Mengatasi Insufficient Storage Oppo

Mengatasi insufficient storage pada ponsel oppo sebenarnya tidaklah sulit. Oppo merupakan salah satu merek ponsel yang saat ini sedang banyak sekali digunakan oleh masyarakat Indonesia. Ponsel ini memiliki spesifikasi yang mumpuni dengan harga yang normal dipasaran. Tidak heran, hal tersebut membuat banyak orang mulai menggunakannya.

Hanya Ilustrasi

Disisi lain, dengan kapasitas memori internal yang sedikit membuat ponsel ini cepat penuh dalam hal penyimpanan. Terlebih di era sekarang ini banyak yang selalu menggunakannya untuk keperluan foto atau video yang nantinya untuk di upload ke media sosial. Nah, saat dilakukan perpindahan tersebut terjadi insufficent storage.

Awal Mula Terjadi Insufficient Storage

Sedikit cerita, disini saya akan menceritakan mengenai bagaimana awal mulai terjadinya masalah tersebut. Salah satu teman saya mengeluh karena terdapat notifikasi berupa memori penuh yang tidak bisa di hapus. Teman saya ini sudah tua sehingga tidak sadar bahwa memori internalnya sudah habis dan harus dilakukan penghapusan atau perpindahan ke flashdisk.

Kemudian saya tanyakan kepada teman saya, ingin diapakan foto dan file media ini apakah langsung dihapus? Teman saya lantas menjawab, jangan dan dipindahkan saja ke flashdisk. Jumlah file yang sangat banyak hingga 15 GB banyaknya kemudian saya coba lakukan perpindahan secara langsung ke flashdisk.

Dengan menggunakan computer, saya coba untuk cut file media dan paste di flashdisk yang teman saya berikan. Bagaimana hasilnya? Ternyata muncul notifikasi di komputer berupa insufficent storage. Masalah apa ini pikir saya, secara garis besar saya menyimpulkan bahwa file yang akan di copy ini terlalu banyak padahal ukuran file flashdisknya 16 GB loh.

Setelah saya mencari cara-cara di google dan youtube, ternyata tidak menemukan juga caranya. Maka dari itu, saya mencoba-coba beberapa cara dan mendapatkan cara tersebut. Untuk caranya silahkan anda ikuti secara benar ya.  

Cara Mengatasi Insufficient Storage Oppo

Untuk mengatasi masalah ini anda bisa menggunakan cara yang akan kami sampaikan langsung kepada anda. Ini dia caranya:

Sambungkan Hp Ke Komputer

Langkah pertama maka silahkan sambungkan Hp yang akan dilakukan pemindahan file tersebut ke komputer. Jika sudah, maka cek terlebihd ahulu file di media tersebut apakah memang benar itu dan yang akan dilakukan perpindahan. Jangan sampai anda salah dalam memilih file yang akan dipindah.

Copy Terlebih Dahulu Ke Hardisk

Ini dia key dari permaslahan insufficent storage di ponsel oppo yaitu anda tidak diperkenankan untuk melakukan copy langsung ke flashdisk. Mungkin jika ukuran atau jumlah filenya sedikit hal tersebut bisa untuk dilakukan. Tetapi, jika ukuran filenya besar maka tidak bisa dilakukan copy langsung ke flashdisk. Alternatifnya, copy dahulu ke hardisk yang ada di komputer pasti saya jamin bisa.

Kemudian baru Copy Ke Flashdisk

Sudah dilakukan copy ke hardisk? Jika sudah, maka barulah anda lakukan copy ke flashdisk yang digunakan untuk melakukan penyimpanan. Untuk menyimpan file ke flashdisk jelas membutuhkan waktu yang lebih lama. Karena ukuran dari flashdisk sendiri terbatas berbeda dengan hardisk yang free space nya masih cukup begitu banyak.

Delete file yang di hardisk

Karena file yang ada di hardisk sudah tidak digunakan, maka saran saya sebaiknya tidak usah disimpan atau lebih baik dihapus saja. Jadi, silahkan anda delete semua file yang tadinya anda copy atau cut dari ponsel oppo tersebut. Pastikan semua file telah terhapus secara keseluruhan.

Begitulah artikel singkat mengatasi insufficient storage oppo yang kerap kali terjadi. Jika anda memiliki masalah seperti itu, maka segeralah untuk melakukan penanganannya dengan tepat. Jangan tergesa-gesa, cukup menggunakan cara diatas langsung jadi. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment