Cara Mengaktifkan OTG realme, Wajib Anda Baca!

Cara mengaktifkan OTG Realme dapat anda lakukan dengan sangat mudah. Dengan menggunakan USB OTG ini, maka smartphone realme anda bisa melakukan berbagai macam kebutuhan. Seperti bisa untuk menyambungkan ke flash disk, mouse, sound sistem dan yang lainnya.

Di era sekarang ini, berbagai keperluan memang bisa dilakukan melalui internet. Namun, bagi anda yang ingin tetap menggunakan flash disk maka tidak perlu bingung. Anda bisa memanfaatkan OTG pada ponsel Realme C2 untuk menempatkan hasil yang sesuai keinginan. Mengenai caranya, maka akan kami simak lebih lengkapnya pada artikel dibawah ini.

Cara Mengaktifkan OTG Realme Dengan Mudah

Untuk mengaktifkan OTG pada smartphone realme ternyata dapat dilakukan dengan begitu mudah. Berikut ini caranya:

Siapkan Kabel OTG

cara mengaktifkan otg realme

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan menyiapkan terlebih dahulu kabel OTG. Saya sarankan, untuk menggunakan OTG yang berkualitas. Karena, jika kurang berkualitas akan berpengaruh pada proses penggunaanya dan pembacaan nantinya.

Saya pribadi menggunakan kabel OTG Ugreen yang dibeli di shopee. Harga OTG ugreen ini berkisar Rp. 25.000 saja. Harga yang sangat murah untuk kualitas yang terbaik. Meskipun produk cina, namun kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Untuk itu, pastikan anda menggunakan OTG yang berkualitas juga ya. Jangan asal membeli yang murah, tapi buruk kualitasnya.

Siapkan Flash Disk atau Mouse

Saat anda menggunakan OTG, berarti ingin dihububgi ke fd, mouse atau keyboard. Anda bisa mempersiapkannya salah satunya. Saya sendiri saat membuat tutorial ini menggunakan mouse logitech. Biasanya, mouse ini saya gunakan di laptop.

Mouse logitech ini juga sangat smooth saat digunakan. Jadi, meskipun saya menggunakannya di hp saya rasa kualitasnya tetap baik tidak ada kendala yang dirasakan. Begitu juga dengan menggunakan flash disk sandisk dan kartu memori v-gen original yang saya miliki semuanya aman bisa dibuka.

Masuk Ke Pengaturan

Bagi anda yang ingin menggunkan OTG, maka harus mengaktifkannya telebih dahulu. Khususnya pada ponsel smartphone realme sangat mudah untuk melakukannya. Petama, anda bisa masuk pada pengaturan ponsel terlebih dahulu.

Disarankan bagi anda untuk mengubah bahasa menjadi indonesia terlebih dahulu. Hal ini penting untuk mempermudah dalam melakukan pengaturan dari usb OTGnya.

Pilih Pengaturan Tambahan

Jika sudah masuk ke pengaturan, maka scroll ke bawah sampai ada tulisan pengaturan tambahan. Biasanya, pada setiap ponsel memiliki pengaturan yang berbeda beda. Jadi, sesuaikan saja dengan pilihannya.

Namun, saya memastikan bahwa pada ponsel realme pasti ada pilihan ini. Jika tidak ada, dapat dipastikan ponsel anda belum support USB OTG. Tidak ada cara lain jika smartphone anda belum support OTG.

Pilih Koneksi OTG

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu dengan melakukan klil pada pilih koneksi OTG. Nantinya, akan muncul pilihan OTG yang tersambung pada ponsel anda. Seperti pda contoh diatas, saya menggunakan OTG berupa mouse logitech.

Karena itu, munculnya pilihannya mouse logitech. Oh ya, agar anda tetap bisa menggunakan keyboard virtual maka lakukan juga klik pada aktifkan keyboard virtual. Dengan begitu, anda tetap bisa menggunakan mouse namun tetap bisa juga untuk menggunakan keyboard virtualnya. Menarik ya!

Cek USB OTG

Langkah terakhir, sekarang cek apakah USB OTG sudah teraambung. Jika sudah tersambung, akan terdapat pilihan informasi yang jelas mengenai OTGnya. Begitu jika anda memilih OTGnya berupa file flash disk maka bisa dilakukan pengecakan.

Apakah di file manager sudah bisa dilihat atau belum, jika sudah berarti koneksi OTG berjalan dengan baik. Namun, jika masih belum terkoneksi maka kemungkinan ada kesalahan. Bisa di bagian USB OTGnya atau flash disk yang eror. Cek satu satu bagian tersebut.

Nah, itulah bagaimana cara mengaktifkan OTG realme dengan mudah. Dengan menggunakan cara diatas, maka anda bisa mengakses file di flash disk melalui ponsel. Semoga bermanfaat!

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *