Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup dapat anda lakukan dengan beberapa cara. Masalah berupa laptop yang mati tetapi power tetap hidupkerap kali terjadi. Sebenarnya, permasalahan ini muncul bukan hanya pada beberapa laptop saja. Namun, sangat sering kali terjadi permasalahan yang membuat hal ini menjadi resah.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Ada banyak sekali faktor yang menjadi penyebab dari permasalahan ini. Termasuk pada laptop anda yang saat ini sedang dalam kondisi mati bisa saja menjadi penyebab dari permasalahan tersebut. Alanggkah lebih baiknya, bagi anda yang ingin mencoba memperbaikinya sendiri harus mengetahui beberapa cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi permasalahan berupa laptop yang mati tapi powernya hidup. Ini dia beberapa caranya:

Cabut Pasang Baterai

Cara pertama yang bisa dicoba yaitu dengan melakukan cabut pasang baterai. Tujuan dari hal ini untuk mengetahui apakah penyebab dari laptop yang mati tersebut dikarenakan baterai yang rusak atau bukan. Jika masalahnya dikarenakan baterai yang rusak, maka bisa menjadi pemecahan masalah tersebut.

Silahkan anda coba langsung untuk mencopot terlebih dahulu baterainya. Kemudian, pasangkan lagi dan coba untuk menyalakannya lagi. Lalu cek apakah laptop sudah menyala dengan baik? Atau anda bisa menunggu beberapa saat sampai lapptop tersebut menyala dengan sempurna.

Cabut Pasang Hardisk

Cara yang kedua yaitu dengan mencabut kemudian memasangkan lagi hardisk. Fungsi dari  hardisk yaitu sebagai media untuk penyimpanan. Terkadang, hardisk yang rusak berpengaruh untuk membuat laptopo menjadi gagal dalam melakukan booting. Hal tersebut juga mengakitkan kinerja hardisk menjadi kurang maksimal.

Cobalah untuk melakukan cabut pasang hardisk, kemudian nyalakan laptop dan cek apakah bisa menyala dengan sempurna? Jika bisa sampai pada tulisan “no boot hardisk” berarti hardisk tersebut memang bermasalah dan perlu dilakukan pergantian. Saran saya langsung saja ganti menggunakan SSD jangan menggunakan HDD lagi.

Cabut RAM

Masalah selanjutnya yang bisa terjadi yaitu dari RAM laptop. RAM yang tidak cocok menyebabkan laptop menjadi gagal dalam melakukan booting atau diam ditempat. Mungkin sebelumnya anda melakukan upgrade Ram dan tidak cocok? Hal tersebut bisa saja terjadi karena memang sangat umum permasalahan tersebut terjadi.

Untuk itu, lakukan cabut RAM dan kemudian on kan kembali. Apakah laptop menyala dengan baik? Jika menyala dengan baik dan sempurna maka permasalahan berarti terdapat di RAM. Tetapi jika RAM laptop anda hanya 2GB dan sudah on board maka lanjut saja ke cara yang berikutnya ya. Kemungkinan kecil masalahnya ada pada RAM.

Gunakan Charge Lainnya

Jika anda memiliki laptop yang sudah mulai rusak pada charge nya, bisa juga mengakibatkan laptop tidak bisa menyala meskipun powernya sudah on. Permasalahannya karena charge yang digunakan mungkin sudah rusak atau bahkan tidak original. Untuk itu, langkah terbaik yang bisa anda lakukan dengan menggunakan charge originalnya saja.

Menggunakan charge yang original akan membantu untuk membuat laptop menjadi lebih maksimal dalam penggunaanya. Anda bisa meminjam charge laptop original milik orang lain yang cocok untuk digunakan pada laptop anda. Lakukan pengecekan apakah chargenya yang bermasalah atau bukan.

Install Ulang OS

Solusi terakhir yang bisa menjadi penyebab dari permasalahan pada power nyala tapi laptop mati yaitu operating systemnya. OS yang ada pada laptop mungkin sedang crash dan menyebabkan tidak bisa dilakukan booting secara maksimal. Hal tersebut mengakibatkan laptop hanya memberikan pesan bahwa laptopnya memang nyala, tetap tidak mau masuk ke dalam menunya.

Karenanya, lakukan install ulang dari OS tersebut untuk mengetahui apakah permasalahannya ada pada Osnya. Masalah ini terkadang terjadi karena anda melakukan update OS dan tidak cocok untuk hardware dari laptop tersbeut. Saran terbaik yaitu lakukan install ulang dengan melakukan downgrade atau mengembalikannya ke versi OS yang sebelumnya digunakan. Hal tersebut akan mengecek apakah memang permasalahannya ada pada Osnya atau bukan. Jika iya, berarti anda tidak diperbolehkan untuk melakukan upgrade OS. Tenang, anda masih bisa untuk upgrade laptopnya saja langsung Hehehehe.

Begitulah beberapa cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup. Beberapa cara tersebut sudah biasa digunakan dan teruji telah berhasil untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Jika anda memiliki pertanyaan, silahkan bisa tanyakan langsung di komentar dengan penyebab yang jelas. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment