Cara Mengatasi Leptop Lemot

Cara mengatasi leptop lemot bisa dilakukan dengan beberapa cara. Kebutuhan di era sekarang ini mengharuskan seseorang untuk lebih sering menggunakan laptop. Terlebih di era digital yang semakin memberikan kemudahan jika seseorang paham dalam penggunaan laptop. Sayangnya, ada saja masalah saat ingin menggunakan laptop.

cara mengatasi leptop lemot

Seperti leptop yang lemot menjadi salah satu kendala paling sering terjadi. Sebenarnya, ada banyak sekali faktor yang menyebabkan terjadinya laptop lemot. Jika laptopp anda sudah mulai terasa lemot maka jangan dibiarkan begitu saja. Gunakan beberapa cara mengatasi leptop lemot yang akan kami bagikan secara langsung.

Cara Mengatasi Leptop Lemot Berhasil

Anda bisa menggunakan beberapa cara yang telah teruji digunakan dan berhasil untuk mengatasi permasalahan berupa leptop yang lemot. Berikut beberapa caranya:

Uninstall Aplikasi

Cara pertama untuk mengatasi leptop lemot yaitu dengan melakkan uninstall aplikasi. Tidak dapat dipungkiri jika semakin banyak adanya aplikasi pada laptop maka semakin berat juga untuk digunakan. Terlebih, jika anda memang sebelumnya tidak tahu mengenai hal ini. Untuk itu, alangkah baiknya untuk melakukan uninstall dan menyesuaikan untuk kebutuhan penggunaan aplikasinya.l

Aplikasi yang mungkin perlu di install maka tetap dipertahankan. Oh ya, meskipun anda memilki stoorage yang besar hal tersebut bukan menjadi salah satu pendukung. Mengapa demikian? Logikanya seperti ini, saat anda memiliki ruangan ukuran 5 x 5 meter dan terdapat banyak buku didalamnya.

Kemudian anda ingin mencari satu buku dalam ruangan tersebut, tentu akan lebih lama bukan? Nah, itu hanya logika sederhana pada laptop yang lemot. Karena ada banyak aplikasi kemudian menghabiskan ruang, jadi lebih baik untuk lakukan uninstall pada aplikasi yang tidak jelas.

Kurangi Penggunaan Multitasking

Multitasking merupakan salah satu cara untuk melakukan kinerja secara bersamaan. Penggunaan laptop yang memiliki banyak multitasking jelas sangat tidak baik untuk kinerja dari laptop tersebut. Akibatnya, leptop menjadi lemot dan mungkin bisa menyebabkan not responding.

Untuk mengatasi perkara seperti ini, gunakan secukupnya saja fitur dari mulitasking ini. Seperti menggunakan untuk membuka office dan chrome secara bersamaan saja. Lain halnya jika anda membuka banyak pekerjaan dalam satu waktu maka menyebabkan laptop menjadi lemot dan lambat dalam membaca kinerja yang harus dilakukan.

Upgrade RAM

Berapa ukuran RAM dari laptop anda? Apakah masih 2GB? Yakin di era sekarang ini hanya memiliki laptop dengan RAM 2 GB saja? Di era sekarang ini, untuk ram dari laptop yaitu minimal 4 GB. Dengan ukuran tersebut setidaknya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam melakukan banyak hal.

Kalaupun anda sudah memiliki 4GB, maka bisa dilakukan upgrade selama laptoop anda terdapat slot. Tidak ada masalah untuk melakukan upgrade, tambah 2GB atau 4GB selama masih sesuai dengan ketentuan maka laptop anda akan tetap aman. Jika anda belum upgrade,saran saya segera lakukan upgrade RAM ya.

Gunakan SSD

Banyak laptop yang masih menggunakan penyimpanan HDD bukan SSD. Padahal, sudah seharusnya untuk laptop di era sekarang ini menggunakan penyimpanan berupa SSD. Banyak sekali keunggulan yang diberikan dari penggunaan SSD untuk laptop. Sebelumnya sudah pernah saya bahas juga mengenai hal tersebut dimana saya mereview SSD piooner.

Kecepatan membaca dan menulis atau read and write dari SSD jauh lebih cepat dari pada HDD. Bahkan, untuk kecepatannya bisa saja 2x dibandingkan HDD. Sebagai contoh saja, saat melakukan booting yang umumnya HDD membutuhkan waktu 1 menit lebih, maka jika menggunakan SSD hanya membutuhkan waktu 20 Detik saja. Awal memulai saja anda sudah menghemat waktu, apalagi jika digunakan? Pasti banyak sekali manfaatnya!

Downgrade Versi OS

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan downgrade dari operating windows. Saat ini, apa versi windows yang anda gunakan? Jika anda menggunakan windows dengan versi terbaru atau 10 maka kemungkin lemot akan menjadi lebih besar. Terlebih jika anda menggunakan laptop yang sudah jadul dengan spesifikasi rendah.

Jika masalah ini terjadi, cobalah untuk melakukan downgrade ke versi OS yang lebih rendah. Contohnya,anda bisa menggunakan windows 7 ultimate atau yang lainnya. Bahkan, anda juga bisa nih menggunakan alternatif OS lain selain windows seperti ubuntu yang tentunya akan lebih ringan lagi.

Gunakan Aplikasi Yang Ringan

Langkah terakhir yang bisa anda gunakan yaitu dengan menggunakan aplikasi yang ringan. Sama halnya dengan handphone, leptop juga bisa menjadi lemot jika anda menggunakan aplikasi yang memiiki kapasitas besar dan tentunya berat. Untuk itu, cobalah untuk melakukan install aplikasi yang ringan saja.

Contohnya, untuk penggunaan browser anda bisa memilih salah satu saja apakah ingin menggunakan microsoft edge, google chrome atau opera mini dan yang lainnya. Ingat, gunakan hanya salah satu saja. Jangan lakukan installasi lebih dari 1 aplikasi tersebut karena bisa menyebabkan leptop menjadi lemot dan susah untuk digerakan.

Begitulah bagaimana cara mengatasi leptop lemot yang bisa anda coba. Tentunya, sudah banyak sekali orang-orang yang menggunakan cara diatas dan terbukti berhasil. Silahkan untuk anda yang ingin menggunakan cara diatas, semoga bermanfaat!

Leave a Comment