Penipu Pinjaman Online, Ciri Ciri dan Mencegahnya!

Penipu pinjaman online merupakan hal yang paling sering disampaikan oleh masyarakat saat ini. Tidak dapat dipungkiri jika perkembangan teknologi menuntun banyak orang beralih menggunakan smartphone yang terbaru. Semakin canggih juga cara manusia licik untuk bisa mendapatkan keuntungan dari orang yang masih belum paham. Salah satunya yaitu dengan memanfatkan teknologi online dan menyasar orang-orang yang masih belum paham mengenai information technology.

Penipu Pinjaman Online

Seharusnya, memang dengan perkembangan teknologi mengharuskan untuk bisa lebih memahami bagaimana proses penipuan bisa terjadi. Terkadang, hanya dengan embel-embel pemenang hadiah saja saat ini masih banyak yang percaya loh. Baru saja kejadian, tetangga rumah saya heboh menang dapat undian dari WA yang tidak dikenal. Setelah saya berikan informasinya, akhirnya mereka mengerti dan memahami penipuan tersebut. Untuk anda yang ingin tahu mengenai penipu pinjaman online bagaimana ciri dan mencegahnya, maka simak terus artikel ini ya.

Cici Ciri Penipu Pinjaman Online

Perlu diketahui terdapat beberapa ciri-ciri yang dimiliki oleh penipu pada pinjaman online ini. Berikut ciri-cirinya:

Tidak Menyertakan Syarat Yang Jelas

Yang pertama yaitu tidak pernah menyertakan syarat yang jelas. Banyak pesan yang masuk dari pinjaman online ini hanya menawarkan sebuah pinjaman online saja. Tidak jelas, bagaimana proses pinjaman online tersebut nantinya akan berlangsung. Disitu biasanya mereka hanya akan menawarkan mengenai pinjaman syarat mudah dan bisa up to Rp. 100 Juta rupiah segera hubungi nomor berikut. Nah, sering sekali menggunakan format seperti itu ya. Jadi, sudah sangat jelas dan aneh banget ya kalau ketemu pesan seperti itu karena tidak mungkin up to Rp. 100 Juta rupiah pinjaman online hehehe. Fix, ini penipu!

Bunga Terlalu Rendah

Namanya pinjaman online, sudah tidak asing ya pasti menawarkan bunga yang berbeda. Sangat tidak mungkin, jika bunga pinjaman online begitu murah dari yang biasanya. Mungkin anda sering mendengar beberapa pinjaman online memberikan bunga sekitar 5% dari total nilai pinjamannya. Itu memang masih masuk akal ya karena sesuai dengan kenyataan. Berbeda halnya dengan penipu, yang justru sering menawarkan bunganya hanya mencapai 2 % dari total transaksi. What? Seriously? Yo ndak mungkin hehe. Jadi sudah pasti ini juga penipu, jangan dipercaya ya!

Meminta Uang Muka

Ciri ciri penipu pinjaman online yang selanjutnya yaitu meminta uang muka dahulu. Sebagai peminjam justru anda yang sedang membutuhkan uang ya, dengan cara ingin melakukan pinjaman dana. Eh, malah diharuskan untuk melakukan pembayaran uang muka terlebih dahulu. Jika anda ditawarkan untuk proses seperti itu, maka jawabannya sudah hanya ada satu “Tolak” karena itu merupakan penipu yang hanya akan memanfaatkan kelemahan dari ketidaktahuan dan keputusasaan anda saja.

Tidak Bisa Video Call

Pinjaman online tanpa melalui aplikasi memang sangat beresiko karena kita tidak tahu apakah hal tersebut benar adanya atau tidak. Jangan – jangan, mereka hanya memanfaatkan data pribadi anda untuk melakukan kejahatan saja. Tentunya anda tidak ingin hal seperti ini terjadi bukan begitu? Jadi, cobalah untuk menawarkan melakukan video call sebelum melakukan pinjaman online. Hal ini untuk memastikan bahwa yang anda lakukan video call memang benar adanya. Jika tidak mau, tentunya mereka adalah penipu.

Seringnya Memaksa

Apakah anda pernah dipaksa untuk melakukan pinjaman online? Jika “IYA” maka anda harus waspada mengenai hal tersebut ya. Karena apa? Ya bisa dipastikan mereka merupakan penipu. Dimana-mana, orang yang memaksa untuk melakukan pinjaman ya tentu dari pihak membutuhkan dong. Masa dari pihak tidak membutuhkan meminta memaksa untuk melakukan pinjaman. Sangat aneh dan hal ini perlu untuk anda waspadai ya!

Bagaimana Mencegahnya?

Setelah anda mengetahui ciri-ciri dari penipu pada pinjaman online tersebut, anda harus tahu juga nih bagaimana mencegahnya. Untuk melakukan pencegahan akan penipu pinjaman online, anda bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut antara lain:

Tidak Share Nomor Sembarangan

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk melakukan pencegahan yaitu tidak share nomor secara sembarangan. Mungkin masih banyak yang tidak sadar mengenai hal ini, justru padahal sering melakuakn share. Tidak sengaja, anda menuliskan nomor handphone saat melakukan pembelian pulsa di toko yang kurang jelas. Atau bahkan, anda melakukan pengisian link yang tidak jelas dan didalamnya diharuskan untuk mengisi nomor handphone. Nah, inilah yang bisa menjadi permasalahan bagi anda karena bisa jadi nomor anda dijual untuk di broadcast.

Cek Nomor Yang Menghubungi Menggunakan Aplikasi

Untuk memastikan bahwa nomro yang menghubungi anda penipu anda bukan, maka cobalah untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu. Hal ini juga penting loh, untuk mencegah anda agar tidak terjerumus terlalu dalam. Bagaimana pengecekannya? Yaitu dengan cara melakukan pengecekan menggunakan aplikasi pengecek nomor. Sudah banyak aplikasi pengecek nomor yang tersedia di play store dan bisa anda manfaatkan untuk mengecek nomor tersebut ya. Jangan sampai anda berkomunikasi dengan penipu!

Nah, begitulah ulasan mengenai  penipu pinjaman online dan bagaimana untuk mencegahnya. Sebagai masyarakat yang sudah melek dengan teknologi, ada baiknya kita semua memahami mengenai hal ini. Jika memang ingin melakukan pinjaman online, maka gunakan saja yang sudah terdaftar di OJK. Namun, jangan gunakan jika memang tidak kepepet ya. Lebih baik hidup sederhana, daripada bergaya namun banyak hutangnya hehehe. Semoga artikel ini bermanfaat!

1 thought on “Penipu Pinjaman Online, Ciri Ciri dan Mencegahnya!”

Leave a Comment