Cara Mengatasi Kartu Smartfren Lemot

Cara mengatasi kartu smartfren lemot dapat anda lakukan dengan begitu mudah. Smartfren merupakan salah satu provider yang menyediakan layanan untuk komunikasi di Indonesia. Layanan smartfren sudah begitu terkenal di indonesia karena memang banyak yang menggunakannya. Salah satu alasannya karena harga paket internet yang disediakan murah dan bersaing serta sudah menjangkau banyak daerah di indonesia.

Sayangnya, dibalik harga yang ditawarkan murah terkadang beberapa pengguna masih mengeluhkan kartu smartfren yang lemot. Hal ini tentu bukan tanpa penyebab, melainkan ada faktor yang mempengaruhinya. Tentunya, anda harus memahami terlebih dahulu mengenai beberapa hal tersebut. Lalu, bagaimana cara mengatasi kartu smartfren lemot? Jangan bingung, simak ulasannya secara lengkap pada artikel ini.

Beberapa Cara Mengatasi Kartu Smartfren Lemot

Terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi kartu smartfren agar tidak lemot. Ini dia beberapa caranya:

Ganti APN

Cara pertama yang bisa anda coba yaitu dengan menganti APN dari kartu smartfren tersebut. Access Point Name menjadi salah satu yang cukup penting dalam melakukan akses internet. Penggunaan APN yang tepat akan membantu untuk koneksi internet yang lebih stabil dan cepat. Bagi para pengguna smartfren bisa mulai mencoba untuk mengganti APNnya. Cobalah menggunakan APN : “Smartfren” kemduian untuk username dan passwordnya dikosongkan saja. Setelah itu silahkan lakukan akses internet dan cek bagaimana apakah sudah oke jaringannya?

Restart Ponsel                                     

Penggunaan ponsel yang terlalu lama menyebabkan koneksi internet menjadi stuck tanpa ada akses ulang. Ini bisa menjadi pemicu koneksi internet lambat dan susah untuk akses ke beberapa aplikasi atau situs. Untuk itu, cobalah lakukan restart ponsel terlebih dahulu. Penggunaan handphone memang lebih baik dilakukan restart dalam waktu 1 x 24 jam sekali atau bisa kurang untuk koneksi internet yang lebih stabil.

Mode Pesawat Ponsel

Cara cepat untuk anda yang tidak ingin ponsel dilakukan restart ulang maka bisa dengan menggunakan mode pesawat terlebih dahulu. Mode ini akan melakukan restart pada bagian jaringan saja, dan kemudian menyalakan ulang serta mendapatkan ip sinyal internet yang baru. Kemungkinan besar koneksi internet akan lebih stabil lagi menggunakan metode ini. Jadi silahkan anda juga bisa mencobanya langsung.

Cek Sinyal

Cara selanjutnya yang perlu anda lakukan yaitu melakukan cek sinyal terlebih dahulu. Apakah sinyal smartfren di tempat anda berada saat inid alam keadaan baik atau tidak? Beberapa tempat memang masih beum tercover dengan baik apda privider internet smartfren ini. Inilah yang mengakibatkan koneksi internet smartfren menajdi kurang stabil dan cenderung tidak lancar.

Sinyal 4G Only

Langkah lainnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan melakukan kunci pada sinyal 4G only. Hal ini memungkinkan untuk mendapatkan sinyal 4G saja agar koneksi internetnya maksimal. Terkadang, jika anda tidak melakukan pengaturan akan hal ini maka ponsel bisa saja mendapatkan sinyal 3G dan tentunya koneksinya lebih buruk dibandingkan 4G yang ada saat ini.

Cek Paketan Internet

Langkah berikutnya cobalah untuk melakukan cek pada paketan internet smartfren yang anda gunakan. Khususnya untuk anda yang menggunakan paketan murah dengan koneksi seadanya maka harus memahami beberapa hal. Terkadang, dalam sebuah paketan internet dijelaskan mengenai berapa kecepaan koneksi yang bisa didapatkan. Nah, mungkin anda memiliki paketan yang hanya bisa kecepatan maksimal 100 Kbps saja dan tentu itu lemot. Jadi, silahkan pilih paketan yang memiliki kecepatan tanpa batas ya.

Cek FUP Pemakaian Internet

Apakah anda para pengguna internet unlimited dari smartfren? Jika ya, maka mulai sekarang anda harus memahami mengenai FUP. Meskipun melakukan branding penjualan dengan embel-embel unlimited anda tetap harus memahami artinya. Dalam hal ini, setiap koneksi internet memiliki Fair Usage policy yang berarti batas harian pemakaian. Nah, umumnya dari pihak smartfren ini memberikan FUP sebesar 1 GB sehari. Jadi, jika sudah pemakaian 1 GB maka internetnya menjadi lemot dan anda harus bersabar menggunakan internet yang lemot. Bagaimana solusinya? Ganti paketan internetnya, sementara itu solusi terbaik saat ini.

Cabut & Pasang Kembali Sim Card

Langkah selanjutnya yang bisa anda coba yaitu dengan mencabut sim card yang terpasang pada ponsel. Hal ini dilakukan untuk menetralkan terlebih dahulu sim cardnya. Jika sudah dicabut, kemudian bisa didpasangkan lagi pada ponselnya barulah setelah itu dapat dinyalakan kembali handphonenya dan cek bagaimana internetnya apakah masih lemot?

Manfaatkan Smartfren SIM Toolkit

Smartfren sudah menyediakan menu SIM Toolkit yang terinstall secara otomatis jika sudah masuk sim card pada ponsel. Tujuan dari SIM Toolkit ini untuk membantu merestart jaringan dengan cepat dan mudah. Klik pada menu aplikasi SIM Toolkit tersebut, lalu akan muncul konfirmasi klik “yes” atau “ya” kemudian jika ada intruksi yang lainnya cukup ikuti saja dan anda akan tampil informasi untuk restart ponsel maka lakukan hal tersebut dan tunggu sampao ponsel menyala selanjutnya siap untuk digunakan lagi internetnya.

Itulah beberapa cara mengatasi kartu smartfren lemot yang dapat anda lakukan. Beberapa pengguna sudah mencoba cara ini dan terbukti berhasil untuk mengatasi kartu smartfren yang lemot. Sekarang, giliran anda untuk bisa mencobanya dan mengatasi permasalahan ini. Jika anda memiliki pertanyaan, silahkan sampaikan secara langsung. Semoga berhasil!

Leave a Comment