Review Android 10 Realme C2, Keren Tapi ……..

Review android 10 realme c2 saat ini akan kita bahas. Bagi para pengguna realme c2, pasti sangat menunggu hadirnya android 10 ya. Atau, dikenal dengan istilah Realme UI. Menurut banyak orang, update realme ui di ponsel ini memberikan banyak perbedaan yang cukup signifikan.

review android 10 realme c2

Setiap orang tentu memiliki pendapat masing – masing mengenai hal tersebut. Sebenarnya, saya cukup kecewa dengan realme karena untuk update RUI kali ini sangat jauh dari perkiraan waktu yang ditentukan. Terlebih, saat ini masih dalam tajapan beta tester belum stable. Tetapi, saya beruntung sudah mendapatkan Update realme ui ini sehingga bisa membahasnya pada artikel ini.

Kelebihan Android 10 Realme C2


Tentunya, pada review kali ini saya akan memberikan beberapa kelebihan yang saya rasakan setelah menggunakan Realme UI versi Beta ini.

UI Lebih Keren


Berbicara mengenai User Interface dari android 10 pada realme c2, menurut saya sudah OK. Tampilannya jauh lebih kece dibandingkan dengan android color OS yang sebelumnya. Realme UI memberikan tampilan elegant dan simpel serta sangat millenial.

Sebagai contoh, terdapat perubahan pada bagian sinyal yang sebelumnya berada di sebelah kiri diubah menjadi kanan. Selain itu, pada jamnya juga bisa di custom dalam bentuk detik. Bagi saya yang suka flash sale, ini cukup membantu. User Experience yang saya dapatkan juga cikup baik. Bagaimana menurut anda?

Sinyal Lebih Stabil

Salah satu yang saya cukup rasakan mamfaatnya yaitu sinyalnya menjadi lebih stabil. Dibandingkan pada yang sebelumnya, meskipun saya hanya menggunakan realme c2 versi 2/32 tapi sudah cukup membantu untuk kebutuhan saya. Saat ini, saya memang tidak bermain game online. Melainkan, kegunaanya untuk media sosial dan blogging saja. Menurut saya, jaringannya sudah lebih baik pada android versi ini.

Bagi anda yang mungkin baru melakukan perpindahan dari versi colorOS ke Realme UI pasti merasakan perbedaan tersebut. Terlebih, saya berada di daerah yang kurang sinyalnya. Operator yang saya gunakan Three dan Mpwr, sudah sangat cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Memori Internal Lebih Lega


Pasti, anda kerap kali emosi saat melihat logo bundar di notifikasi yang menandakan bahwa memori internal habis. Secara garis besar, handphone dengan ROM 32 di tahun sekarang ini.emmang sudah kurang worth itu
. Kebutuhan untuk resource menjadi jauh lebih besar dari yang biasanya dan mengakibatkan internal lebih cepat habis. Tetapi, pada androis versi 10 ini saya merasakan perbedaan yang signifikan.

Dimana, untuk resource yang ada menjadi lebih aman dibandingkan sebelumnya. Sekarang, free memori internal yang tersedia mencapai 6 GB. Biasanya, di versi sebelumnya hanya terdapat 2 GB saja. Tentunya, hal ini jelas sangat membantu saya dalam melakukan penyimpanan file berupa foto, video , dokumen dan yang lainnya.

Keamanan Lebih Baik

Salah satu yang paling penting bagi saya yaitu mengenai keamanan. Tidak seperti di versi yang sebelumnya, di versi ini memiliki keamanan yang sudah lebih baik dari sebelumnya. Yang saya suka, pada saat melakukan install aplikasi diharuskan untuk verifikasi terlebih dahulu.

Saya memiliki pengalaman yang buruk dengan merek hp lainnya dengan keamanan buruk. Akibatnya, pada saat itu menginstall aplikasi yang bisa mengunci file file. Inilah yang saya tidak inginkan selanjutnya, saya pikir Realme UI sudah jauh lebih baik dal hal keamanannya.

Kamera Semakin Bagus


Setelah saya masuk di Grup Fb Realme C2, sudah banyak yang membahas mengenai kamera dari realme. Banyaj yang memiliki pendapat bahwa kamera dari realme memang sudah baik dibandingkan yang sebelumnya. Terdapat beberapa fitur dan efek efek baru yang berkualitas.

Jika anda masih beranggapan bahwa kamera pada realme C2 masih belum terlalu bagus, maka bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti Gcam. Hasilnya, perpaduan dari software dan aplikasi ini sangatlah memuaskan!

Kekurangan Android 10 Realme C2


Dibalik keunggulan diatas, ada juga beberapa kekurangan pada android 10 ini  Berikut ini beberapa kekurangannya:

Terasa Lebih Lemot


Lemot! Ya, itu yang cukup saya rasakan saat menggunakan android 10.  Realme UI yang digunakan pada ponsel dengan spesifikasi kentang ini memang sangat terasa kentangnya. Saat menulis artikel ini, saya menggunakan catatan dan youtube untuk memutar musik. Ternyata, RAM yang tersisa hanyalah 500MB saja. Dengan RAM yang sangat kecil tersebut, efektifitas dalam melakukam multitasking menjadi semakin sempit.

Bahkan, untuk aplikasi media sosial yang saya gunakan banyak menggunakan versi Lite. Karena, saya merasakan lebih bisa diterima versi lite dibandingkan versi yang originalnya. Seperti Fb lite, twitter lite dan yang lainnya. Saya belum tahu, apakah para pengguna versi 3/32 merasakan hal serupa yang saya rasakan?

Baterai Lebih Boros


Selanjutnya review android 10 realme c2, yang saya pribadi rasakan yaitu penggunaan baterai menjadi lebih boros. Sebenarnya, wajar saja jika di era sekarang ini penggunaan aplikasi membuat kinerja dari baterai menjadi lebih boros dibandingkan biasanya.

Namun, yang saya tidak wajar yaitu saat digunakan pada mose normal bisa habis secara cepat. Saya merasakan ada penggunaan latar belakang yang lebih berat, sehingga hal ini juga berpengaruh pada penggunaan baterai pada ponsel. Saat ini, dalam 1 hari saya bisa melakukan charge 2x. Menurut anda, apakah sudah termasuk boros?

Tidak Kuat Multitasking

review android 10 realme c2


Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, ini menjadi yang cukup menyedihkan bagi saya. Karena, multitasking merupakan kegiatan yang penting. Sebagai contoh, saat saya membukan instagram, catatan dan fb lite. Ketika kembali ke fb lite, maka akan membuka ulang kembali.

Sehingga, saat saya sedang berada dalam suatu postingan maka harus mencarinya kembali. Inilah yang membuat saya kesal, mungkin karena hanya dibekali RAM 2GB dan Versi 10 yang lemot ini.

Kesimpulan Penggunaan Android 10 Realme C2

Baik, setelah anda membaca mengenai kelebihan dan kekurangan dari realme UI pada C2 maka akan saya berikan kesimpulannya. Menurut saya, update android 10 ini masih layak untuk digunakan. Meskipun, dengan LAG yang cukup parah bagi para pengguna RAM 2 GB. Meskipun begitu, saya rasa jika keperluannya tidak terlalu berat masih bisa dilakukan pengerjaannya.

Seperti untuk bermain media sosial, atau game yang ringan. Jika anda ingin melakukan multitasking, hanya bisa dilakukang 2 Aps saja. Jika lebij dari itu, maka dapat dipastikan salah satunya akan close secara otomatis. Sedih banget ya ;( . Tapi saya tetap rekomendasikan kalian untuk mencobanya. Cukup memuaskan bagi saya, semoga anda juga demikian.

Usai sudah artikel mengenai review android 10 realme c2. Sekarang, semuanya terserah dengan anda apakah tertarik ingin melakukan update pada ponsel smartphone anda? Semoga artikel ini bermanfaat.

3 thoughts on “Review Android 10 Realme C2, Keren Tapi ……..”

    • Tipe hp realmenya apa kak? Saat ini hanya beberapa tipe aja ya sudh dapat update realme UI.

      Reply

Leave a Comment