Cara Mengatasi Ovo Error Paling Ampuh

Cara mengatasi ovo error dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa cara. OVO merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk melakukan pembayaran. Atau, istilah keren dari aplikasi ini yaitu e-wallet dan dompet digital. Saat ini, jumlah pengguna ovo sendiri sudah begitu banyak. Tidak heran, jika kendala tentu bisa saja terjadi.

cara mengatasi ovo error

Aplikasi ovo dikenal memiliki kesatuan dengan adanya aplikasi GRAB. Ya, kita semua tau bahwa pembayaran dengan menggunakan GRAB pasti juga bisa melalui ovo. Sayangnya, beberapa orang sering mengeluh karena aplikasi ovo error. Bisa karena invalid hmac, ovo error 500 dan yang lainnya. Pada artikel ini, akan kami ulas bagaimana cara mengatasi ovo error dengan lengkap.

Beberapa Cara Mengatasi Ovo Error Terampuh

Banyak cara yang bisa digunakan untuk mengatasi aplikasi ovo error. Ini dia beberapa cara yang bisa digunakan:

Force Close

Aplikasi ovo anda memiliki masalah? Tidak perlu khawatir, untuk mengatasinya anda bisa melakukan force close aplikasi. Jadi,  biasanya ovo terdapat crash atau eror karena beberapa sistem terjadi kendala. Hal inilah yang mengakibatkan sebuah sistem tidak bisa berjalan dengan baik kemudian terjadi eror. Beragam masalah error bisa saja terjadi, begitu juga untuk masalah pada aplikasi ovo.

Jika sudah terjadi masalah seperti error tersebut, segera lakukan force close terlebih dahulu dengan cara sebagai berikut:

  • Masuk pada pengaturan hp
  • Pilih manager app
  • Pilih aplikasi ovo
  • Klik pada tulisan force close

Jika sudah, maka silahkan anda buka lagi aplikasi ovo tersebut. Apakah sudah ada perubahan atau belum? Beberapa orang sudah menggunakan cara ini dan hasilnya aplikasi ovo kembali bisa digunakan lagi.

Clear Cache

Cara selanjutnya yang bisa digunakan yaitu dengan clear cache. Sebenarnya, apa sih fungsi dari fitur ini? Fungsi dari fitur ini yaitu membantu untuk melakukan penyimpanan data sementara. Bisa saja, data yang disaimpan kemudian corrupt dan membuat aplikasi menjadi error. Untuk itu, penting bagi anda agar bisa melakukan clear cache aplikasi obo.

Bagaimana cara clear cache ovo? Sangat mudah, anda bisa menggunakan cara berikut ini:

  • Masuk pada pengaturan hp
  • Silahkan pilih manager app
  • Klik pada aplikasi ovo
  • Masuk pada data
  • Pilih clear cache

Jika sudah dilakukan clear cache, langkah selanjutnya silahkan anda buka lagi aplikasi ovo. Dapat dipastikan aplikasi sudah tidak error lagi dan siap untuk digunakan menjadi e-wallet sehari-hari anda.

Install Ulang Aplikasi

Masalah pada aplikasi ovo memang terkadang ada saja yang hampir merepotkan. Seperti halnya, saat kita ingin melakukan pembayaran dan tiba-tiba error. Arrghh,, rasanya tidak bisa dibayangkan. Eh, jadi curhat deh hehehehe.. Lanjut ya, jika anda terdapat eror pada aplikasi ovo maka bisa dicoba untuk melakukan install ulang aplikasi.

Mengapa harus melakukan install ulang aplikasi? Bisa saja, sistem terdapat crash dan mengharuskan untuk melakukan install ulang aplikasi. Jika sebelumnya sudah terinstall maka silahkan uninstall terlebih dahulu. Kemudian, lakukan install dengan menggunakan playstore kembali. Cara ini cukup efektif digunakan untuk melakukan perbaikan pada aplikasi ovo yang error.

Downgrade Versi Aplikasi

Apakah anda sekarang menggunkan versi baru yang kemudian terdapat error? Jika ya, maka cobalah untuk menggunakan versi yang lama saja. Beberapa versi baru kemungkinnan besar masih dalam tahapan beta yang artinya masih percobaan. Jika masih dalam masa percobaan, maka lebih baik untuk menggunakan versi yang lama terlebih dahulu.

Versi baru bisa saja kurang compatible dengan handphone-handphone yang baru. Maka dari itu, lebih baik anda menggunakan versi yang lama terlebih dahulu. Anda bisa mengunduhnya di situs terpercaya melalui google. Pastikan versi yang di unduh versi sebelumnya ya, bukan sama dengan yang sekarang anda gunakan.

Ganti Handphone

Bukan bermaksud untuk mengejek, tetapi masalah ini memang benar adanya karena saya sendiri juga mengalaminya. Bagaimana maksudnya? Jadi, beberapa handophone dengan spesifikasi yang minimm sudah tidak compatible lagi dengan aplikasi ovo. Jadi, sangat penting untuk memperhatikan spesifikasi terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Sebagai contoh, saya sendiri menggunakan android samsung note 3 yang sudah sangat jadul. Jadi, saat menggunakan aplikasi ovo sering kali terdapat error. Untuk itu, jika anda masih menggunakan handphone yang lama, mungkin solusi terbaik saat ini yaitu dengan menganti handphone dengan yang terbaru.

Itu dia beberapa cara mengatasi ovo error yang bisa anda lakukan. Bagaimana, ternyata tidak sulit ya untuk mengatasi permasalah tersebut. Yang terpenting, anda bisa melakukan percobaan tersebut terlebih dahulu. Jika nantinya masih tidak bisa dilakukan, maka silahkan anda bisa langsung menghubungi customer service ovo melalui email atau sosial media. Jika anda terdapat pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment