Seberapa Pengaruh CoolCold Pada Laptop?

Seberapa pengaruh coolcold pada laptop, ini mungkin yang sedang anda cari ya? Pengunaan vacum cooler pada laptop saat ini sedang banyak digunakan oleh para penguna laptop. Salah satu tujuannya yaitu agar laptop tidak panas saat digunakan. Laptop yang panas saat digunakan tentu sangat tidak nyaman, dan membuat kinerja dari laptop juga menjadi berkurang. Istilah ini sering dikenal dengan sebutan overheat.

Overheat pada laptop jelas sangat mempengaruhi kinerjanya. Banyak yang mengatakan, bahwa overheat membuat kinerja dari laptop menjadi turun dan kurang maksimal. Hal ini sangat wajar terjadi, karena prosesor tidak bisa memberikan performa yang terbaik. Untuk itu, banyak yang menggunakan coolcold untuk mengatasi permasalahan panas pada laptop tersebut. Lalu, seberapa pengaruh coolcold pada laptop?

Seberapa Pengaruh CoolCold Pada Laptop?

Langsung saja, karena banyak yang ingin tahu mengenai pengaruh dari coolcold itu sendiri. Disini, saya pribadi sudah memiliki coolcold yang saya beli dengan harga Rp. 59.000 di aplikasi shopee. Tujuan saya awalnya membeli ini karena laptop yang sering panas ketika digunakan dan kipas dalam laptop sering sekali menyala. Jelas, ini sebuah kendala bagi saya yang sering sekali menggunakan laptop untuk berbagai macam keperluan.

Untuk itu, saya mencoba membeli ini dan sekarang sedang membuka beberapa aplikasi tanpa menggunakan cooler. Saya mencoba membuka beberapa aplikasi antara lain google chrome, microsoft word, sublime, xampp, coreldraw. Semuanya dalam posisi standby dan tidak digunakan. Dalam posisi saat ini, tanpa menggunakan cooler maka suhu yang saya dapatkan yaitu 54 Derajat celcius. Menurut saya pribadi ini masih dalam kondisi yang baik untuk bisa digunakan kebutuhan tersebut. Oh ya, saya juga menggunakan aplikasi Mem Reduct yang berfungsi untuk menghapus kinerja latar belakang agar performa lebih enteng. Tampilan HW CPU seperti tertampil pada gambar dibawah ini tanpa menggunakan cooler.

Seberapa Pengaruh CoolCold Pada Laptop?
Sebelum Menggunakan CoolCold
Sesudah menggunakan coolcold

Selanjutnya, saya mencoba untuk menggunakan coolcold laptop yang sudah saya miliki. Setelah berjalan kurang lebih 5 menit, maka saya coba lakukan pengecekan ulang dan mendapatkan hasil seperti dibawah ini. Bahwa penggunaan cooldpad membuat suhu laptop dalam posisi yang sama turun menajdi 51 derajat. Setidaknya, hal ini membuktikan bahwa coolpad memang bermanfaat membuang panas yang ada pada laptop lebih cepat namun masih belum maksimal karena turun 3 derajat panasnya. Meskipun begitu, sudah cukup membantu jika dalam posisi yang memang dibutuhkan agar laptop tetap dalam kondisi nyaman digunakan.

Apakah Penting Kualitas Coolcold?

Jika anda menginginkan kenyamanan dalam penggunaan laptop yang menggunakan coolcold, maka kualitas merupakan hal yang sangat penting. Mengapa demikian? Kualitas dari coolcold akan memberikan performa yang baik pada laptop. Di pasaran memang banyak sekali yang menjual coolcold dengan harga yang murah, namun kualitasnya tentu tidak bisa maksimal. Hanya sebagai vacum cooler yang sederhana saja untuk membantu pekerjaan ringan.

Berbeda halnya dengan anda yang menginginkan performa laptop terbaik, maka harus menggunakan coolcold yang bagus. Dipasaran, ada harga maka ada juga kualitasnya. Jangan ragu untuk membeli dengan harga yang mahal, karena disitulah kualitasnya akan diberikan. Dengan begitu, harga tersebut bisa membayar penggunaan laptop anda yang lebih nyaman tentunya. Inilah yang seharusnya anda pikirkan ya!

Bagaimana Cara Agar Coolcold Awet?

Sebagai pemilik coolcold tentu anda selalu menginginkan agar tetap awet dan bisa digunakan secara terus menerus ya. Bagaimana sih caranya? Ini dia beberapa cara yang bisa digunakan:

Rutin Dibersihkan

Cara pertama yang dilakuakn agar coolcold tetap awet yaitu dengan rutin melakukan pembersihan. Hal ini dikarenakan coolcold laptop yang digunakan terkadang membawa debu yang masuk ke dalam laptop. Untuk itu, sangat diasarankan bagi anda melakukan pembersihan pada bagian coolcold secara rutin. Setidaknya lakukan pembersihan 1 minggu sekali untuk memberikan performa yang lebih maksimal dan tetap awet.

Gunakan Sesuai Porsinya

Ini nih yang sering sekali tidak dipahami oleh kebanyakan orang, bahwa penggunaan coolcold digunakan secara rutin. Padahal, sebenarnya direkomendasikan untuk anda yang memikliki pekerjaan dalam performa yang tinggi. Sebagai contoh, saat sedang dalam mode gaming atau editing maka perlu nih menggunakan bantuan alat pendinginnya. Apalagi jika belum ssd, pasti akan lebih panas hehe. Jadi, jika masih dalam mode mengetik saja sebaiknya tidak perlu digunakan. Sesuai saja dengan porsi penggunaanya ya.

Hindari Penggunaan Tenaga Maksimal

Semua yang sudah memiliki coolcold pasti tahu, bahwa bantuan alat ini memiliki kekuatan yang bisa disesuaikan. Nah, untuk anda yang menginginkan agar tetap awet, maka harus menyesuaikan penggunaanya. Jangan diseringkan untuk menggunakan tenaga yang maksimal. Jika masih dalam mode normal, gunakan tenaga yang sedang saja itu sudah lebih dari cukup.

Gunakan Hanya Pada Laptop

Beberapa orang beranggapan bahwa pengguna coolcold ini bisa digunakan untuk bermacam-macam. Memang terkadang demikian, tetapi terkadang juga tidak. Penggunaan alat ini lebih direkomendasikan untuk digunakan pada bagian kipas yang ada pada laptop untuk bisa mengeluarkan panas dengan maksimal. Jika anda menggunakannya untuk hal lainnya, tentu tidak sesuai ketentuannya dan kinerjanya kurang maksimal.

Itu dia ulasan mengenai seberapa pengaruh coolcold pada laptop yang sudah anda pahami secara jelas. Dengan adanya fungsi dari coolcold ini, jelas berpengaruh untuk kinerja laptop yang lebih baik. Untuk anda yang ingin menggunakanya, maka silahkan pilih yang kualitas terbaik ya. Serta gunakan coolcold sesuai pada porsinya tidak berlebihan. Jika anda memiliki pertanyaan, silahkan sampaikan langsung pada kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Comment