Tips Sehat Bermain Media Sosial

Tips sehat bermain media sosial mungkin sedang anda butuhkan saat ini. Tidak dapat dipungkiri, jika bermain media sosial di era sekarang merupakan hal yang sudah paling sering dilakukan. Karena, tanpa melakukan media sosial terkadang membuat kegabutan atau kebosanan. Tidak masalah, namun anda harus bermain sosial secara sehat.

tips sehat bermain media sosial

Apa sebenarnya yang dimaksud bermain media sosial secara sehat? Yaitu tidak melakukan hal yang bisa merusak diri kita sendiri maupun orang lain. Mungkin, banyak dari anda yang belum tahu apa saja tips untuk sehat bermain media sosial. Untuk itu, anda harus membaca secara lengkap mengenai tips sehat bermain media sosial.

Beberapa Tips Sehat Bermain Media Sosial

Ada beberapa tips yang harus anda lakukan untuk bisa tetap sehat dalam bermain media sosial. Beirkut beberapa tipsnya:

Aktif Pada Dua Media Sosial Saja

Saya tebak, pasti anda memiliki banyak sekali akun media sosial ya? Instagram, tiktok, facebook, twitter dan yang lainnya. Jadi, seberapa sering anda aktif pada semua media sosial itu? Sebaiknya, jangan terlalu aktif pada banyak media sosial. Utamakan untuk keperluan-keperluan anda saja.

Sebagai contoh, anda bisa aktif pada dua media sosial seperti Instagram dan Facebook. Mungkin, Instagram bisa menghubungkan anda dengan orang-orang yang lainnya. Sedangkan, untuk facebook dapat mendapatkan informasi dari berbagai macam grup yang ada didalamnya. Anda bisa mengatur mana yang lebih anda prioritaskan.

Jangan Terlalu Rutin Membukanya

Kesalahan bagi pengguna media sosial di era sekarang yaitu terlalu rutin untuk membukanya. Jujur saja, berapa jam waktu yang kita habiskan hanya untuk membuka sosial media? Per harinya, waktu kita untuk memegang smartphone saja bisa lebih dari 12 jam. Waktu ini menjadi tidak efektif jika kita tidak manfaatkan dengan baik.

Alangkah baiknya, untuk bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Jangan terlalu rutin untuk membuka media sosial, lebih baik manfaatkan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat lainnya. Seperti membaca buku, melakukan research atau sekedar bertemu dengan teman-teman. Oh ya, anda juga bisa merehatkan terleebih dhaulu mata agar tetap sehat.

Tidak Pamer Harta

Apakah anda pernah pamer harta di media sosial? Atau, teman-teman anda melakukan hal tersebut? Jangan pernah melakukan hal yang satu ini. Karena, rasa iri yang ada dalam diri sendiri maupun orang lain membuat kehidupan ini menjadi tidak sehat. Biasanya, orang-orang yang pamer harta ialah mereka yang haus akan pujian.

Jadi, jika anda tidak haus akan pujian maka saran saya jangan lakukan hal seperti ini. Lebih baik, jika ingin memposting suatu hal yang baik-baik saja. Informasi yang bermanfaat bagi banyak orang lain, dan berarti untuk membantu dalam kehidupan. Tinggalkan hal-hal yang buruk yang ada pada media sosial.

Bermain Dengan Bijak

bermain media sosial dengan bijak

Ada begitu banyak hal yang aneh di media sosial. Bermainlah media sosial dengan bijak an sebaik-baiknya. Biasanya, kita terlalu mendramalisir dalam melakukan apa yang seharusnya bukan dalam ranahnya. Di media sosial, kadang kita menjadi sok tahu dan berbicara tanpa ada aturannya.

Ilmu yang kita miliki terkadang terlalu kecil dibandingkan dengan mereka yang lebih paham. Masih ingat kampung miliader yang mendapatkan ganti rugi dari pertamina? Lihat saja di kolom komentarnya, penuh dengan komentar yang mengatakan “ Uangnya di sedehkankan jangan lupa” “ Jangan lupa di investasikan”. Ingat! Bijaklah dalam bermain media sosial, karena kita tidak tahu apa yang sebenarnya dilakukan oleh orang tersebut.

Selain itu, jangan pernah menyebarkan hoax atau berita yang belum jelas kebenarannya. Era sekarang ini sangat mudah bagi seseorang untuk membuat postingan yang menghasut. Jadi, sebelum melakukan share alangkah baiknya untuk mencari tahu lebih dalam terlebih dahulu. Jangan share sembarangan ya!

Tidak Perlu Post Lebay

Jika kita masih berada di era sekitar tahun 2010 mungkin ini masih wajar. Karena, saat itu media sosial masih sangat baru dan kita harus melakukan uji coba kepatutan bermedia sosial, begitu istilahnya ya. TAPI, di era sekarang tentu sudah banyak informasi dan aturan bagaimana bermain media sosial dengan baik.

Tidak perlu lah, melakukan psot yang lebay dan membuat banyak pengguna menjadi tertarik pada postingan anda. Apapun post yang terlalu drama juga masuk dalam kategori lebay. Sedikit-sedikit mulai dilakukan post selalu hal-hal yang kurang berguna. Ada baiknya, posting saja hal-hal yang berguna. Jika anda menyebarkan manfaat, maka anda akan lebih dikenal sebagai penyebar manfaat juga.

Follow Hanya Yang Perlu Saja

Begitu banyak sekali akun yang menyediakan informasi atau para pengguna yang ingin berteman. Sekarang, sudahkan anda mengikuti orang-orang yang hanya diperlukan saja. Atau, anda sudah ditutupi dengan selimut bahwa bermain media sosial harus menjadi orang yang terkenal.


Sebaiknya, mulailah untuk melakukan unfollow pada akun-akun pengguna yang tidak penting. Follow pada pengguna yang memang benar-benar anda butuhkan saja. Hal ini akan jauh lebih bermanfaat, dibandingkan anda melakukan follow akun yang tidak jelas. Setujukah anda akan hal ini?

Aktifkan Mode Private

Fitur “ Private” nampaknya menjadi salah satu yang cukup penting. Bagaimana tidak, dengan adanya fitur ini maka akan sangat membantu untuk melakukan pencegahan dari pencurian data kita. Pernahkan anda berpikir bahwa bisa saja orang lain mencuri foto dan menggunakannya untuk hal-hal yang kurang pantas.

Nah, dengan menggunakan mode ini setidaknya kita melakukan pencegahan. Satu hal kecil yang sebenarnya sangat bermanfaat namun tidak banyak yang mengetahuinya. Ada beberapa orang yang mungkin paham dengan fitur ini, namun belum berani untuk memulainya. Sudah saatnya, anda membuat perubahan agar bermain media sosial dengan lebih sehat!

Mute Akun Jika Anda Bosan Melihat Postingannya

Bosan melihat postingan-postingan pada akun tertentu? Jika anda memang bosan melihatnya, maka lakukan saja mute pada postingan tersebut. Simpel dan begitu mudah untuk dilakukan oleh anda. Dibandingkan, jika anda berkomentar dan menuduh orang tersebut. Hal tersebut justru akan menimbulkan kekacauan.

Nah, lebih baik anda melakukan mute pada akun tersebut. Mute saja, dan abaikan apa yang telah anda lakukan. Saya pribadi sangat sering melakukan hal ini, bahkan! Semua WA Story yang ada pada HP saya di mute semua. Karena, bagi saya Story tersebut sangatlah tidak penting dan hanya membuang waktu saja. Hehehe..

Itu dia tips sehat bermain media sosial, apakah anda sudah melakukannya? Sudah saatnya, kita sadar bahwa bermain media sosial merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Jangan sembarangan dalam menentukan apakah media sosial tersebut nyaman untuk digunakan atau tidak. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment