Cara Mengembangkan Usaha Kuliner

Cara mengembangkan usaha kuliner sangat bisa untuk anda coba agar memperoleh keuntungan yang banyak. Usaha kuliner saat ini menjadi alternatif dimana orang-orang sulit untuk mencari pekerjaan. Bahkan banyak yang lulusan sarjana sampai saat ini masih menganggur dan tidak bisa memperoleh pekerjaan karena pandemi. Banyak yang justru banting setir ke usaha kuliner dan ternyata sukses menjalankan usaha tersebut.

Cara Mengembangkan Usaha Kuliner

Tentunya memang tidak mudah untuk bisa menjalankan usaha kuliner. Selain kualitas yang nomor satu, promosi juga menjadi pilihan yang paling penting. Apa gunanya jika melakukan pengembangan usaha tetapi tidak bisa melakukan promosi dengan benar. Lalu, siapa yang tidak ingin usahanya dapat berkembang dengan pesat? Pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara mengembangkan usaha kuliner agar sukses.

Cara Mengembangkan Usaha Kuliner

Terdapat beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengembangkan usaha kuliner anda agar hasilnya menjadi lebih sukses. Inilah beberapa carannya:

Berikan Kualitas Terbaik

Baik untuk cara yang pertama yaitu dengan memberikan kualitas yang terbaik. Banyak para pemilik usaha kuliner yang mungkin belum memberikan kualitas terbaik untuk mereka jual. Seperti utamanya menggunakan bahan-bahan yang kualitasnya masih biasa saja. Jika anda memang benar-benar ingin mencari pelanggan, cobalah untuk menggunakan bahan-bahan dengan kualitas yang terbaik.

Dengan menggunakan bahan yang berkualitas, tentunya akan membuat pelanggan mencintai produk kuliner yang anda tawarkan. Berapapun harganya, saat orang tersebut memang sudah mencintai produk anda maka akan tetap dibayarkan dan dinikmati. Jadi, satu yang paling penting yaitu berikan kualitas yang terbaik ya!

Berikan Promo Khusus

Sudahkah anda pernah memberikan promo khusus kepada pelanggan? Jangan ragu untuk bisa memberikan promo khusus kepada pelanggan. Ada salah satu kalimat yang membuat para pemilik usaha mencenganng “ Lebih baik untung sedikit tetapi banyak yang terjual, daripada untung besar tetapi pembeli sedikit”. Apa maksud dari perkataan ini sebenarnya?

Maksudnya disini adalah lebih baik memiliki banyak pelanggan namun yang tetap setia membeli produk kita. Cara salah satunya yaitu dengan memberikan promo khusus kepada pelanggan tersebut. Cobalah untuk memberikan potongan diskon tertentu contohnya 10% atau bahkan jika membeli akan mendapatkan kupon dan nantinya bisa ditukar kupon tersebut.

Promosi Lebih Gencar

Sudahkah anda melakukan promosi? Apa saja cara yang anda lakukan untuk melakukan promosi tersebut. Saat ini, sudah saatnya masuk dalam era media sosial yang memungkinkan untuk bisa melakukan promosi secara gratis dan cepat. Untuk itu, tidak ada salahnya bagi anda untuk bisa promosi melalui sosial media tersebut.


seperti di facebook, instagram, tiktok dan yang lainnya semua harus bisa anda masuki. Meskipun anda masih single fighter dalam menjalankan usaha ini. Tetapi faktanya justru disinilah nantinya usaha anda akan bisa berkembang dengan lebih baik. Jangkau lebih banyak pembeli dengan menggunakan sosial media mulai dari sekarang!

Jangan Lupakan Aftersales

Bagian yang jarang orang pikirkan yaitu layanan untuk aftersalesnya. Meskipun dalam bentuk usaha kuliner yang hanya sekali makan saja, tetapi harus tetap diingat mengenai aftersalesnya. Bagaimana maksudnya? Cerita sedikit, jadi saya punya teman yang menjalankan usaha kuliner ayam geprek dan buka 24 jam. Ya anda tidak salah dengar, 24 Jam.

Kemudian, ada seorang pembeli yang melakukan pembelian dengan sistem online pada pukul 03.00 Pagi. Sesampainya disana, ternyata pembeli tersebut komplain karena ada kurang tempe 1 biji. Lalu, apa yang teman saya lakukan? Mereka memberikan 1 paket lagi ayam geprek lengkap dengan tempe yang diminta tersebut sebagai kompensasi atas keteledoran ini. Hasilnya, pelanggan tersebut menjadi pelanggan sampai saat ini. Keren bukan? Inilah yang disebut dengan layanan aftersales terbaik.

Terima Kritik Dan Saran

Sudah sukses, bukan berarti tidak mau lagi untuk menerima kritik dan saran dari pelanggan ya. Justru, jadikan hal ini sebagai pengembangan usaha anda. Nah untuk yang usahanya ingin maju juga tetap haurs menerima kritik dan saran dari para pengguna ya. Pastinya dalam menjalankan usaha kuliner akan ada banyak kritik dan sarannya.

Ingat, jangan baper! Sebagai penjual memang nantinya akan dihadapkan pada banyak situasi termasuk dengan pelanggan yang memberikan kritik dan saran pedas. Nah, ambil sisi positifnya yaitu anda harus melakukan penjualan dengan lebih baik lagi. Sehingga, kedepannya usaha anda akan semakin baik. Okey kan?

Ternyata ada banyak sekali cara mengembangkan usaha kuliner yang bisa anda coba. Beberapa yang telah dibahas diatas diambil dari informasi orang-orang yang memang menjalankan usaha kuliner dan pengalamannya. Jika anda saat ini sedang menjalankan usaha kuliner, tetap semangat dan jangan putus asa. Karena pasti akan ada keuntungan yang besar menanti anda kedepannya. Selamat mencoba!

Leave a Comment