk penjual harus sabar jika ingin menarik uang saldo penjualan tersebut, karena membutuhkan waktu dan tidak bisa instan.

  3. Min mau nanya dong, biasanya kan ada tu merchnt2 yg pakai banner BAYAR PAKAI SHOPEEPAY CASHBACK 30 %. Nah misal kita ingin gabung gmna ya gan caranya? Lalu cashback itu yg beri kita atau shopee, dan keuntungan kita apa ketika pakai promo trsebut?

    • Ikuti langkah pada artikel ini untuk mendaftarnya. untuk cb yg diberikan yaitu dari shopeenya. Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan.

Leave a Reply