Kapan Uang Prakerja Cair? Ini Dia Jawabannya!

Kapan uang prakerja cair? Itulah yang menjadi pertanyaan bagi banyak orang yang ikut prakerja. Prakerja merupakan program dari pemerintah yang mengharuskan untuk mendapatkan pelatihan sekaligus uang. Agar bisa uang di prakerja cair, maka harus melalui beberapa tahapannya. Tidak bisa langsung begitu saja mendaftar prakerja kemudian lolos untuk mendapatkan uang.

kapan uang prakerja cair

Jumlah uang yang bisa ddapatkan pada prakerja juga bukan sedikit loh. Bahkan, jika dihitung-hitung untuk jumlahnya sendiri cukup lumayan. Ibaratnya, anda mengikuti pelatihan tetapi mendapatkan uang. Siapa yang tidak menginginkan hal tersebut? Bagi anda yang bertanya kapan uang prakerja cair, maka harus tahu tahapan-tahapannya terlebih dahulu.

Tahapan Mengikuti Program Prakerja

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui agar semua proses dari program prakerja ini berjalan dengan maksimal. Ini dia beberapa tahapannya:

Proses Pendaftaran

Tahapan yang pertama yaitu mengenai proses pendaftaran dimana orang-orang diharuskan untuk mengikuti semua proses pendaftaran tersebut. Jika ingin mengikuti prakerja, anda harus mendaftar terlebih dahulu. Saya pernah menulis artikel bagaimana cara mendaftar prakerja yang bisa anda baca.

Saat ini, prakerja sudah memasuki gelombang ke-16 yang berarti semakin banyak pula saingannya. Hal yang harus diketahui, berarti persaingan yang tinggi ini membuat orang-orang menjadi lebih banyak mendaftar. Kemungkinan untuk diterima dan masuk dalam program prakerja bisa menjadi lebih kecil. Tetapi jangan patah semangat, selalu mencoba jika nantinya program prakerja kembali dibuka kembali.

Proses Pelatihan

Selamat untuk anda yang sudah masuk dan berhasil menjadi calon peserta pelatihan prakerja. Untuk menjadi seorang yang memiliki keterampilan, pelatihan prakerja ini tentu sangat membantu. Nantinya anda akan diberikan nominal uang dalam bentuk virtual sebesar Rp. 2.1 juta yang hanya bisa digunakan untuk membeli program pelatihan yang disediakan. Ada banyak sekali program yang disediakan oleh prakerja seperti dari bukalapak, tokopedia, skill akademi dan yang lainnya.

Anda bisa memilih keterampilan sesuai yang diinginkan. Ada banyak sekali bidang pembelajaran yang bisa diikuti. Menariknya dari program prakerja ini, anda bisa loh ikut pelatihan dalam banyak bidang dengan membelinya menggunakan uang virtual yang tadi tersebut. Saran saya, habiskan uang tersebut untuk meningkatkan skill yang ada pada aplikasi prakerja. Sangat sia-sia bagi anda yang hanya menginginkan uangnya saja!

Mendapatkan Sertifikat

Setelah anda mengikuti program pelatihan yang sebelumnya dibeli, maka silahkan menunggu sertifikat yang nantinya akan diberikan oleh prakerja dan kolaborasi bersama dengan pelatihan tersebut. Semua pelatihan yang anda ikuti dalam sistem prakerja ini nantinya akan mendapatkan sertifikat.

Hanya saja, terkadang memang cukup lama untuk mendapatkan sertifikat ini. Berdasarkan pengalaman saya, tidak semuanya membutuhkan waktu 1-3 hari ada yang 1- 2 mingguan sertifikatnya baru bisa didapatkan. Jadi, saran saya lebih baik menunggu dan memastikan bahwa anda telah mengikuuti semua proses untuk mendapatkan sertifikat tersebut. Jangan sampai anda kurang prosesnya sehingga pihak prakerja batal memberikan sertifikatnya!

Kapan Uang Prakerja Cair?

Untuk anda yang sering bertanya, kapan uang prakerja bisa cair karena mungkin sangat membutuhkan uang. Jawabannya, setelah semua tahapan diatas anda lakukan setidaknya sampai mendapatkan sertifikat. Nantinya jika anda sudah mendapatkan sertifikat maka akan diberikan menu khusus bernama “insentif” dimana menu tersebut terdapat informasi bahwa kapan tanggal cair uang dari prakerja tersebut.

Jika anda mengikuti sistem prakerja, nantinya akan mendapatkan uang sebesar Rp. 2.4 Juta rupiah yang akan dibagi dalam 4 bulan. Berarti setiap bulannya akan mendapatkan Rp. 600 Ribu, sangat lumayan ya? Ditambah, nantinya juga akan ada insentif setelah mengisi survey dari program prakerja yang besarannya Rp. 50 Ribu selama 3x kali. Total jumlah yang akan didapatkan yaitu Rp. 2.5 Juta rupiah. Saya mengatakan seperti ini karena alhamdulillah sudah pernah mendapatkan program prakerja sehingga bisa berbagi informasi kepada para pembaca semua.

Sekarang anda sudah tahu ya kapan uang prakerja cair, jadi tidak perlu panik dan bingung untuk menunggu uang dari program prakerja ini bisa cair. Yang terpenting, anda diharuskan untuk mengikuti semua prosesnya terlebih dahulu. Jika semua tahapan sudah dilakukan dengan benar, dijamin anda hanya perlu menunggu uang masuk setiap bulannya. Jika anda memiliki pertanyaan, silahkan tanyakan langsung dibawah ini ya. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment