Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

Cara mengatasi hardisk eksternnal tidak terbaca bisa menggunakan beberapa cara. Penggunaan hardisk eksternal untuk memenuhi kebutuhan dalam penyimpanan memang terkadang diperlukan. Tidak heran beberapa orang menggunakan hardisk eksternal untuk menyimpan di luar hardisk internal yang mungkin sudah penuh. Tetapik, terkadang muncul permasalahan seperti hardisk eksternal yang tidak terbaca dengan baik.

cara mengatasi hardisk eksternal tidak terbaca

Sebenarnya ada banyak sekali faktor yang menyebabkan hardisk menjadi tidak bisa terbaca pada komputer anda. Hal terpenting jika ingin mengatasinya tentu harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Barulah setelah itu anda bisa tahu bagaimana cara untuk mengatasinya. Ingin tahu secara lengkap bagaimana cara mengatasi hardisk eksternal tidak terbaca? Langsung saja baca artikel ini secara lengkap ya.

Beberapa Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

Terdapat beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi hardisk eksternal yang tidak bisa terbaca dengan baik. Berikut ini beberapa caranya:

Cek Tempat Hardisk Eksternal

Cara pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan cek pada tempat hardisk eksternal. Tempat hardisk eksternal terkadang memiliki kecacatan yang menyebabkan hardisk eksternal tidak bisa menyambung dengan baik. Terutama untuk bagian dari konektor temppat hardisk eksternal ini.

Untuk membeli tempat hardisk eksternal alangkah lebih baiknya untuk dapat memilih yang berkualitas. Jangan membeli barang yang memang kurang berkualitas karena hal tersebut hanya akan menyulitkan dalam melakukan pemasangannya. Serta hal ini juga untuk meminimalisir adanya kerusakan atau kecatatan, anda bisa mencoba menggunakan tempat hardisk eksternal yang lainnya untuk mengecek apakah memang tempat hardisk tersebut rusak.

Cek USB Dari Komputer

Berikutnya yaitu melakukan cek pada konektor USB di komputer. Tentunya anda paham bahwa saat ini terdapat dua tipe USB yang populer untuk digunakan yaitu versi 2.0 dan 3.0. Keduanya memiliki perbedaan yang memungkinkan untuk proses read and write menjadi lebih cepat maupun lebih lambat.

Cobalah untuk menggunakan USB dengan tipe 3.0 yang digunakan sebagai conektor. Atau juga bisa dengan menyesuaikan dari penggunaan tempat hardisknya menggunakan tipe USB berapa. Sesuaikan dengan Usb tersebut untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan kemungkinan hardisk terbaca menjadi lebih besar.

Cek Kualitas Hardisk

Selanjutnya apakah anda sudah melakukan cek terhadap kualitas dari hardisk? Hal ini sangat penting untuk membantu dalam mengetahui apakah terdapat kerusakan atau tidak pada sisi hardisk. Percuma rasanya jika ada kerusakan pada bagian hardisk dan memaksakan untuk bisa dibaca kembali.

Bagian dari hardisk yang rumit memang tidak seharusnya dibongkar secara mandiri. Ada cara khusus untuk melakukan pengecekannya. Untuk cara termudah dalam melakukan pengecekannya bisa menggunakan aplikasi pengecek kualitas hardisk yang dapat anda temukan di google. Silahkan lakukan pengecekan dan cek apakah kualitas hardisk masih dalam kondisi baik atau tidak.

Bersihkan Bagian Konektor Hardisk

Penyebab dari permasalahan hardisk eksternal tidak terbaca dengan baik bisa terjadi karena bagian konektor hardisk tidak bersih atau dalam keadaan kotor. Banyak yang sudah membuktikan bahwa konektor hardisk yang kotor memang menjadi penyebab proses pembacaan pada hardisk kurang baik.

Proses pembersihan pada bagian konektor hardisk sangat mudah untuk dilakukan sendiri. Anda bisa menggunakan cotton bud kemudian bersihkan pada bagian konektornya. Jika sudah bersih, cobalah untuk menyambungkannya lagi ke konektor hardisk. Bagaimana hasilnya? Apakah hardisk sudah bisa terbaca dengan baik?

Service Hardisk

Langkah terakhir yang perlu anda lakukan yaitu dengan melakukan service hardisk. Terutama jika memang data-data yang ada sangat diperlukan. Service hardisk bisa dilakukan oleh mereka yang berpengalaman dan sudah terbukti mampu untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Kami menyediakan jasa service hardisk dengan layanan yang terbaik. Hardisk yang tidak bisa terbaca perlu penanganan penting, terutama jika anda membutuhkan data yang ada didalamnya. Jika anda berminat untuk melakukan service hardisk atau SSD bisa menghubungi nomor 08988980246. Silahkan konsultasi terlebih dahulu mengenai permasalahannya dan akan kami berikan arahan selanjutnya.

Ternyata ada banyak sekali cara mengatasi hardisk eksternal tidak terbaca yang bisa anda coba. Dengan menggunakan beberapa cara tersebut, dijamin akan berhasil untuk memperbaiki hardisk agar bisa terbaca kembali. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk menyampaikannya langsung melalui kolom komentar dibawah ini. Terimakasih!

Leave a Comment