Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa

Contoh bisnis kreatif mahasiswa mungkin saat ini sedang anda cari. Tidak heran, jika banyak mahasiswa yang ingin menjalankan bisnis salah satu alasannya yaitu karena inin menambah keuangan. Karena, banyak juga yang sudah malu selalu meminta kepada orang tua atau juga ingin mencoba keberuntungan dalam berwirausaha.

contoh bisnis kreatif indonesia

Untuk itu, banyak dari anda yang mungkin ingin melakukan bisnis secara kreatif tersebut. Banyak yang berminat, namun mungkin belum  mengetahui apa saja yang mencari referensinya. Sebenarnya ada banyak sekali pilihan bisnis yang bisa dijalankan. Mau tau apa saja pilihan contoh bisnis kreatif mahasiswa? Simak selengkapnya pada artikel ini.

Beberapa Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa

Jika anda bingung dalam menentukan bisnis kreatif yang cocok untuk para mahasiswa, maka akan kami sampaikan pilihannya. Berikut ini beberapa pilihannya:

Bisnis Jualan Baju Bekas

Pasti kalian sudah banyak yang tahu yang mengenai bisnis ini? Memang sudah banyak para mahasiswa yang melakukan bisnis ini. Salah satu alasannya tentu karena kemudahan dan banyak dicari oleh orang lain. Bisnis berjualan baju bekas bukanlah hal yang buruk, karena baju yang didapatkan juga tidak begitu buruk.

Hal pertama yang anda perlu lakukan yaitu mencari dimana supplier yang bisa anda ambil baju bekas dengan kualitas yang bagus. Ada banyak sekali supplier yang tersedia untuk menyediakan baju bekas berkualitas. Jangan sembarangan dalam memilih supplier,k cek terlebih dahulu kualitasnya. Menariknya saat anda menjalankan bisnis ini, maka dapat menentukan harganya sendiri. Bagaimana untuk promosinya? Jangan repot, jaman sudah canggih post di media sosial dan marketplace dijamin laku!

Bisnis Digital Marketing

Di era sekarang yang serba internet, sudah seharusnya memanfaatkan dengan baik. Begitu juga dengan para mahasiswa yang sangat bisa memanfaatkan momen terbaik ini. Bagaimaana caranya? Mulai dengan berbisnis digital marketing. Bisnis yang satu ini sangat memberikan keuntungan yang cukup banyak.

Ada banyak sekali cara untuk memulai bisnis digital markting bisa melalui facebook ads, instagram ads, google ads, tiktok ads dan yang lainnya. Saya pribadi menyarankan anda untuk memulia bisnis digital marketing dengan menggunakan facebook ads. Karena, dengan menggunakan facebook adds akan memudahkan dalam melakukan iklannya. Memang membutuhkan modal untuk menjalankan bisnis ini, tetapi jika sudah paham akan sangat menguntungkan!

Bisnis Minuman

Mahasiswa dikenal sebagai sosok yang kreatif dengan ide begitu banyak. Hanya saja, masih banyak yang mungkin kurang berani untuk merealisasikan ide tersebut. Nah, salah satu bisnis yang bisa dijalankan bagi para mahasiswa yaitu bisnis minuman. Tentunya, saat ini sudah ada banyak sekali bisnis minuman ya? Benar begitu?

Meskipun begitu, masih ada banyak lagi pilihan bisnis minuman yang sebenarnya bisa dijalankan. Jual saja produk yang menurut anda menarik namun tetap rasa menjadi nomor satu. Perpaduan dengan produk yang menarik dan rasa terbaik menciptakan kualitas nomor pertama. Tertarik ingin memulia bisnis minuman ini?

Bisnis Camilan

Ada beragam camilan yang sudah ada di era sekarang,tapi apakah anda memiliki ide yang lainnya? Jika ya, coba realiasikan ide tersebut. Berbisnis camilan sebenarnya tidak jauh bereda dengan berbisnis minuman hanya saja, ntu orodykk yag ditawarkan memang berbeda. Ada satu yang bisa menjadi ketertarikan bagi anda uuntuk melakukan bisnis yang satu ini.

Keuntungan yang bisa didapatkan hampir ukup banyak. Jadi, bisa dibilang justru bisa mendapatkan banyak uang meskipun anda mahasiwa yang hanya berjualan camilan. Sudah banyak para mahasiswa yang mencoba peruntungan dengan memulai bisnis usaha ini. Faktanya, banyak juga yang mendapatkan keuntungan berlipat!

Bisnis Event Organizer

Mahasiswa mungkin sangat melekat dengan hal yang satu ini, EO atau Event Organizer pasti sudah sangat dikenal. Dengan menjalankan bisnis yang satu ini, tentu memang membutuhkan pekerja yang tidak hanya satu orang saja. Melainkan, ada banyak pekerja yang seharusnya bisa bekerja sama.

Bagaimana solusinya? Jika anda seroang mahasiswa, ajak teman untuk biisa bergabung bersama dalam menjalankan bisnis ini. Meskipun, di era pandemi ini memang sudah tidak ada lagi event yang berjalan. Justru, ini momen yang terbaik untuk anda melakukan penataan terlebihd ahulu sebelum melakuakn launching. Menyiapkan konsep yang baik untuk kemudian dilakukan penawaran kepada orang-orang nantinya.

Bisnis Jualan Akun Aplikasi Premium

Jika anda bermain media sosial twitter, pasti ada satu hal yang sangat umum terjadi. Ya, banyak dari mereka yang melakukan tweet dengan menawarkan jualan akun aplikasi premium. Sebenarnya, apakah bisnis yang satu ini menguntungkan? Jawabannya, tentu sangat menguntungkan!

Sebagai contoh saja, akun canva premium mungkin banyak yang menjualnya dengan harga Rp. 20 Ribu. Sedangkan, untuk harga penjualan pertamanya yaitu Rp. 15 Ribu. Yang berarti, keuntungannya Rp. 5 Ribu untuk sekali penjualan saja. Jika dalam sehari ada 10 penjualan, berarti bisa mendapatkan Rp. 50 Ribu dalam satu hari. Jika lebih? Silahkan hitung saja sendiri berapa keuntungannya.

Bisnis Promosi Instagram

Anda memiliki banyak followers? Jangan ragu, bisa nih dimanfaatkan untuk mendapatkan uang. Bagaimana caranya? Yaitu dengan melakukan promosi instagram, sangat mudah untuk melakukan hal yang satu ini. Anggap saja anda sebagai selebgram yang sedang melakukan endorse.

Namun, endorse yang anda lakukan yaitu dengan harga yang relatif lebih murah. Contohnya, mungkin anda melakukan endorse Rp. 50 Ribu per postingannya. Cobalah untuk melakukan penawaran ke angency yang membutuhkan iklan. Siapa tahu, ada saja yang tertarik ingin menggunakan layanan jasa anda!

Bisnis Layanan Jasa

Memiliki ketrampilan yang ingin dimanfaatkan untuk mendapatkan uang? Jangan bingung, anda bisa melakukan layanan jasa dengan mendapatkan keuntungan dari skill tersebut. Sebagai contoh saja, mungkin anda memiliki skill untuk menulis dengan baik. Nah, ini bisa dimanfaatkan dengan baik.

Bagaimana caranya? Tentu dengan menjual jasa penulisan tersebut. Cerita dari seseorang, untuk jasa penulisan ini dalam sekali proyek bisa mendapatkan Rp. 2 Juta rupiah. Cukup banyak bukan jumlah tersebut? Jika anda tidak sanggup menuliskan secara mandiri, anda bisa meminta seseorang untuk membantu anda. Begitu juga dengan anda yang memiliki skill editing, make up, las dan lainnya silahkan saja dicoba. Jangan karena anda mahasiswa, lantas tidak mau mencoba!

Bisnis Handmade

Produk yang handhmade dan lokal saat ini sedang dicari oleh banyak orang. Local pride memang sedang naik daun faktanya, karena sudah banyak juga produk lokal yang sangat berkualitas. Contohnya saja, produk sepatu lokal sudah memiliki demand yang tinggi untuk penjualannya.

Disinilah, kita bisa memanfaatkan untuk melakukan bisnis penjualan. Karena, bisa sangat mudah untuk melakukan penjualan tersebut. Hanya dengan membuatnya secara langsung dirumah, anda bisa menjualnya langsung secara online. Percayalah, pasti akan laku produk yang dibuat dengan menggunakan tangan asli. Selama kualitasnya baik, dijamin akan sangat oke dan banyak yang tertarik!

Itu dia beberapa contoh bisnis kreatif mahasiswa yang bisa anda jalankan. Bagaimana, tertarik ingin menjalankan bisnis yang mana? Semua pilihan diatas tentu sangat bisa untuk dicoba. Dijamin, dengan menjalankan bisnis diatas maka anda bisa mendapatkan keuntungan. Semoga sukses!

Leave a Comment