Resiko Pinjaman Online Jika Tidak Dibayar

admin_amurya

Resiko pinjaman online jika tidak dibayar

Resiko pinjaman online jika tidak dibayar tentu akan sangat merepotkan. Pinjaman online saat ini semakin memudahkan untuk melakukan peminjamanya dari para penggunanya. Hal inilah yang membuat pengguna pinjol naik secara drastis. Terlebih dengan kebutuhan gaya hidup yang semakin hari semakin tinggi membuat ada saja yang menggunakan layanan dari pinjaman online.

Tetapi banyak yang tidak memikirkan mengenai dampak atau resiko yang didapatkan jika melakukan gagal bayar atau tidak melakukan pembayaran. Bagi anda yang baru melakukan gagal bayar mungkin menganggap bahwa resikonya sedikit. Ternyata resiko dari tidak melakukan pembayaran pinjaman online cukup berbahaya loh.  

Beberapa Resiko Pinjaman Online Jika Tidak Dibayar

Inilah beberapa resiko yang nantinya bisa anda dapatkan jika tidak melakukan pembayaran terhadap pinjaman online:

SLIK OJK

Tahukah anda bahwa jika pinjaman online berkaitan satu sama lain dengan Bank yang ada saat ini. Jadi data yang anda miliki di pinjaman online tentu bisa dilihat juga oleh Bank karena sistemnya masih terintegrasi satu sama lainnya. Jika nantinya anda membutuhkan dana untuk melakukan pinjaman di bank maka akan dilakukan pengecekan terlebih dahulu apakah terdapat hutang yang belum dilakukan pelunasan.

Seperti contohnya pada aplikasi pinjaman online ini apakah sudah dilunasi atau belum. Nah jika belum maka nantinya pihak bank akan memberi tahu anda bahwa anda diharuskan melakukan pelunasan terlebih dahulu sebelum melakukan pinjaman. Pihak Bank tidak bisa melanjutkan proses peminjaman karena anda memiliki hutang atau terkena SLIK OJK dan harus dibersihkan terlebih dahulu. Daripada merepotkan, maka lebih baik anda melakukan pembayaran tagihan pinjol sesuai pada waktunya ya!

Bunga Menumpuk

Siapa bilang jika anda tidak melakukan pembayaran pinjol maka bunga akan tetap segitu saja? Salah besar, justru bunga yang ada akan semakin membesar sesuai dengan denda yang diberikan pada telat waktunya. Mungkin masih banyak dari anda yang tidak memahami mengenai hal ini, karena memang jarang diberi tahu oleh pihak pinjaman online. Untuk itu anda sudah tahu sekarang, bunga yang menumpuk disebabkan karena anda tidak melakukan pembayaran.

Serta ditambahkan oleh denda dan bunga yang tetap berjalan sesuai dengan masa berlakunya. Jika anda ingin melakukan pembayarannya, maka harus dibayarkan semuanya dan justru akan memberatkan anda. Inilah resiko yang mungkin akan sangat merugikan karena menjadikan anda tidak bisa menggunakannya lagi, dan justru akan menambah pikiran saat bunga yang tertera semakin menjadi lebih besar.

Dikejar Debt Collector

Pernahkah anda dikejar oleh Debt Collector? Jika belum, maka anda mungkin ingin merasakannya hehehe. Ya karena anda sendiri belum melakukan pembayaran pinjaman online. Rasanya dikejar DC tentu sangat tidak menyenangkan. Sudah banyak yang mencobanya dan berakhir dengan keputus asaan atau membuat emosi menjadi kewajiban setiap harinya. DC tidak akan henti melakukan penagihan karena itu memang hak dan kewajiban yang harus diambil kembali.

Anda sebagai peminjam uang sudah seharusnya juga melakukan pembayaran sesuai pada kesepakatannya. Jangan tidak melakukan pembayaran, karena akan merugikan diri sendiri dan keluarga dimana DC melakukan penagihan sampai ke rumah dan ke tetangga atau bahkan mengunjungi tempat kerja anda. Apakah anda tidak malu akan hal tersebut? Coba dipikirkan kembali.

Teror Ke Kontak

Selain melakukan pengejaran ke rumah, DC juga akan melakuakn teror ke kontak anda. Dimana saat anda menggunakan aplikasi pinjaman online, maka seluruh kontak yang ada di handphone anda otomatis akan dilakukan penyimpanan sebagai database pada mereka untuk nantinya dilakukan penagihan melalui kontak tersebut. Bahkan untuk teror yang diberikan ke kontak sudah dalam tahapan yang tidak wajar.

Banyak teror diberikan dengan melakukan pelecehan terhadap foto anda memegang KTP dengan kata kata yang kasar. Tentunya sebagai orang yang diteror juga takut dan akhirnya akan melaporkan kepada anda. Belum lagi anda akan menerima hujatan dari orang lain yang mungkin terkena teror terhadap hal buruk yang telah anda lakukan.

Untuk itu lebih baik melakukan pembayaran tagihan jika masih bisa dilakukan bagaimanapun itu caranya. Jangan pertaruhkan harga diri hanya dengan tidak membayar tagihan yang seharusnya anda bayar. Atau bahkan sampai kabur dari pinjaman online, karena itu justru membuat diri anda menjadi tidak nyaman dan aman kedepannya. Lebih baik mencari cara untuk membayar dan tidak menggunakannya kembali.

Begitulah pembahasan mengenai resiko pinjaman online jika tidak dibayar yang harus anda ketahui. Sekarang anda sudah paham ya mengenai resiko jika tidak melakukan pembayaran. Maka ada baiknya sebelum melakukan pinjaman online untuk bisa memastikan terlebih dahulu apakah mampu untuk melakukan pembayaran atau tidak. Jangan hanya karena gengsi maka melakukan pinjaman dan kemudian bingung untuk pembayarannya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar