Cara Menghemat Uang Setiap Hari

Cara menghemat uang setiap hari tentu sangat ingin dilakukan oleh banyak orang. Terlebih, untuk mereka yang memang ingin menabung untuk membeli suatu keinginan. Terkadang, rasa ingin berhemat masih saja kalah dengan kebutuhan. Meskipun begitu ayo tetap jangan patah semangat, ada banyak cara yang masih bisa untuk dilakukan.

cara menghemat uang setiap hari

Dengan berhemat, setidaknya sangat baik untuk tetap menjaga keuangan agar tetap dalam kondisi yang baik. Untuk anda yang mulai ingin berhemat uang tetapi belum tahu bagaimana caranya maka jangan bingung. Ada beberapa cara menghemat uang setiap hari yang sangat bisa untuk dilakukan. Baca terus ulasan lebih lengkapnya pada artikel ini.

Cara Menghemat Uang Setiap Hari

Beberapa cara bisa dilakukan untuk menghemat uang dalam setiap harinya. Berikut ini beberapa caranya:

Gunakan Sesuai Dengan Kebutuhan

Siapa yang tidak membutuhkan uang dalam kehidupan sehari-hairnya? Dengan menggunakan uang, maka segala kebutuhan akan bisa terpenuhi.  Menggunakan uang sesuai dengan kebutuhan merupakan salah satu kunci dari berhemat. Mengapa bisa disebut dengan demikian?

Sebagai contoh kecil saja, saat anda bermain online shop atau marketplace hanya sekedar melihat-lihat saja kemudian tertarik untuk membelinya dan ya, anda justru membelinya. Apakah anda sudah memastikan membelinya sesuai dengan kebutuhan? Belum tentu, bisa jadi anda membeli sesuai keinginan. Ini yang menjadi masalah bagi banyak orang, beli sesatu hanya untuk keinginan bukan kebutuhan. Mulai sekarang, coba rubah pola tersebut ya!

Investasikan Uang

Langkah berikutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan melek investasi. Apakah perlu untuk melek investasi sejak dini? Jelas, hal ini akan sangat berpengaruh pada kedepannya. Jangan takut dengan masa depan yang menyeramkan saat anda melek investasi. Dengan melakukan investasi uang, anda juga belajar untuk lebih berhemat.

Ada banyak sekali cara untuk menginvestasikan uang, tidak harus bermain dengan saham. Bermain saja dengan kepastian seperti di reksadana yang sudah pasti memberikan keuntungan meskipun sedikit. Atau, anda juga bisa menginvestasikan dalam bentuk skill untuk menambah keterampilan yang anda miliki. Hal tersebut lebih baik untuk meningkatkan daya jual anda!

Jangan Merokok

Ini nih salah satu permasalahan yang sulit untuk dihadapi yaitu merokok. Dengan merokok, seseorang akan lebih banyak mengeluarkan uangnya tanpa disadari. Rokok membuat kecanduan bagi banyak orang dan membuat orang tersebut rela mengeluarkan banyak uang untuk membelinya.

Bahkan, banyak orang yang rela berhutang hanya untuk merokok saja. Sangat disayangkan bukan? Karena itu, lebih baik untuk tidak merokok atau berhenti bagi anda yang merokok. Bayangkan saja ya, dalam 1 hari setidaknya 1 bungkus untuk merokok. Maka, berapa besar biaya yang dikeluarkan hanya untuk membayar rokok tersebut selama 1 bulan, ya sekitar Rp. 600 Ribu, cukup besar kan!

Jangan Mudah Meminjamkan Uang

Kesalahan bagi banyak orang yang ingin berhemat yaitu meminjamkan uangnya kepada orang yang salah. Alih-alih ingin meminjamkan uang dan meminta untuk melakukan pembayaran hutangnya, orang tersebut justru kabur dan tidak ingin mengembalikan uang yang telah dipinjam tersebut.

Hal ini sangat sakit untuk dirasakan, disaat kita sedang susah payah ingin berhemat tetapi seseorang justru melakukan hal buruk tersebut. Karena itu, lebih baik tidak perlu untuk meminjamkan uang kepada siapapun. Lebih baik menolaknya secara halus “ mohon maaf, saya tidak memiliki uang simpanan lebih  yang bisa dipinjamkan” itu jauh lebih baik.

Masak Sendiri Jika Perlu

Hey para ladies yang sedang ingin berhemat, tidak ada salahnya loh bagi kalian untuk memulai masak sendiri. Apalagi yang hidup di perantauan, pasti sangat ingin untuk menghemat uangnya ya, tetapi bingung bagaimana cara yang bisa dilakukan. Cara termudah yang bisa dilakukan yaitu dengan masak sendiri.

Mungkin sebelumnya banyak dari and ayang sering melakukan pembelian masakan dengan harga yang kurang normal. Sebagai contoh saja, jika makan sehari-hari membeli maka akan menghabiskan uang kurang lebih Rp. 1 Juta per bulannya. Jika dengan memasak sendiri anda mungkin bisa mengeluarkan uang hanya Rp. 700 Ribu per bulan. Sudah hemat Rp. 300 Ribu per bulannya. Menarik untuk dicoba kan?

Dahulukan Alokasi Wajib

Mengalokasikan uang untuk keperluan yang wajib sangatlah diperlukan. Apa yang dimaksud dengan alokasi wajib? Yaitu alokasi yang bersifat kedepan seperti kesehatan, pendidikan dan yang lainnya. Hal-hal seperti itu sangat penting untuk didahulukan terlebih dahulu. Jangan pernah sekali-kali mendahulukan hal yang tidak penting.

Hal yang tidak penting hanya akan membuat pengeluaran anda semakin banyak. Pemasukan yang tidak seimbang dengan pengeluarkan membuat anda menjadi bangkrut. Lebih baik, selalu dahulukan alokasi wajib jika memang bersungguh-sungguh ingin menabung. Ingat selalu hal ini ya!

Selalu Mencatat Pengeluaran Dan Pemasukan

Bagian yang paling penting jika ingin menabung dengan aman dan nyaman yaitu selalu mencatat pengeluaran serta pemasukan. Kedua hal ini memang saling berkaitan satu sama lain. Karena jika pengeluaran yang ada tidak dicatat, bagaimana anda bisa tahu kemana uang tersebut berjalan?

Serta, jika anda tidak mencatat pemasukan juga tidak akan tahu bagaimana uang tersebut kemana arahnya. Maka lebih baik untuk selalu mencatat pemasukan juga sekecil apapun pemasukan tersebut. Jangan sampai anda tidak mencatatnya dan justru lupa akan pemasukannya.

Hindari Berhutang

Apakah anda suka berhutang? Jika ya, jangan harap bisa menghemat uang. Langkah pertama jika anda masih memiliki hutang yaitu melunasinya terlebih dahulu. Karena dengan memiliki hutang anda tidak bisa menabung dengan lebih nyaman. Justru akan susah untuk melakukan menabungnya.

Hutang menjadi salah satu dari permasalahan yang mungkin terjadi bagi banyak orang jika tidak diselesaikan dengan baik. Karenanya, lebih baik anda untuk menyelesaikannya dengan sesegera mungkin. Jangan sampai anda lupa untuk tidak menyelesasikan mengenai utang tersebut!

Itulah beberapa cara menghemat uang setiap hari yang bisa dilakukan dengan mudah. Dengan menggunakan beberapa cara tersebut, dijamin anda akan bisa lebih berhemat dan mendapatkan tabungan yang lebih banyak. Ingat, selalu catat pemasukan dan pengeluaran jika ingin berhemat dengan lebih baik. Semoga bermanfaat!

1 thought on “Cara Menghemat Uang Setiap Hari”

Leave a Comment