Ini Dia Cara Hidup Minimalis Ala Raditya Dika!

Hidup minimalis ala raditya dika mungkin masih banyak yang bingung dalam memahaminya ya? Sosok Raditya Dika pasti sudah tidak asing bagi banyak kalangan. Bukan hanya terkenal sebagai Stand Up Comedy saja, melainkan juga penulis maupun sutradara. Disisi lain, raditya dika juga mengambil langkah untuk memiliki gaya hidup yang minimalis. Artikel ini merupakan pendapat saya semata, setelah mengikuti Channel Raditya Dika.

cara hidup minimalis ala raditya dika

Gaya Hidup minimalis dapat diartikan untuk menggunakan penggunaan yang sesuai dengan kebutuhan saja. Gaya hidup minimalis bukan berarti tidak mampu, melainkan lebih pada memangkas hal-hal yang tidak diperlukan. Banyak yang mungkin masih kurang paham dengan gaya hidup minimalis ini, sehingga mereka menganggap bahwa gaya hidup ini hanya untuk orang tidak mampu.

Faktanya, kita ambil dari satu orang yang kaya yaitu Raditya Dika. Jika anda juga mengikuti channel dari raditnya dika, maka paham ada video yang membahas mengenai gaya hidup ini. Anda bisa perhatikan dalam beberapa tahun kebelakang ini, raditnya dika sering sekali menggunakan penampilan yang apa adanya dan tidak berlebihan.

Mungkin, bisa saya ambil contoh ya salah satunya yaitu pada Channel dengan judul “Niatnya Review Mobil Palah Istri Pengen” di salah satu video ini perhatikan penampilan dari raditya dika yaitu hanya menggunakan Topi, baju, jam dan celana yang sangat minimalis saja. Tidak tampil dengan kesan yang glamor yang mewah.

Gaya hidup minimalis sebenarnya sangat baik untuk tetap dapat dilakukan oleh siapapun. Bukan hanya yang kaya, atau yang miskin. Hanya saja, setiap orang berhak untuk menentukan sendiri batas minimum untuk tampil dengan gaya minimalisnya. Jadi, tidak ada ketentuan khusus untuk menentukan apakah seseorang tersebut sudah minimalis atau belum.

Contoh kecilnya, Raditya Dika menggunakan Jam Rolex dengan harga kurang lebih Rp. 50 Juta. Apakah dia masih bisa disebut gaya hidupnya minimalis? Kita mungkin berangapan tidak. Tetapi, dirinyalah yang beranggapan bahwa dirinya sudah bergaya hidup minimalis. Karena, kita tahu sebelumnya Radit sangat suka mengkoleksi jam tangan mewah. Namun, sekarang dirinya hanya memiliki satu jam tangan saja.

Inilah yang saya maksud, bahwa setiap orang memiliki batas masing-masing terhadap gaya untuk hidup minimalisnya. Orang lain tidak bisa menentukan dimana batas dari gaya minimalis orang tersebut. Melainkan, orang tersebutlah yang bisa menentukannya. Kita, tentunya bisa memulai untuk bergaya secara minimalis.

Jika di ulas dengan lebih dalam, justru gaya hidup minimalis ini memiliki begitu banyak manfaatnya. Bahkan, bukan hanya untuk diri sendiri saja melainkan juga keluarga. Perlu di ingat, kesederhaan tidak mencerminkan bahwa anda miskin. Begitu pula sebaliknya, menggunakan pakaian yang mewah dan glamor juga tidak secara langsung mencerminkan bahwa anda kaya!

Jadi, apakah anda tertarik untuk memulai gaya hidup minimalis ala raditya dika? Anda boleh-boleh saya mengikutinya, hanya saja perhatikan batasan-batasannya. Selain itu, jangan anggap bahwa gaya hidup ini juga harus di ikuti oleh orang lain. Tidak, bukan seperti itu yang dimaksud. Semua orang berhak untuk menentukan gaya hidupnya sendiri-sendiri. Semoga, apa yang saya sampaikan ini juga dapat bermanfaat bagi orang lain. Serta, terimakasih untuk Bang Raditya Dika yang telah membuat saya sadar untuk bisa hidup minimalis tanpa memperdulikan orang lain. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment