Tips Hidup Frugal Living

admin_amurya

Tips hidup frugal living

Tips hidup frugal living saat ini sedang banyak dicari tahu oleh kebanyakan orang. Terutama untuk para Gen Z yang sudah mulai menata kehidupan setelah menjalani dunia kerja. Banyak yang mulai memikirkan mengenai bagaimana cara untuk memperoleh hunian dengan hanya mengandalkan uang dari gaji yang didapat.

Belum lagi tentang pendapatan yang ternyata tidak sesuai dengan realitanya. Salah satu solusi yang bisa digunakan yaitu dengan menggunakan gaya hidup frugal living. Frugal living lebih berfokus pada pengeluaran dan penghematan uang yang digunakan. Pada artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai tips untuk hidup menggunakan frugal living.

Beberapa Tips Hidup Frugal Living

Tidak perlu bingung untuk memulai hidup dengan menggunakan gaya frugal living, anda bisa memakai cara berikut:

Jangan Belanja Tidak Perlu

Langkah pertama yang perlu untuk diperhatikan yaitu tidak berbelanja yang kurang diperlukan. Saat ini kita dengan mudah dapat membuka e-commerce dan melihat barang yang kita inginkan. Belum lagi dengan algoritma dari sosial media yang membuat kita mendapatkan barang yang diinginkan menjadi lebih mudah. Tentunya ini menjadi salah satu faktor mengapa lebih mudah untuk mengeluarkan uang. Mulai sekarang, anda harus melakukan pengaturan pembelanjaan yang seperlunya. Jangan buang buang uang untuk belanja yang tidak perlu tersebut.

Hidup Sesuai Kebutuhan

Ini nih yang menjadi permasalahan bagi para generasi z di era sekarang yaitu gaya hidupnya. Banyak dari para generasi z yang hidup dengan ugal-ugalan. Waduh, bagaimana itu maksudnya? Jadi mereka justru menghabiskan uangnya hanya untuk gaya hidup mewah saja. Padahal Gaji masih UMR tetapi gaya hidupnya melebihi yang gajinya dua digit. Atau istilahnya “Gaya Elit tapi ekonomi Sulit” wkwkwk.. Cobalah untuk hidup sesuai pada kebutuhannya, gunakan uang sesuai porsinya dan tidak gengsi atau iri. Dijamin, uang anda akan terkumpul dengan cepat!

Rawat Dan Sayangi Barang Kita

Seburuk-buruknya barang yang kita beli, lebih baik untuk tetap dilakukan perawatan dan sayangi dengan baik. Karena barang tersebut sudah dibeli dengan hasil kerja keras anda bekerja. Masa iya ingin diabaikan begitu saja? Cobalah untuk melakukan perawatan dengan baik agar tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli yang baru. Sebagai contoh, untuk laptop yang masih bisa digunakan lebih baik untuk tetap digunakan. Lakukan perawatan dengan mengecek kebersihan laptop dan bersihkan secara berkala. Hindari dari hal yang dapat membuat laptop tersebut mati total !

Siapkan Dana Antisipasi

Perlu diingat, dalam menjalankan kehidupan sangat diperlukan dana antisipasi. Dana ini dapat digunakan saat dalam kondisi yang mendadak. Atau biasa kita mengenalnya dengan simpanan dana darurat. Ya, dengan adanya simpanan dana darurat memungkinkan jika memang kebutuhan mendadak tidak harus melakukan peminjaman dana. Hanya perlu menggunakan dana antisipasi tersebut maka akan menjadi lebih nyaman hidupnya tanpa pinjaman. Berapa besar dana antisipasi? Anda bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan, misalnya 10% dari gaji akan dimasukan setiap bulannya pada dana antisipasi tentu masih bisa tetap dilakukan.

Beli Barang Dengan Kualitas Bagus

Tahukah anda seberapa pengaruhnya pembelian barang dengan kualitas yang bagus? Jelas sangat berpengaruh. Karena dengan penggunaan barang yang bagus akan memberikan pengalaman dan daya penggunaan lebih tinggi. Sebagai contoh, saat anda membeli sebuah mouse biasa dengan harga Rp. 15.000 mungkin akan tidak nyaman digunakan dan masih menggunakan kabel serta mudah untuk rusak. Bandingkan dengan anda membeli mouse merek tertentu yang harganya ada diantara Rp. 100.000 sudah tanpa kabel dan kualitasnya baik dapat digunakan selama bertahun-tahun. Terlebih juga nyaman dalam menggunakannya, lebih suka untuk yang mana? Silahkan pilih!

Beli Barang Murah Namun Berkualitas

Anda juga harus memperhatikan harga sebelum membeli baang yang berkualitas. Memang boleh saja membeli barang berkualitas, namun jika bisa temukan harga yang sedang promo. Ini akan membantu untuk melakukan penghematan kepada uang anda. Dibandingkan anda membeli barang yang kualitasnya kurang namun harganya mahal. Anda bisa melakukan compare dengan e-commerce yang lainnya untuk menemukan harga yang terbaik. Jangan terburu-buru dalam membeli suatu barang terutama secara online. Karena akan menentukan bagaimana hasilnya nanti saat digunakan.

Cari Bahan Pengganti Makanan Lainnya

Ini nih satu yang juga penting untuk anda perhatikan yaitu mengenai konsumsi makanan. Sebaiknya, anda bisa menemukan konsumsi makanan yang tepat yaitu murah namun tetap menyehatkan. Banyak sekali pilihan makanan yang sehat namun masih anda abaikan. Justru era sekarang ini malah lebih banyak hadir makanan junk food yang justru membuat kesehatan menjadi kurang baik. Alangkah baiknya mulai untuk melakukan rekap persiapan makanan yang akan dikonsumsi secara rutin. Buatlah resep terbaik yang sehat namun tetap murah!

Nah itulah tips hidup frugal living yang dapat untuk anda lakukan. Dalam menjalankan hidup frugal living memang tidaklah mudah, namun anda tetap harus mencobanya. Karena terutama diera ini akan sangat membantu agar lebih hemat dalam pengeluarannya. Siapkah anda untuk mencobanya? Yuk mulai dari sekarang!

Tinggalkan komentar