Review SSD Pioneer 120GB

Review SSD Pioneer 120GB akan saya bahas dengan singkat. Pada artikel ini, saya hanya akan berbagi pengalaman saya menggunakan SSD ini. Alasan saya memilih menganti HDD dengan SSD, karena kebutuhan untuk penggunaan laptop menjadi lebih meningkat. Ya, saya disini menggunakan aplikasi Android studio untuk keperluan developer aplikasi.

Dari hal itu, tentunya saya membutuhkan kinerja laptop yang lebih cepat. Setelah saya mencari informasi, cara yang cukup mudah dilakukan yaitu dengan melakukan upgrade HDD ke SSD. Karena, saya sadar diri hanya memiliki laptop yang sangat kentang. Yaitu Core i3 dengan Ram 6Gb saja. Jadi, saya coba mencari SSD dengan harga yang murah.

Saya mencari menggunakan e-commerce Tokopedia dan menemukan produk ini. Pioneer merupakan salah satu produsen elektronik yang sduah cukup terkenal. Sudah banyak sekali produk elektronik yang dikeluarkan oleh pioneer. Sebelum membeli, saya memang mencari terlebih dahulu review dari orang-orang.

Setelah itu, saya membelinya dengan harga Rp. 310.000 untuk SSD 120GB. Selanjutnya, saya mencoba untuk melakukan pemasangan pada alptop dan memulai untuk install ulang semua aplikasi yang dibutuhkan. Untuk informasi, saya disini menggunakna windows 8.1. Sedangkan, untuk kebutuhan sehari-hari saya menggunakan beberapa aplikasi.

Seperti aplikasi chrome, microsoft edge, microsoft office, android studio, sublime. Aplikasi tersebut yang paling sering saya gunakan. Ternyat, setelah menggunakan SSD saya merasakan perbedaan yang sangat signifikan. Saya akan menjelaskannya secara singkat saja ya.

Pertama, mengenai loading untuk memulai laptop. Setidaknya, hanya membutuhkan waktu 5 detik saja sudah masuk ke home screen. Bandingkan jika menggunakan HDD maka membutuhkan waktu kurang lebih 1-2 menit hanya untuk masuk pada halaman awal saja. Tentunya, dari sini saja sudah merasakan perbedaan yang sangat signifikan.

Kedua, untuk penggunaan aplikasinya. Sebagai seorang yang hobinya otak atik, saya tentu menggunakan aplikasi Android Studio. Aplikasi ini sudah sangat dikenal ya menguras kinerja dari laptop. Dengan spesifikasi laptop asus saya yang sangat kentang ini, ternyata masih bisa mengangkat android studio cukup lancar.

Dan, itu bukan hanya menjalankan android studio saja. Melainkan juga membuka aplikasi peramban seperti chrome atau microsoft edge. Terkadang, saya lebih memilh menggunakan microsoft edge karena dirasa lebih ringan dan sangat kompatibel dengan perangkat windows saya.

Disisi lain, untuk keperluan pengiriman data antar hardisk juga menjadi lebih cepat. Jadi, kecepatannya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan HDD. Jika anda mengirim file 1GB akan sangat terasa cukup lama di HDD. Sebaliknya, jika menggunakan SSD ini akan menjadi lebih cepat.

Saat ini, saya sudah menggunakan SSD ini kurang lebih selama 5 bulanan. Hasilnya, laptop saya dalam kondisi yang baik dan tetap aman untuk digunakan. Bahkan, untuk android studio yang baru ini tentu lebih besar ukurannya. Meskipun begitu, masih tetap bisa menggunakan.

Nah, gambar diatas merupakan screnshoot dari penggunaan performance disk pada laptop saya. Terasa begitu lancar dan tetap sangat nyamna untuk digunakna. Oh ya, sampai lupa. Anda perlu tahu bahwa saya menyimpan data yang besar di HDD. Jadi, SSD ini tidak saya gunakan untuk menyimpan file. Jadi, meskipun ukurannya 120GB sampai sekarang digunakan masih tersisa 50GB. Bagaimana, cukup banyak kan?

Sekian, review SSD pioneer 120GB yang bisa saya sampaikan. Semoga, review singkat ini bisa memberikan informasi atau gambaran bagi anda yang ingin membeli SSD. Jika ada pertanyaan, silahkan bisa disampaikan dibawah secara langsung!

4 thoughts on “Review SSD Pioneer 120GB”

Leave a Comment